Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang apa itu QR Code? Biasanya istilah ini Anda temukan ketika sedang bertransaksi.

Apa itu QR Code?

Inaproduct – Secara garis besar, QR Code merupakan singkatan dari Quick Response Code. QR Code berisikan kode identifikasi khusus yang berupa rangkaian batang vertikal yang berbeda lebarnya dan mewakili angka-angka. Oleh sebab itu, bentuk QR Code terlihat seperti tak beraturan.

Akan tetapi, ketika discan, hal tersebut akan langsung membuat Anda mendapatkan informasi yang tersimpan dalam QR Code tersebut.

Hal-hal yang biasanya tersimpan dalam QR Code, seperti

  • Jadwal sebuah acara,
  • Website official sebuah perusahaan atau instansi,
  • Media sosial, 
  • Sistem pembayaran, dan
  • Informasi-informasi penting lainnya.

Sesuai namanya, QR Code memudahkan orang-orang untuk mendapatkan informasi dalam satu kali atau scan. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot-repot membuka internet untuk mengetahui sebuah informasi.

Contohnya, Anda ingin mencari tentang jadwal keberangkatan commuter line Jabodetabek. Informasi tentang jadwal tersebut tersedia di dalam website commuter line. Artinya, Anda harus membuka Google terlebih dahulu dan mengetik kata kunci pencarian untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Namun, dengan adanya QR Code, pihak commuter line tinggal menempelkan kode tersebut di dalam kereta. Setelah itu, Anda bisa melakukan scan terhadap QR Code tersebut dan informasi berupa jadwal kereta akan langsung muncul di ponsel Anda tanpa harus membuka Google terlebih dahulu.

Baca juga: Pengertian Biaya Produksi, Unsur, Jenis, dan Contohnya 

Bagian QR Code

Walaupun berupa kode batang yang terlihat acak, QR Code memiliki bagian-bagian penting yang membuat QR Code bisa berfungsi dengan baik.

Apabila ada bagiannya yang kurang, QR Code biasanya tidak akan berfungsi. Berikut bagian-bagiannya.

Quiet Zone

Bagian ini merupakan bagian putih yang mengelilingi QR Code. Fungsinya untuk membuat QR Code mudah dipindai.

Position Detection Makers

Berbentuk persegi cukup besar yang berada di tiga sudut QR Code. Memastikan agar QR Code mudah terbaca secara cepat.

Timing Mattern

Bentuknya seperti titik-titik berupa kotak kecil yang berbaris membentuk sudut 90 derajat. Isinya berupa berapa banyak muatan data yang tersimpan dalam QR Code tersebut.

Allignment Marking

Bentuknya kotak yang lebih kecil dari position detection makers. Letaknya berada di dekat sudut kanan bawah QR Code. Fungsinya untuk menjaga permukaan QR Code.

Data and Error Correction Keys

Bagian ini adalah yang paling banyak mendominasi dalam QR Code. Bentuknya seperti balok-balok tipis yang saling terputus dan membentuk mengelilingi QR Code. Bagian ini adalah tempat data disimpan.

Format Information

Fungsinya untuk memperlihatkan toleransi error pada data yang ada dalam QR Code.

Version Information

Bagian ini adalah bagian yang memberikan informasi tentang versi QR Code.

Baca juga: Mengenal Laporan Keuangan Perusahaan, Fungsi, dan 5 Jenisnya

Jenis QR Code

Terdapat dua jenis QR Code yang ada. Kode-kode ini dibagi berdasarkan bisa atau tidaknya perubahan dilakukan terhadap QR Code tersebut.

QR Code Dinamis

QR Code jenis ini merupakan QR code yang bisa diedit atau diperbarui kembali. Jadi, cocok untuk kampanye marketing yang memang kadang sering diubah sesuai kebutuhan.

QR Code Statis

QR Code Statis tidak bisa diedit atau diperbarui kembali. Pada umumnya, digunakan untuk menyimpan data-data dalam jumlah yang besar.

Cara Membuat QR Code

Lalu, bagaimana cara membuat QR Code? Membuat QR Code bisa dilakukan dengan menggunakan tools sederhana seperti QR Generator.

Setelah membuka QR Code Generator, Anda tinggal mengisi informasi apa yang ingin dimasukkan. Contohnya, e-mail, teks, PDF, dan sebagainya.

Setelah Anda selesai memasukkan data yang diinginkan, nantinya QR Code Generator akan membuatkan QR Code secara otomatis untuk Anda.

Fungsi QR Code

Mempercepat Penerimaan Informasi

Dengan adanya QR Code, masyarakat akan jauh lebih cepat dalam mendapatkan informasi. Selain itu, informasi yang penting juga akan makin mudah diakses dengan adanya QR Code ini.

Memudahkan dalam Pembayaran

QR Code memudahkan dalam pembayaran. Anda hanya perlu melakukan scan dan akan diarahkan ke sistem pembayaran. Hal ini akan memudahkan sekaligus mempercepat proses transaksi.

Mudah Mengumpulkan Data

QR Code memudahkan dalam mengumpulkan data. Dengan satu QR Code, Anda sudah bisa melihat berbagai data penting yang terkumpul. 

Jadi, sangat bermanfaat untuk perusahaan karena antar tim bisa saling terintegrasi satu sama lain sehingga mudah mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk kegiatan bisnis.

Saat ini, masyarakat sudah makin mengarah kepada digital. Peluang usaha yang tersedia juga kebanyakan berhubungan dengan digital.

Oleh sebab itu, QR Code jadi hal penting yang sudah seharusnya tersedia di tempat bisnis Anda. Sebagai pelaku UMKM, Anda bisa memasang QR Code untuk memudahkan pembayaran.

Penulis: Cahaya Muslim

Editor: Erlinda Sukmasari