Apa itu apron? Benda semacam kain tersebut sering Anda lihat pada chef-chef yang sedang memasak hidangan. Selain itu, tersedia juga di restoran-restoran untuk digunakan oleh pelanggan saat makan.

Apa itu Apron?

apa itu apron
Apron

InaproductBisnis Anda di bidang makanan? Anda menggunaka apron? Apron adalah kain penutup baju dari dada hingga pinggang atau lutut untuk menjaga kebersihan. Apron biasanya Anda gunakan ketika memasak. Biasanya, kain tersebut dikalungkan ke leher dan akan menjuntai sampai pinggang. Anda juga mengenalnya dengan sebutan celemek.

Tak hanya untuk memasak atau makan, ternyata apron ini juga bisa digunakan ketika membersihkan rumah. Ukuran apron banyak macamnya. Ada yang kecil karena dikhususkan untuk bayi atau anak.

Seperti diketahui, anak yang baru belajar makan akan kesulitan untuk makan dengan rapi. Oleh sebab itu, apron ini bermanfaat untuk menjaga kebersihan sang anak saat berlatih makan sendiri.

Ada juga yang ukurannya memanjang sampai pinggang sehingga menutup keseluruhan pakaian yang dikenakan. Inilah yang banyak digunakan orang dewasa, khususnya chef-chef untuk memasak.

Baca juga: Apa Itu Plastik Laminasi dan Jenis Mesin Laminating

Manfaat Menggunakan Apron

Sebenarnya, bukan hanya chef yang penting untuk menggunakan apron. Namun, apron bisa sangat bermanfaat untuk digunakan oleh siapa saja. Mengapa sangat penting untuk menggunakan apron?

Semua itu tidak terlepas dari manfaat-manfaat yang didapat ketika menggunakan apron. Secara umum, kain ini memang bermanfaat untuk melindungi dari kotoran. Akan tetapi, masih ada beberapa lagi manfaat yang bisa Anda rasakan. Berikut manfaat menggunakan apron.

Melindungi dari Kotoran

Inilah manfaat yang paling utama dari menggunakan apron. Anda tak perlu khawatir pakaian Anda menjadi kotor ketika melakukan sesuatu yang berpotensi mengotori baju Anda. Contoh, ketika memasak. Anda tak perlu khawatir pakaian Anda terkena cipratan minyak atau bumbu-bumbu karena ada apron yang melindungi. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir saat beres-beres rumah.

Apron akan melindungi Anda dari kotoran-kotoran yang bisa mengganggu penampilan Anda. Pada umumnya, warna apron yang sering dilihat adalah warna putih. Akan tetapi, karena manfaatnya inilah, Anda bisa menemukan apron-apron yang berwarna hitam. Hal tersebut tujuannya agar kotoran yang menempel di apron Anda tidak terlalu terlihat atau sulit dihilangkan.

Mempercantik Penampilan

Memakai apron bisa mempercantik penampilan seseorang. Ketika melihat seorang chef mengenakan apron, Anda akan melihat betapa rapi dan berkarismanya chef tersebut. Selain itu, penampilan Anda di hadapan orang lain juga jauh lebih bersih karena ada apron yang melindungi. Kebersihan inilah yang membuat penampilan Anda lebih menarik.

Melindungi Tubuh

Apron bisa melindungi tubuh seseorang dari bahaya ketika memasak. Tidak hanya menghalangi noda, apron juga bisa menghalangi elemen-elemen berbahaya yang mengarah kepada seorang chef ketika memasak. Oleh sebab itu, apron juga bisa meminimalisir risiko kecelakaan kerja. Hal tersebut sangat penting bagi seorang chef agar bisa tetap aman saat memasak.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Amenities dan Apa Saja Jenisnya

Menyimpan Benda Penting

Terakhir, apron juga bermanfaat untuk menyimpan benda-benda penting. Ada jenis apron yang memang memiliki kantung atau selipan untuk meletakkan benda-benda.  Apron tersebut bisa menyelipkan benda seperti peralatan makan dan catatan kecil serta pulpen. Oleh sebab itu, apron ini juga bisa dipakai oleh pelayan-pelayan restoran.

Harga Apron

Setelah mengetahui manfaat memakai apron, Anda bisa membeli benda tersebut di toko online. Harga apron juga sangat terjangkau. Rata-rata harganya di bawah 100 ribu dan tertingginya di bawah 200 ribu.

Anda dapat mencari apron yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, saat ini juga tersedia macam-macam apron yang memiliki motif. Jadi, Anda bisa memilih apron selain berwarna putih atau hitam polos.

Itulah penjelasan tentang apron. Apakah Anda sudah memiliki apron di rumah? Yuk, mulai gunakan apron agar kebersihan bisa lebih terjaga.

Penulis: Cahaya Muslim
Editor: Erlinda Sukmasari