Nasi merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Di tahun 2020, Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara pengkonsumsi nasi terbanyak di dunia. Hal tersebut tidak lepas dari budaya masyarakat Indonesia yang menjadikan nasi sebagai makanan utama.

Sebagai salah satu bahan pokok yang memiliki peran penting, hal ini sayangnya dimanfaatkan beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan belaka. Seperti fenomena beras plastik dan beras oplos misalnya. Oleh karena itu, Anda sebagai penjual mesti mengutamakan kualitas produk agar mendapat kepercayaan dari pelanggan dan menghindari cara yang tidak benar untuk mendapat untung.

Di artikel ini, tersedia rekomendasi 7 merek beras terlaris di Indonesia yang pastinya sehat, pulen, dan berkualitas. Anda bisa menjual merek beras di bawah ini di toko Anda karena mutunya sudah terjamin!

1. Beras Topi Koki

Beras Topi Koki merupakan merek beras yang terkenal dan cukup menguasai pasar. Beras ini menjadi merek terlaris di Indonesia karena memberikan kualitas terbaik dan aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak sekalipun. Beras Topi Koki memiliki 3 macam pilihan yaitu Topi Koki Setra Ramos, Topi Koki Long Grain yang memiliki bulir beras yang panjang, dan Topi Koki Pandan Wangi yang memiliki aroma pandan ketika dimasak.

Beras ini tersedia dalam kemasan 5 kilogram, 10 kilogram, 20 kilogram, dan 25 kilogram. Untuk harga, beras Topi Koki terbilang cukup mahal, tetapi harga tersebut sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Produsen: PT Buyung Poetra Sembada, Palembang

Harga: Rp 65.000/5 kg

2. Beras Sumo

Sesuai dengan namanya, kemasan beras ini menampilkan sumo yang identik dengan Jepang. Tidak hanya nama belaka, beras ini memiliki kualitas premium seperti beras khas Jepang baik dari segi tekstur, rasa, hingga aroma. Beras sumo memiliki bulir beras yang putih bersih, bebas dari pengawet, pestisida, dan pewarna.

Beras ini hadir dalam dua pilihan yaitu Sumo Merah yang terdapat minimal 95 persen beras utuh dan Sumo Kuning yang terdapat minimal 85 persen beras utuh. Jika dimasak, varian yang berwarna merah akan menghasilkan nasi bertekstur lembut sedangkan varian berwarna kuning memiliki tekstur sedikit lembut dengan patahan 15 persen.

Produsen: PT Tiga Sedulur Djaja, Jawa Timur

Harga: Rp 64.000/5 kg

3. Beras Si Pulen 

Salah satu merek beras yang dapat ditemui dengan mudah di supermarket terdekat dan memiliki kualitas terbaik yaitu beras Si Pulen. Beras ini terkenal dengan tingkat kepulenannya yang khas sesuai dengan namanya dan juga rasanya yang enak. Selain itu, beras ini aman untuk dikonsumsi karena tidak menggunakan pengawet dan pewarna tambahan.

Si Pulen hadir dalam tiga varian yaitu Si Pulen Grain Crystal yang memiliki bulir beras yang panjang, Si Pulen Pandan Wangi yang mengeluarkan aroma pandan saat dimasak, dan Si Pulen Mutiara Medium Grain yang memiliki bulir beras berukuran kecil. Sayangnya beras ini hanya tersedia dalam ukuran 5 kilogram saja.

Produsen: Agen Beras Si Pulen, Jakarta

Harga: Rp 85.000/5 kg

4. Beras Rojolele 

Beras Rojolele merupakan beras dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang sudah terkenal sejak dulu. Keberadaan beras ini sudah tidak asing lagi dan dapat ditemui di seluruh toko sembako di Indonesia. Beras ini memiliki warna dan aroma yang khas seperti susu saat sudah dimasak. Nasi yang dihasilkan pun akan lembut meski tidak menggunakan banyak air.

Beras ini tersedia dalam ukuran 5 kilogram dan 10 kilogram. Tanpa menggunakan bahan pengawet dan pewarna tambahan, beras Rojolele dapat bertahan sampai 60 hari setelah kemasan dibuka. Sayangnya, beras ini sulit didapat karena sulit dipanen sehingga harganya cukup mahal jika dibanding dengan varietas beras lainnya.

Produsen: PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk, Jakarta

Harga: Rp 71.500/5 kg

5. Beras Idola

Beras idola merupakan merek beras yang cukup digemari meski tidak seterkenal merek beras yang lainnya. Beras Idola memiliki keunikan karena memiliki beras dengan varian Super Slyp. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena varian ini merupakan varian beras yang aman dari pestisida dan pemutih dan juga berasal dari bibit padi gunung yang terpilih.

Ketika dimasak, nasi yang dihasilkan memiliki tekstur yang lembut dengan bulir yang panjang. Harganya bisa dikatakan cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kualitas yang diberikan. Sayangnya beras ini cukup sulit untuk didapat terlebih untuk varian Super Slyp.

Produsen: PT Dewa Tunggal Abadi, Jakarta

Harga: Rp 55.500/5 kg

6. Beras Anak Raja

Merek beras lainnya yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi adalah beras Anak Raja. Beras ini mudah diperoleh dimana saja baik di supermarket sampai di situs belanja online Indonesia. Beras Anak Raja berasal dari bibit padi terbaik dan dikemas menggunakan teknologi yang canggih sehingga beras tersebut terjamin kebersihannya dan dapat bertahan selama beberapa bulan setelah kemasannya dibuka.

Beras ini memiliki bulir padi yang panjang dan tidak menggunakan bahan pengawet dan pemutih. Beras Anak Raja memiliki dua varian yaitu beras Anak Raja Setra Ramos dan beras Anak Raja Kristal Premium yang ketika dimasak menghasilkan nasi yang pulen.

Produsen: PT Berill Jaya Sejahtera, Semarang

Harga: Rp 63.261/5 kg

7. Beras Cantik Manis

Merek beras yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya yaitu Beras Cantik Manis. Beras ini memberikan jaminan menggunakan beras berkualitas dan menghasilkan nasi yang pulen tetapi tidak lengket. Tersedia dalam ukuran 5 kilogram, beras ini memiliki dua varian yaitu beras Cantik Manis Setra Ramos yang memiliki bulir beras yang panjang dan juga beras Cantik Manis Pandan Wangi yang mengeluarkan aroma pandan saat dimasak.

Beras ini bebas dari pemutih, pengawet, dan juga pewangi sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja. Sayangnya, beras ini masih belum bisa ditemukan di pasar tradisional dan juga toko kelontong.

Produsen: PT Dewa Tunggal Abadi, Jakarta

Harga: Rp 75.763/5 kg

Merek beras mana yang Anda pilih?

Itu dia 7 merek beras terlaris dan berkualitas di Indonesia. Jangan cuma mencari beras untuk mengenyangkan perut, pastikan beras yang Anda pilih merupakan beras yang berkualitas, aman, dan sehat agar kebutuhan nutrisi pelanggan Anda dapat terpenuhi dengan baik.

Jangan lupa ikuti terus inaproduct.com dan dapatkan informasi lainnya terkait bisnis dan produk Indonesia!