Apa itu SEO Marketplace? Istilah tersebut sudah seharusnya dipahami oleh para pelaku usaha. Khususnya, UMKM-UMKM yang menjual produknya lewat marketplace.

Apa itu SEO Marketplace?

Inaproduct – SEO marketplace adalah upaya untuk membuat produk yang dijual di marketplace muncul pada halaman paling atas. Istilah tersebut juga dapat diartikan sebagai upaya untuk memudahkan produk Anda dicari di marketplace.

Cara membayangkannya cukup sederhana. Ketika Anda membuka marketplace, Anda pastinya akan mengetik kata tertentu untuk mencari barang yang diinginkan. Contohnya, cemilan manis. Setelah kata tersebut diketik di pencarian, akan ditampilkan banyak sekali produk dari toko-toko yang berbeda.

Inilah yang disebut sebagai Search Engine Optimisation (SEO). Sebagai pembeli, tentunya Anda tidak ingin repot-repot menyelam sangat dalam untuk mencari produk yang diinginkan.

Oleh sebab itu, Anda cenderung membeli produk yang paling awal muncul di hadapan Anda. Selain dengan membayar jasa iklan, alasan mengapa sebuah produk bisa muncul di halaman paling awal adalah menerapkan SEO marketplace ini.

Baca juga: Memahami Manajemen Gudang, Kegiatan, Fungsi, dan Tujuannya

Manfaat Menerapkan SEO Marketplace

Menerapkan SEO marketplace sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis Anda. Penerapan SEO marketplace yang berhasil akan membuat produk Anda banyak dibeli oleh orang lain. Selain itu, terdapat beberapa manfaat lainnya sebagai berikut.

Promosi Gratis

Produk yang muncul di halaman awal seperti seolah-olah produk Anda mendapatkan promosi gratis. Sebab, ada toko yang perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk bisa tampil di halaman awal Marketplace.

Sementara itu, toko yang menerapkan SEO marketplace akan perlahan-lahan tampil di halaman awal. Bahkan, tanpa harus mengeluarkan uang yang besar untuk iklan.

Meningkatkan Penjualan dan Brand Awareness

SEO marketplace bisa meningkatkan penjualan Anda sekaligus membuat nama brand makin dikenal. SEO marketplace  akan membuat brand Anda melekat di masyarakat. Contohnya, toko Anda menjual berbagai macam camilan manis.

Nanti ketika pembeli membutuhkan camilan lagi, nama toko atau brand Anda akan langsung diingat. Oleh sebab itu, pembeli pun  langsung mengetik nama toko Anda di mesin pencari marketplace.

Masuk Halaman Awal Google

Tak hanya bermanfaat di dalam marketplace-nya. SEO marketplace juga bisa membuat produk Anda tampil di halaman awal Google. Dengan menerapkan SEO marketplace, Google akan menampilkan produk Anda di halaman awal. 

Prinsip kerjanya sama seperti marketplace. Pembeli akan lebih cenderung membeli produk-produk yang mereka lihat pada halaman pertama Google.

Baca juga: Cara Jualan Online di HP, Modal Kuota Auto Cuan

Cara Menerapkan SEO di Toko Marketplace Anda

Lalu, bagaimana cara menerapkan SEO di toko marketplace Anda? Apa saja hal yang perlu diperhatikan? Berikut caranya.

Membuat Nama Toko yang Berhubungan dengan Produk

Buatlah nama toko yang erat kaitannya dengan produk Anda. Contoh, Anda menjual kue. Cobalah buat nama toko yang berhubungan dengan hal tersebut.

Lakukanlah riset tentang kebiasaan orang-orang ketika mencari penjual kue di internet. Apa yang mereka biasa tuliskan.

Melakukan Riset Keyword

Berhubungan dengan cara pertama. Dalam menentukan nama produk, Anda harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari orang. Contohnya, kue. Kira-kira, kue seperti apa yang sering dicari banyak orang? Dengan melakukan riset keyword, Anda akan menemukan jawabannya. Bisa jadi kue ulang tahun, kue lebaran, kue mini, dan sebagainya.

Menuliskan Deskripsi Produk yang Informatif

Setelah nama produk sudah ditentukan, Anda harus menuliskan deskripsi produk yang informatif. Artinya, pastikan bahwa penjelasan produk sudah bisa meyakinkan calon pembeli untuk membeli produk Anda. Pada umumnya, pembeli mencari kebermanfaatan, cara menggunakannya, sampai kepada jaminan produk.

Memasang Foto Produk yang Jelas

Setelah deskripsi dituliskan dengan baik, Anda harus memasang gambar atau foto produk yang jelas. Usahakan memasang foto dengan kualitas paling jernih. Selain itu, upayakanlah untuk memasang foto asli atau foto yang diambil sendiri.

Hal tersebut akan membuat produk Anda jauh lebih unik dan diminati karena memasang foto real. Saat ini, sudah banya sekali jasa SEO marketplace maupun untuk keperluan website. Oleh sebab itu, ini juga menjadi peluang usaha baru bagi Anda yang memiliki pengetahuan tentang SEO.

Jadi, Anda tak hanya mendapatkan keuntungan dari mengoptimasi bisnis Anda. Namun, Anda juga mendapatkan tambahan uang dari membuka jasa SEO untuk orang lain.

Penulis: Cahaya Muslim

Editor: Erlinda Sukmasari