Pernahkah Anda mendengar tentang bantuan UMKM? Seperti namanya, bantuan tersebut diberikan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Oleh sebab itu, bantuan ini sangatlah dinantikan oleh para pelaku usaha.

UMKM-UMKM yang termasuk penerima bantuan ini akan mendapatkan dana bantuan sebesar 1,2 juta rupiah. Bantuan tersebut diberikan dalam rangka membantu UMKM untuk survive di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Apa itu Bantuan UMKM?

Inaproduct – Bantuan UMKM adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk UMKM-UMKM yang memenuhi syarat. Bantuan tersebut diberikan dalam program bernama Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Seperti diketahui, pada tahun 2020 lalu, pandemi Covid-19 menyebar di seluruh dunia. Hal itu menyebabkan terbatasnya aktivitas orang-orang di luar rumah. Mereka yang memiliki bisnis di luar rumah pun menjadi ikut terdampak.

Ada yang harus menutup usahanya karena bangkrut karena daya beli masyarakat menurun. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat jam operasional berbagai bisnis terhambat sehingga jam transaksi terbatas.

 Oleh sebab itu, bantuan ini merupakan salah satu usaha pemerintah untuk membantu rakyatnya agar bisa tetap bertahan hidup. Akan tetapi, walaupun banyak usaha yang tutup pada saat itu, pandemi juga membawa dampak positif.

Contohnya adalah munculnya inovasi baru serta terciptanya peluang usaha menjanjikan. Para pelaku usaha mulai berani mengembangkan bisnis mereka untuk beradaptasi sesuai keadaan. Akhirnya, banyak dari UMKM yang mulai Go Digital sehingga makin memperluas pasar mereka.

Baca juga: Kelas Akselerasi Digital Dukung Target 30 Juta UMKM Go Digital di 2023

Kapan Bantuan UMKM 2023 Cair?

Bantuan biasanya cair pada akhir tahun. Tahun 2022 lalu, bantuan diberikan selama tiga bulan yaitu Oktober, November, dan Desember. UMKM mendapatkan uang sebesar 200 ribu rupiah setiap bulannya. Jadi, kalau ditotal, selama tiga bulan, UMKM menerima bantuan sebesar 600 ribu rupiah.

Cara Mendaftar Bantuan Usaha

Menyiapkan Semua Dokumen Penting

Siapkanlah dokumen-dokumen penting, seperti, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Mendatangi Kantor Dinas Koperasi dan UKM Sesuai Daerah Masing-Masing

Kemudian, datangilah kantor Dinas Koperasi dan UKM sesuai daerah masing-masing. Nantinya, Anda akan diberikan informasi detailnya tentang cara mendaftarnya. Selain mendatangi langsung Kantor Dinas Koperasi setempat, Anda juga bisa mendaftarkan UMKM Anda via online.

Kunjungi oss.go.id

Oss adalah sistem perizinan berbasis onlien yang memudahkan aktivitas-aktivitas UMKM. Jadi, UMKM tidak perlu lagi repot dalam mengurusi izinnya. Untuk mendapatkan izin, daftarkanlah UMKM Anda di website tersebut.

Melalui E-Form Bank

Bantuan UMKM biasanya disalurkan melalui Bank BRI. Oleh sebab itu, Anda bisa mengunjungi E-form yang disediakan oleh bank tersebut. Di E-form tersebut Anda dapat memeriksa status Anda apakah sudah termasuk ke dalam penerima bantuan atau belum.

Baca juga: UMKM: Pengertian, Klasifikasi, dan Program Bantuannya

Syarat Menjadi Penerima Bantuan

  • Warga Negara Indonesia,
  • Memiliki Identitas Diri,
  • Merupakan Pelaku Usaha Mikro,
  • Bukan ASN, TNI, atau Polri, dan
  • Mendapatkan Surat Rekomendasi dari Kantor Dinas Koperasi Setempat.

Sayangnya, kabar tidak menyenangkan datang pada awal tahun 2023 ini. Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengungkapkan bahwa tidak akan ada lagi BLT tahun 2023. Hal tersebut diungkapkannya dalam acara Refleksi dan Outlook 2023 di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Senin, 26 Desember 2022. 

Alasannya, UMKM dianggap sudah pulih dan cukup mampu untuk kembali survive. Akan tetapi, ia juga mengungkapkan bahwa akan selalu dilakukan evaluasi dan pemantauan.

Pada link e-form bank BRI bahkan terdapat pemberitahuan bahwa saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai bantuan yang disalurkan melalui bank BRI. Apabila nanti dibutuhkan, bisa saja bantuan tersebut akan diberikan kembali pada tahun 2023 ini. 

Penulis: Cahaya Muslim

Editor: Erlinda Sukmasari