Pernahkah Anda memperhatikan pakaian Anda terbuat dari bahan apa? Cobalah perhatikan hal tersebut karena bahan yang bagus membuat pakaian Anda bertahan lama. Bahan linen rami merupakan kain yang terbuat dari tanaman rami.

Salah satu bahan yang baik digunakan untuk pakaian adalah linen rami ini. Dengan menggunakan bahan ini, pakaian tampak lebih jauh mengilap dan lebih dingin ketika dipakai.

Apa itu Bahan Linen Rami?

bahan linen rami
Bahan linen rami

Inaproduct – Jika Anda pebisnis di bidang garmen, Anda perlu memahami kain linen. Linen adalah bahan atau kain yang dibuat dari rami. Sementara itu, rami adalah tumbuhan semak yang tingginya bisa mencapai 1 sampai 3 meter. Panjang daunnya mencapai 7 sampai 15 sentimeter dengan tepi bergerigi dan lapisan bawah berbulu putih tebal.

Bunganya yang kecil muncul pada ketiak daun. Bunga betina di atas dan bunga jantan di bawah. Biasanya, yang dimanfaatkan dari rami ini adalah bagian kulit batangnya. Bagian tersebut dijadikan serat untuk pembuat tali, layar, jala, dan sebagainya.

Sederhanya, arti dari bahan linen rami adalah kain yang terbuat dari tumbuhan rami. Sama seperti kain yang berasal dari tumbuhan, kain ini kaya dengan serat. Oleh sebab itu, bahannya memiliki karakteristik yang tak licin. Namun, ada juga beberapa jenis dari bahan linen ini yang memang berbahan halus dan licin sehingga nyaman untuk digunakan.

Baca juga: Apa itu Apron dan Apa Manfaatnya

Jenis Bahan Rami

Bahan rami memiliki berbagai macam jenis. Masing-masing jenis ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Anda bisa memilih berdasarkan bahan yang Anda sukai.

Bahan Kenzo

Ciri khas dari bahan ini adalah kainnya yang kasar. Oleh sebab itu, bahan ini tidak adem untuk digunakan. Biasanya, dipakai pada pakaian seperti blazer. Seperti diketahui, blazer memiliki tekstur yang tebal dan biasanya digunakan sebagai luaran.

Bahan Slub

Ciri khas dari kain ini adalah seperti memiliki motif saling silang dan putus-putus. Selain itu, susunan seratnya rapat. Sama seperti kenzo, bahan ini juga terbilang cukup panas dan juga kasar.

Bahan Look

Inilah bahan yang bersifat nyaman dan lembut. Karakteristik dari bahan ini adalah halus, licin, dan bahannya jatuh. Oleh sebab itu, bahan ini sering digunakan untuk kemeja, jilbab, dan sebagainya.

Bahan Linen Euro

Bahan ini sering digunakan untuk gorden. Alasannya karena memiliki bahan yang kaku serta longgar.

Baca juga: Ketahui Berbagai Ukuran Gelas Plastik dan Penggunaannya

Keunggulannya

Kain yang terbuat dari bahan rami ini memiliki beberapa keunggulan yang membuat pakaian lebih nyaman dipakai. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki bahan ini.

Tak Transparan

Bahan linen rami tak transparan. Oleh sebab itu, cocok untuk Anda yang senang mengenakan baju-baju tebal. Selain itu, cocok juga untuk muslimah karena jauh lebih tertutup.

Cepat Kering Setelah Dicuci

Bahan linen rami bisa dengan mudah menyerap air. Hal ini membuat bahan rami unggul pada pengeringannya. Jadi, bahan cepat kering setelah dicuci.

Lebih Dingin Saat Dipakai

Maksudnya, bahan rami ini tak terlalu panas saat dikenakan. Oleh sebab itu, cocok untuk muslimah yang sering mengenakan pakaian-pakaian panjang dan tertutup.

Tahan Bakteri dan Jamur

Terakhir, bahan ini lebih tahan terhadap bakteri dan jamur. Selain itu, warna dari pakaian yang menggunakan bahan ini tak mudah pudar dan juga tampak mengilap.

Harganya

Walaupun jauh lebih mahal dari bahan lain, tetapi harga bahan ini juga masih terjangkau. Di online shop, Anda bisa mendapatkan bahan ini di bawah harga 100 ribuan. Selain itu, ada juga yang bahkan memiliki harga di bawah 50 ribu. Itulah penjelasan tentang bahan linen rami. Apakah kamu tertarik menggunakan pakaian dengan bahan tersebut?

Penulis: Cahaya Muslim

Editor: Erlinda Sukmasari