Sebagai pelaku bisnis Anda tentunya sudah pernah mendengar istilah Customer Relationship Management. Dari namanya bisa diketahui jika istilah ini berkaitan dengan pengelolaan pelanggan.

Seperti yang Anda tahu, produk berkualitas saja tidaklah cukup untuk mewujudkan kesuksesan bisnis. Harus dibarengi dengan adanya pengelolaan pelanggan. Ini mengapa CRM sangat penting bagi bisnis. Bagi Anda yang saat ini sedang mempertimbangkan implementasi CRM dalam bisnis Anda, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Customer Relationship Management 

customer relationship management
Customer relationship management

Inaproduct – Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi bisnis untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan komunikasi dan penjualan. Oleh karena itu, CRM menjadi penting bagi suatu bisnis. 

Sayangnya, masih banyak pemilik bisnis yang merasa belum membutuhkan CRM. Akibatnya, mereka belum menerapkannya. Padahal, data Finstack mengungkapkan bahwa implementasi CRM dapat meningkatkan penjualan sebanyak 29%. Bahkan meningkatkan akurasi perkiraan penjualan hingga 32%.

Manfaat Customer Relationship Management Bagi Bisnis

Manfaat CRM memiliki beberapa manfaat sebagai berikut. 

Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

CRM memberikan data yang berisi informasi detail tentang kebutuhan prospek dan pelanggan. Semua informasi tersebut dapat membantu Anda memahami kebutuhan pelanggannya secara lebih baik. Dari sini Anda dapat memberikan layanan terbaik bagi konsumen. Tentunya hal ini mampu membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Selain itu, perusahaan juga akan memiliki “daftar keluhan” yang dapat digunakan oleh customer service. Dari laporan berisi keluhan dan solusinya inilah, customer service dapat mempelajarinya. Dampaknya adalah mengurangi potensi konflik dengan konsumen.

Meningkatkan Penjualan 

Dengan CRM pelaku bisnis dapat membuat dan mengirim email berisi

  • Promosi,
  • Newsletter, dan
  • Penawaran spesial.

Isinya dapat disesuaikan dengan preferensi pelanggan Anda. Sistem CRM biasanya memiliki fitur untuk mempersonalisasi email marketing.

Hal ini membuat pelaku bisnis dapat mengatur pesan seperti apa yang akan dikirimkan  kepada pelanggan. Notifikasi email tersebut dapat menjadi pengingat bagi pelanggan agar membeli produk Anda kembali. Inilah alasan mengapa sistem CRM bermanfaat untuk meningkatkan penjualan. 

Baca juga: Ini 5 Tanda Pelanggan Akan Pergi Meninggalkan Anda

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan 

CRM memungkinkan pelaku bisnis untuk bisa memanfaatkan informasi pelanggan, baik dari

  • Call center,
  • Website,
  • Media sosial, dan
  • Sales.

Tujuannya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan sehingga meningkatkan loyalitasnya. Pelanggan yang merasa puas cenderung akan kembali lagi untuk repeat order. Pembelian yang berulang menunjukkan bahwa pelanggan tersebut loyal dengan produk Anda.

Meningkatkan Efektivitas Pelayanan

Manfaat CRM dalam meningkatkan efektivitas pelayanan dapat dijumpai ketika salah satu staf customer service mengalihkan percakapan kepada staf lain yang jauh lebih ahli. Nantinya riwayat percakapan dapat dipelajari langsung oleh staf yang baru saja mendapat pengalihan konsumen ini. Staff yang sebelumnya menangani tidak perlu menjelaskan dari awal.

Mengurangi Biaya Operasional 

Dengan CRM, tim penjualan dapat menjadwalkan pertemuan dengan prospek yang berada di wilayah geografis yang sama. Tim customer service juga bisa lebih mudah mengatasi masalah atau keluhan pelanggan.

Bahkan CRM membantu mengotomatiskan bisnis secara keseluruhan. Dengan demikian, Anda dapat merampingkan proses bisnis dan menghemat biaya. Anda juga tak butuh banyak karyawan untuk menjalankan bisnis dan menyelesaikannya.

Baca juga: Buat Pelanggan Ketagihan Belanja dengan 8 Metode Pembayaran yang Memudahkan

Meningkatkan Time to Market

Bisnis yang menerapkan CRM, akan memiliki data tren pembelian produk. Hal ini bisa membantu bisnis untuk menngembangkan produknya. Anda pun dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan up-selling dan cross-selling.

Ternyata ada banyak manfaat CRM bagi suatu bisnis. Anda patut mempertimbangkan penggunaan CRM. Apalagi jika saat ini bisnis Anda telah memiliki banyak customer. CRM akan membantu  membuat customer tersebut menjadi pelanggan setia Anda.

Penulis: Merita Ratih

Editor: Erlinda Sukmasari