Sudah tahu, cara memilih wadah plastik yang aman bagi kesehatan? Ternyata, tak semua kemasan plastik dapat digunakan untuk wadah makanan. Artikel ini akan menjelaskan pada Anda cara mengetahui wadah plastik yang aman bagi kesehatan. Selain itu, warnanya cantik dan menarik!

Wadah Plastik

wadah plastik
Wadah Plastik Claris

Salah satu kekhawatiran yang muncul dalam penggunaan kemasan plastik adalah kontaminasi. Bahan-bahan kimia yang ada pada plastik dapat mengontaminasi makanan. Hal ini dapat terjadi akibat paparan suhu tinggi pada plastik.

Itulah mengapa, jika Anda membutuhkan tempat plastik, Anda perlu mencari yang terbukti aman. Biasanya, wadah yang aman memiliki label food grade. Artinya, wadah tersebut aman digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman. 

Baca juga: Ing Pawon, Jamu Tradisional dan Autentik dengan Kemasan Modern

Anda juga dapat mengetahui tingkat keamanan kemasan plastik dari angka. Angka atau kode ini biasanya muncul pada bagian bawah wadah. Berikut ini adalah angka yang muncul pada kemasan plastik yang aman untuk makanan.

  • Low Density Polyethylene

Plastik LDPE biasanya ditandai dengan angka 4. Plastik ini digunakan untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol lembek. Bahannya kuat, tembus pandang, dan fleksibel.

  • Polypropilene

Plastik PP biasanya ditandai dengan angka 5. Plastik ini umumnya digunakan untuk tempat makan, tempat minum, dan botol susu bayi. Bahannya kuat, ringan, tembus padang, dan tahan suhu tinggi.

Selain dua jenis plastik di atas, umumnya Anda perlu mempertimbangkan wadah berlabel BPA Free. Artinya, wadah tersebut bebas dari BPA (Bisphenol A). Bahan ini dapat terurai dan mengontaminasi makanan atau minuman Anda. Akibatnya, bahan ini masuk ke tubuh dan dapat memengaruhi otak.

Claris, Wadah Plastik yang Aman

wadah plastik claris
Wadah plastik Claris BPA Free

Jika Anda membutuhkan wadah plastik yang aman bagi kesehatan, Klaris jawabannya. Selain sudah memiliki label BPA Free, produk plastik Klaris terbuat dari polypropilene (PP). Sehingga penggunaannya aman untuk Anda dan keluarga. Bahkan, kemasan plastik Klaris dapat digunakan untuk memanaskan makanan di microwave.

Claris adalah brand plastic houseware di bawah naungan PT Kirana Pasific Luas. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1996. Claris adalah merek lokal seperti halnya Onyx, Lion Star, Green Leaf, dan Technoplast. 

Produk yang diproduksi Claris beragam mulai dari kotak makan, ember, kabinet, hingga keranjang. Warna-warnanya cantik dan mencolok. Ada empat warna utama dari produk Claris yaitu toska, magenta, hijau, dan oranye. 

Baca juga: Manisnya Bisnis Kembang Gula PT Pusan Manis Mulia

Sebagai manufaktur, produksi plastic houseware Claris sudah masuk skala besar. Produk-produk Claris dapat dengan mudah Anda temukan di seluruh Indonesia di berbagai retail. Selain itu, Claris juga menerima pesanan private label. Ingin memesan produk Claris dalam jumlah besar? Anda dapat menghubungi Claris di sini.