Penasaran dengan ide usaha apa saja yang memiliki modal kecil? Sebelum memutuskan untuk membuka bisnis, tentunya Anda akan memikirkan untung-ruginya.

Selain itu, Anda juga akan berpikir tentang risiko-risiko apa yang kemungkinan terjadi. Dengan memikirkan matang-matang hal tersebut, Anda akan lebih siap untuk menghadapi hambatan yang ada nantinya. Memulai usaha dengan modal kecil merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir risiko. Sebelum memulai dengan bisnis yang besar, Anda bisa mulai dengan membangun sebuah UMKM.

Daftar Usaha Modal Kecil Untung Besar

Lauk-Pauk Siap Santap

Inaproduct – Anda jago memasak? Cobalah untuk berbisnis lauk-pauk siap santap. Tak harus memiliki ruko untuk berjualan seperti warteg. Anda bisa berjualan dengan hanya bermodalkan meja panjang serta plastik untuk membungkus.

Satu plastik bisa diisi dengan ayam, ikan, udang, dan jenis lauk lainnya. Satu jenis lauk tersebut bisa Anda jual mulai dari 10 sampai 20 ribu. Tergantung modal yang Anda keluarkan, satu hari Anda bisa meraih keutungan dari puluhan hingga ratusan ribu.

Camilan di bawah 10 Ribu

Untuk memulai usaha ini, Anda harus melakukan pengemasan kembali sendiri. Caranya, Anda membeli camilan dengan berat 1 Kg. Kemudian, Anda bagi-bagi camilan tersebut ke dalam plastik berukuran 100 gram atau lebih. 

Nantinya, Anda akan mendapatkan sekitar 10 bungkus. Lihatlah harga 1 Kgnya. Contoh, harga 1 Kg sekitar 20 ribu. Anda bisa menjual satuannya tiga ribu agar mendapat untung sekitar 10 ribu. Begitu juga seterusnya. Anda bisa menyesuaikan jumlah yang ingin dijual serta harganya.

Bisnis Thrifting

Saat ini, banyak orang yang mencari barang thrifting layak pakai. Oleh sebab itu, Anda bisa menjual kembali barang thrifting dengan harga murah. Sebelum itu, Anda harus menemukan pemasok yang tepat agar mendapatkan harga yang sesuai untuk dijual kembali.

Barang Pre-Order

Barang-barang yang bisa dilakukan pre-order pada umumnya adalah barang yang terbatas, langka, atau jarang diproduksi. Anda bisa menjual pakaian, buku, sampai album K-Pop.

Usaha Fotografi

Peluang usaha fotografi ini bisa dibilang menggiurkan. Dalam satu kali event, Anda bisa mendapatkan jutaan rupiah. Namun, Anda perlu membangun portofolio yang bagus terlebih dahulu agar bisa mendapatkan klien. Selain itu, Anda perlu mengeluarkan modal untuk membeli segala perlengkapan yang dibutuhkan agar mendapatkan foto terbaik.

Baca juga: Ini Caranya Menjadi Distributor Sembako

Laundry Kiloan

Bisnis ini lebih banyak mengandalkan tenaga untuk mencuci dan menyetrika. Namun, sebelum itu, Anda perlu mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk membeli perlengkapan cuci.

Budidaya Ikan Lele

Melakukan budidaya memang terlihat kompleks dan juga membutuhkan modal yang besar. Akan tetapi, saat ini Anda bisa melakukan budidaya ikan lele dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah ada di sekitar Anda. Selain itu, permintaan lele juga tinggi. Anda bisa melihat dari banyaknya jumlah warung pecel lele di pinggir jalan.

Bisnis Gorengan

Dengan modal beberapa kilogram tepung, air, dan sayur, Anda bisa membuat gorengan yang melimpah. Itulah mengapa ide usaha ini termasuk ke dalam modal kecil dan juga untung besar. Selain itu, membuat gorengan juga bukanlah pekerjaan yang sulit. Hampir semua orang bisa membuat gorengan. Namun, pertimbangkan juga modal untuk minyak goreng dan juga gas.

Jasa Penyewaan

Untuk memulai usaha penyewaan memerlukan modal di awal. Akan tetapi, Anda juga harus memeriksa secara berkala tentang kelayakan barang itu setelah dipakai. Nantinya, Anda perlu mengeluarkan modal lagi untuk perbaikan.

Hal-hal yang bisa Anda sewakan seperti

  • Mobil,
  • Buku,
  • Rumah atau apartemen,
  • Kebaya,
  • Jas, dan
  • Perlengkapan sekolahan

Rental Warnet atau PS

Anda cukup membeli beberapa komputer atau playstation. Setelah itu, keuntungan Anda akan dihitung setiap jam, tergantung berapa Anda menentukan tarifnya. Untuk bisnis ini, modal yang perlu dikeluarkan rutin adalah listrik. 

Tanaman Hias

Terakhir, Anda bisa berbisnis tanaman hias. Bisnis ini cocok untuk Anda yang senang dengan kegiatan berkebun. Anda bisa memulai bisnis tersebut di halaman belakang rumah. 

Baca juga: Cara Menghitung Laba, Gampang!

Tips Mengembangkan Usaha dengan Modal Kecil

Berjualan di Sekeliling Target Pasar

Salah satu tips untuk mengembangkan usaha adalah dengan berjualan di sekeliling target market berada. Contohnya, usaha rental warnet atau PS. Anda harus beroperasi di dekat sekolah atau perumahan yang banyak anak-anaknya.

Aktif Membuat Konten di Media Sosial

Membuat konten di media sosial itu gratis. Konten yang bagus bisa menjadi ladang promosi usaha Anda. Dengan media sosial, bisnis Anda akan menjangkau lebih banyak orang yang sebelumnya tidak tahu tentang bisnis Anda.

Sesuaikan dengan Kecenderungan Target Pasar

Terakhir, Anda harus menyesuaikan kecenderungan target pelanggan. Buatlah kemasan, harga, sampai fasilitas yang ditawarkan sesuai kecenderungan target market Anda. Contohnya, ketika menjual lauk-pauk. Mereka yang membeli pastinya kebanyakan ingin mendapatkan lauk-pauk yang terlihat banyak.

Itulah ide usaha modal kecil, tetapi untung besar yang bisa Anda lakukan pada tahun 2023 ini. Siap menjalankannya?

Penulis: Cahaya Muslim

Editor: Erlinda Sukmasari