Sebanyak 130 UMKM di Kota Manado hadir dalam Roadshow Klinik: Kelas Akselerasi Digital yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Manado pada Rabu, 15 Maret 2023 pukul 10.00 WITA. Acara ini diselenggarakan oleh Inaproduct bekerja sama dengan Tokopedia.

Acara ini juga dihadiri oleh

  • Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O.E Kandouw,
  • Wakil Walikota Manado Dr. Richard H.M  Sualang,
  • Managing Director Inaproduct Rama Mugiharto Subagio,
  • Kepala Kebijakan Publik Dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Hilmi Ardianto,
  • Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Utara Ir. Ronald T.H. Sorongan. M.Si,
  • Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara Daniel A. Mewengkang SE,.Msi, dan
  • Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Ibu Christina Agustin.

Tujuan Kelas Akselerasi Digital Kota Manado

Kelas Akselerasi Digital merupakan program yang dilaksanakan untuk memberdayakan UMKM di Kota Manado. Melalui program ini, UMKM yang hadir akan mendapatkan pembekalan untuk go digital. Program ini juga mendukung UMKM naik kelas, lebih kompetitif, dan lebih kredibel.

Managing Director Inaproduct, Rama Mugiharto Subagio dalam Kelas Akselerasi Digital

Programnya meliputi cara membuat profil bisnis melalui Inaproduct.com, literasi finansial, NIB, sertifikasi Halal, dan izin edar BPOM. Program Kelas Akselerasi Digital juga didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM, BPOM, serta Garda Transfumi.

Baca juga: 134 UMKM Bali Ikut Kelas Akselerasi Digital Bali

Kelas Akselerasi Digital sejalan dengan target pemerintah bahwa 30 juta UMKM akan go digital pada tahun 2023. Target ini dibuat karena melihat tingginya potensi UMKM dan kontribusinya terhadap perekonomian nasional.

Kemeriahan acara Kelas Akselerasi Digital yang dihadiri 130 UMKM di Kota Manado

Managing Director Inaproduct, Rama Mugiharto Subagio, menyebutkan, “Dengan dukungan yang tepat, UMKM bisa lebih memaksimalkan potensinya untuk Indonesia. UMKM itu harus naik kelas dan go digital! UMKM harus punya sertifikasi jadi bisa masuk retail, horeka, bahkan ekspor.”

Dalam Kelas Akselerasi Digital, UMKM diperkenalkan dengan saluran penjualan digital. Salah satunya adalah ecommerce seperti Tokopedia. Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Hilmy Adrianto, menjelaskan, “Tokopedia sendiri juga mencatat kenaikan jumlah UMKM yang terdaftar sebagai seller di ekosistemnya. Total ada 12 juta seller di dalam ekosistem Tokopedia dengan 99%-nya adalah UMKM.”

Baca juga: Kelas Akselerasi Digital untuk 230 UKM Hadir di Medan

Roadshow Klinik: Kelas Akselerasi Digital dihadiri oleh pelaku usaha di Kota Manado dengan latar belakang berbagai industri. Acara ini sebelumnya telah terselenggara di Yogyakarta, Medan, dan Bali serta dihadiri ratusan peserta. Rencananya, acara serupa akan hadir di kota-kota lain untuk memberdayakan UMKM di seluruh Indonesia.