Penjualan partai besar merupakan perdagangan besar atau biasa kita sebut dengan grosir. Ingin tahu bagaimana strategi marketingnya? Baca artikel berikut ini.

Strategi Marketing Penjualan Partai Besar

Inaproduct – Dalam keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan disebutkan bahwa grosir atau perdagangan besar adalah kegiatan penjualan kembali yang dilakukan tanpa memerlukan perubahan teknis terhadap barang, baik baru atau bekas yang ditujukan kepada pedagang atau tujuan akhirnya bukan konsumen akhir.

Umumnya, penjual partai besar memasarkan produknya kepada

  • Pengecer,
  • Industri, 
  • Komersial,
  • Institusi (pengguna profesional), atau
  • Pedagang besar lainnya.

Seluruh subjek di atas bertindak sebagai broker atau agen dalam perantara dagang, baik perusahaan maupun perorangan. Untuk menarik para pembeli tersebut, setidaknya ada sembilan strategi marketing penjualan partai besar yang bisa dilakukan.

Baca juga: Supplier: Pengertian, Tugas, Cara Kerja, Jenis, dan Kriterianya

Melakukan Penjualan Partai Besar di Marketplace Grosir

Untuk meningkatkan penjualan partai besar, salah satu caranya adalah bergabung dengan marketplace online grosir. Ini berguna untuk membangun kesadaran merek dan meraih pembeli potensial baru. Lakukanlah riset terlebih dahulu pada marketplace. Analisis mana yang menawarkan prospek terbaik. Supaya Anda bisa memastikan ketepatannya bagi bisnis grosir Anda.

Tingkatkan Penjualan Partai Besar dengan Referral 

Cara efektif lainnya untuk meningkatkan penjualan partai besar adalah dengan menjalankan program referral. Apa itu referral? Referral merupakan strategi marketing mulut ke mulut. Caranya dengan mengajak pelanggan untuk merekomendasikan produk suatu brand ke orang lain.

Konsepnya, Anda harus memberikan insentif bagi para pelanggan yang secara aktif menawarkan produk Anda ke pelanggan baru. Semakin menarik imbalan yang Anda tawarkan, semakin rajin pelanggan memanfaatkan referral.

Selain program referral, para pelaku bisnis grosir juga bisa menjalankan program dropship. Anda bisa mengizinkan para pengecer untuk membantu menjual produk Anda. 

Membangun Hubungan Baik dengan Retailer

Cara meningkatkan penjualan partai besar yang berikutnya adalah membangun relasi yang baik dengan retailer. Pengecer atau retailer merupakan bagian dari rantai distribusi barang, yang berlangsung antara pebisnis grosir sebelum suatu barang sampai di tangan pelanggan.

Sebagai rantai terakhir dari distribusi barang ke konsumen terakhir, membangun hubungan yang baik dengan peritel akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis. Selain itu, kerjasama yang baik juga akan meningkatkan penjualan produk partai besar.

Pastikan juga peritel mendapatkan pelayanan yang baik. Ini akan membuat mereka tak ragu untuk merekomendasikan Anda kepada peritel atau pelanggan lainnya.

Membuat Sistem yang Terintegrasi

Strategi marketing penjualan partai besar yang selanjutnya adalah membuat suatu sistem yang dapat membantu usaha grosir Anda. Misalnya memasukkan sistem pembelian, pembayaran dan pengiriman dalam suatu aplikasi. Ini jelas akan memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam proses transaksi.

Memberikan Penawaran Spesial

Memberikan penawaran spesial dapat dilakukan sebagai stimulus untuk meningkatkan penjualan partai besar. Penawaran spesial bertujuan untuk menarik minat pelanggan baru. Anda bisa membuat bermacam-macam penawaran. Misalnya saja seperti:

  • Memberikan biaya pengiriman gratis,
  • Memberikan harga diskon berdasarkan jenis produk atau jumlah pembelian, dan
  • Membuat produk bundle.

Selain itu Anda juga dapat mencantumkan testimoni dari pelanggan. Bisa juga dengan menampilkan chart barang terlaris pada periode tertentu untuk meningkatkan penjualan partai besar.

Ciptakan Sistem Pengiriman dan Pemesanan yang Baik 

Salah satu cara meningkatkan penjualan bisnis grosir selain membuat penawaran spesial adalah dengan menciptakan sistem pengiriman dan pemesanan yang terautomasi. Membuat pelanggan bisa dengan mudah melacak posisi barang yang mereka pesan secara realtime, dan memberikan peringatan ketika terjadi penundaan.

Selain itu, permudah pelanggan saat melakukan pemesanan. Dengan menjadikan proses pemesanan sesederhana mungkin dan mudah dipahami pelanggan. Serta menyediakan opsi pembayaran yang beragam.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencari Supplier yang Paling Tepat untuk Bisnis Anda

Datangi Pameran Dagang 

Pameran dagang merupakan salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh pelaku bisnis partai besar. Tujuannya untuk menjalin hubungan dan menemukan mitra ritel yang tepat.  Mendatangi pameran dagang membutuhkan budget lebih, jika Anda harus melakukan perjalanan ke lokasi di mana event berlangsung. Apalagi jika Anda ingin membuka stand di sana, tentunya biaya yang dibutuhkan akan lebih besar lagi. Meski demikian biayanya sebanding dengan kesempatan untuk bisa mempromosikan produk kepada para pengecer. 

Mengoptimalkan Kampanye Pemasaran

Anda dapat meningkatkan upaya untuk mempertahankan pelanggan sekaligus menarik pelanggan baru bagi bisnis Anda. Salah satu strategi terbaik untuk mendapatkan pelanggan grosir baru adalah dengan mengoptimalkan kampanye pemasaran dan melakukan follow up melalui telepon.

Promosi secara Online 

Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk berpromosi sekaligus meningkatkan penjualan. Pasalnya, penetrasi pengguna internet, terutama di Indonesia semakin besar dari tahun ke tahun. Setiap hari, jutaan kata kunci dicari di mesin pencari. Belum lagi pengguna media sosial yang jumlahnya sangat masif. 

Itulah sembilan strategi marketing yang bisa Anda terapkan untuk penjualan partai besar. Satu hal yang perlu diingat, peningkatan penjualan bisa diraup apabila semua strategi diatas Anda terapkan secara konsisten ya. Bukan hanya diterapkan satu bulan, dua bulan saja. Selamat mencoba! 

Penulis: Merita Ratih

Editor: Erlinda Sukmasari