Kabel roll seolah-olah menjadi benda yang sangat penting dalam hidup ini. Alasannya karena kabel tersebut sangat bermanfaat untuk menghidupkan alat elektronik. 

Selain itu, bermanfaat pula untuk mengisi daya ponsel serta laptop Anda. Oleh sebab itu, ketika kabel roll rusak, beberapa aktivitas menjadi terhambat. Daripada pusing memikirkan untuk membeli baru, cobalah untuk memperbaiki sendiri di rumah.

Tahukah Anda bahwa kabel roll yang rusak bisa diperbaiki sendiri? Anda bisa dengan mudah melihat banyak tutorial yang mengajarkan cara memperbaiki kabel itu sendiri. Cobalah lihat permasalahannya terlebih dahulu. 

Penyebab Kabel Roll Rusak

kabel roll
Kabel roll

Seperti diketahui, penyebab kabel roll yang rusak tentunya bermacam-macam. Ada yang indikator lampunya menyala, tetapi gagal mengalirkan listrik. Ada juga yang lampunya mati total, sampai lubang colokannya yang sulit dimasukkan.

Dengan mengetahui penyebab pastinya, Anda akan lebih mudah menemukan solusinya. Guna memastikan penyebabnya, bukalah sekrup bagian atas. Perhatikan, sebelum melakukan tindakan seperti itu, pastikan kabel milik Anda sudah tercabut dari colokan tertentu.

Jadi, Anda memastikan diri Anda agar aman dari tersetrum atau semacamnya. Bagaimanapun juga, kabel ini merupakan kabel yang bisa mengalirkan listrik. Berhati-hatilah sebelum melakukan tindakan perbaikan. 

Baca juga: 5 Strategi untuk Mendapatkan Pelanggan B2B

Cara Memperbaiki Kabel Roll Rusak

Setelah memastikan semuanya aman untuk melakukan tindakan perbaikan, lakukanlah cara-cara berikut untuk memperbaiki kabel Anda yang rusak.

Siapkan Perkakas

Hal paling awal yang harus dilakukan adalah menyiapkan perkakas atau alat untuk memperbaiki kabel yang rusak. Alat-alat yang dibutuhkan seperti obeng, tang, dan isolasi.

Kegunaan obeng untuk melepaskan sekrup-sekrup yang ada. Sementara itu, tang bisa digunakan untuk memotong atau merapikan kabel. Isolasi untuk menambal bagian kabel yang terkelupas.

Bukalah Casing Kabel Roll

Casing kabel roll dilengkapi dengan sekrup di setiap sisinya. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan obeng untuk membukanya.

Memastikan Semua Kabel Terhubung dengan Baik

Setelah casingnya terbuka, lihatlah kabel-kabel yang terhubung. Apakah semua kabel tersebut sudah terhubung dengan baik atau ada yang berbeda.

Biasanya, Anda akan melihat kabel yang terputus atau bahkan gosong terbakar. Hal tersebut menjadi penyebab kerusakan. Apabila memungkinkan, cobalah untuk menghubungkannya kembali.

Periksa Kabel Panjangnya

Apabila Anda melihat kabel di dalam casing baik-baik saja, cobalah periksa kabel panjangnya. Biasanya, kabel yang rusak disebabkan kabel panjang yang sudah terkelupas.

Anda bisa melihatnya dengan mudah menggunakan mata telanjang. Kabel yang rusak terlihat terkelupas dan ada bagian-bagian kabel yang terbuka. Solusinya adalah cobalah rapikan kabel yang terbuka itu dengan menggunakan isolasi. 

Periksa Steker atau Kepalanya

Terakhir, Anda bisa memeriksa pada bagian steker atau kepala colokannya. Lihatlah apakah ada karat atau colokan yang bengkok. Apakah colokannya longgar atau ada kejanggalan dari colokan tersebut. Kencangkan kembali semua yang longgar dengan tang.

Jadi, ketika kabel Anda rusak, hal yang perlu dilakukan adalah memeriksa semuanya secara keseluruhan. Periksa mulai dari bagian dalam terminalnya, kabel panjangnya, sampai colokannya.

Baca juga: 7 Tips Desain Dapur Ala Kafe dan Coffee Shop

Pastikan juga lubang tempat mencolok kabel Anda tidak rusak. Siapa tahu penyebab kerusakan ternyata ada pada lubang colokannya. Cara memastikannya, Anda bisa mencolok alat elektronik lain, seperti charge ponsel dan alat elektronik lainnya.

Hal tersebut akan menunjukkan secara jelas apakah kabel roll Anda bermasalah atau colokannya yang bermasalah. Indikatornya adalah ketika semua alat elektronik lain berfungsi dengan baik ketika dicolokkan. 

Namun, ternyata hanya kabel roll yang gagal menyala, artinya masalah ada pada kabel tersebut. Setelah memastikan itu, cobalah lakukan langkah-langkah di atas untuk menemukan penyebab mengapa kabel Anda rusak.

Penulis: Cahaya Muslim

Editor: Erlinda Sukmasari