Menemukan supplier atau manufaktur yang tepat untuk bisnis dapat menjadi tugas yang menantang. Karena akan membutuhkan waktu dan ketelitian yang tinggi agar dapat menguntungkan bisnis ke depannya.

Seluruh pelaku usaha tentu ingin mendapatkan supplier terpercaya yang menyediakan produk berkualitas tinggi dengan harga terbaik. Artikel ini akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin menemukan supplier yang tepat.

Cara Menemukan Supplier untuk Bisnis Anda

supplier
Supplier

Menghubungi Produsen pada Label Produk

Anda tertarik dengan kualitas suatu bahan baku? Lalu, Anda ingin mendapatkan bahan baku tersebut untuk produksi Anda? Anda dapat menghubungi produsennya dengan cara melihat informasi yang tertera pada label produk. 

Biasanya, setiap produk akan mencantumkan informasi singkat mengenai nama, alamat, dan kontak produsen. Setelah itu, cobalah untuk menghubungi supplier dan membujuk mereka agar setuju untuk bekerja sama dengan bisnis Anda. Cara tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menemukan supplier yang tepat.

Menghadiri Pameran Perdagangan

Pameran perdagangan biasanya menampilkan perusahaan dan produk dari berbagai industri. Anda dapat melihat beragam pilihan supplier dalam satu tempat. Berikut beberapa saran yang dapat membantu Anda ketika menghadiri pameran: 

  • Menyiapkan daftar pertanyaan yang akan ditanyakan kepada para supplier,
  • Menentukan budget yang Anda miliki sebelum menghadiri pameran,
  • Membawa kartu nama atau brosur perusahaan Anda untuk diperkenalkan ke supplier, dan
  • Mencatat kekurangan dan kelebihan tiap supplier untuk dapat memilih supplier yang tepat bagi bisnis Anda.

Selain mendapatkan supplier, pameran bisnis juga bermanfaat untuk menambah wawasan serta memperluas jaringan.

Baca juga: 7 Cara Menjual Pada Orang Skeptis

Menemukan Supplier di Mesin Pencari

Menemukan supplier melalui mesin pencari merupakan cara yang layak dicoba. Anda dapat menggunakan mesin pencarian seperti Google, Yahoo, atau Bing. Cobalah untuk mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan bidang yang sedang Anda cari. Misalnya, jika Anda mencari supplier produk elektronik, gunakan kata kunci seperti “supplier produk elektronik”. 

Pastikan untuk memeriksa reputasi supplier dengan membaca ulasan-ulasan klien mereka sebelumnya. Hal ini akan membantu Anda mengetahui apakah supplier tersebut telah memenuhi kebutuhan kliennya dengan baik.

Mengikuti Komunitas Online atau Forum Bisnis

Membangun hubungan di komunitas online atau forum bisnis dapat menjadi cara yang efektif untuk menemukan supplier. Anda dapat bergabung di forum online seperti Kaskus atau Bersosial.com. Di dalam forum, cobalah untuk menanyakan kepada anggota lain tentang rekomendasi supplier yang mereka ketahui. 

Aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter juga bisa Anda gunakan untuk menemukan supplier. Anda bisa bergabung di dalam komunitas online yang terdapat pada aplikasi-aplikasi tersebut. Cara lainnya, Anda juga bisa mengetikkan kata kunci mengenai bidang supplier yang Anda cari di dalam kolom pencarian. Kemudian lakukan riset mengenai tingkat kredibilitas supplier tersebut.

Baca juga: 7 Skill yang Harus Anda Miliki untuk Menjadi Eksportir Sukses

Menemukan Supplier di Inaproduct

Inaproduct adalah direktori bisnis Indonesia. Anda dapat menemukan supplier sesuai kebutuhan bisnis Anda dari seluruh Indonesia. Bahkan, Anda dapat menemukan informasi kapasitas produksi mereka dan sertifikasi yang mereka miliki. Saat ini, sudah ada lebih dari 40.000 supplier bergabung di Inaproduct. Siap menemukan pemasok yang Anda cari?

Penulis: Nabila Zain

Editor: Erlinda Sukmasari