Jika Anda adalah produsen, sangat penting bagi bisnis Anda untuk bisa mendapatkan pembeli partai besar.

Strategi Mendapatkan Pembeli Partai Besar

Inaproduct – Pembeli partai besar adalah pihak yang membeli produk dalam jumlah besar, langsung dari produsennya. Produk tersebut dijual kembali ke

  • Pengecer,
  • Retailer,
  • Pedagang kecil, atau
  • Konsumen akhir (end user).

Pembelian partai besar ini biasanya dilakukan oleh produsen, agen, dan reseller. Anda dapat menyebutnya juga sebagai pembelian grosir. Mari cari tahu strategi untuk mendapatkannya.

Pahami Saluran Distribusi 

Sebelum mencari pembeli grosir, pahami dulu saluran distribusi pada industri Anda. Ada beberapa jenis contoh saluran distributor yang tersedia seperti manufaktur, importir, dan grosir.

Mencari Pembeli Melalui Marketplace 

Di zamannya internet, berjualan atau berbelanja bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan gadget. Membuat online shop atau toko online semakin digemari. Saat ini sudah banyak toko online di marketplace yang menawarkan pembelian partai besar atau grosir. Ini tentunya  bisa Anda manfaatkan untuk menggaet pembeli grosiran.

Baca juga: 9 Strategi Marketing Penjualan Partai Besar

Mencari Pembeli Majalah Bisnis

Anda juga bisa mencari pembeli partai besar di majalah bisnis. Dalam majalah bisnis biasanya terdapat kontak dan juga alamat distributor yang bisa Anda hubungi. Untuk selanjutnya Anda kirimi penawaran. 

Mencari Pembeli di Google

Di era yang semakin canggih, Anda bisa dengan mudah mencari pembeli grosiran di Google. Pasalnya, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan. Dengan memanfaatkan Google Anda juga bisa menemukan kontak dan alamat pembeli partai besar potensial produk Anda. Tentunya mencari di Google akan mempermudah dan menghemat waktu Anda.

Setelah mendapatkan kontak pembeli grosiran yang potensial, Anda bisa menghubunginya satu per satu. Untuk mendapatkan respon yang baik, Anda bisa terlebih dahulu mengirimkan email. Sebutkan tujuan dan barang apa yang ingin Anda tawarkan.

Jika tidak ada respon atau balasan terkait email yang Anda sampaikan, tak perlu ragu untuk langsung menelepon. Tawarkan produk Anda. Jelaskan keunggulan dan juga jual produk Anda.

Temui Langsung

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pembeli partai besar ialah mendatangi mereka secara langsung. Distributor, agen, atau reseller cenderung mau bekerja sama dengan jumlah pemesanan tertentu. Anda hanya perlu berkomunikasi dengan baik untuk mencapai kesepakatan yang sesuai. Jadi tak perlu takut untuk menawarkan diri sebagai mitra mereka.

Selain itu, berikan sampel produk agar mereka bisa  mengecek kualitas produk secara langsung. Jadi, mereka akan lebih yakin untuk menjualnya kembali pada pelanggan. Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi prospek, ada baiknya untuk membuat janji terlebih dulu.

Baca juga: Buyer`s Guide: Panduan untuk Mendorong Pembeli Berbelanja

Gabung Komunitas Bisnis 

Anda dapat menemukan informasi pembeli partai besar melalui komunitas bisnis. Dalam komunitas ini, baik seller maupun buyer akan saling bertukar informasi. Mereka akan menyebutkan produk atau jasa yang sedang dibutuhkan. Jika sesuai dengan barang yang Anda sediakan, Anda dapat menawarkannya.

Mengikuti Pameran Bisnis 

Mengikuti pameran bisnis merupakan strategi untuk mendapatkan pembeli grosiran yang bisa Anda lakukan. Pameran ini Anda bisa memperkenalkan produk yang miliki dengan harapan akan terbentuk satu kerjasama dengan para pembeli.  

Penulis: Merita Ratih

Editor: Erlinda Sukmasari