Pernah mendengar istilah discovery call? Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah akuisisi pelanggan baru, yakni proses menarik lead menjadi pelanggan.  Untuk menarik lead-lead tersebut, maka perusahaan bisa mengandalkan  discovery call.

Sebelum mulai melaksanakan discovery call,  cari tahu dulu mengenai pengertian dan manfaat discovery call. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Pengertian Discovery Call

discovery call
Discovery call

Inaproduct – Discovery call adalah percakapan pertama dalam bisnis melalui panggilan telepon. Percakapan ini antara tim sales dengan lead atau prospek setelah mereka menunjukkan minat pada produk perusahaan. Ya, discovery call hanya fokus pada lead yang sudah menunjukkan ketertarikan mereka.

Harapannya, dengan adanya inisiatif perusahaan yang coba ditunjukkan melalui panggilan telepon, bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan pelanggan setia. 

Melalui percakapan ini perusahaan juga dapat menggali informasi dari prospek terkait produk. Misalnya, apakah produk perusahaan telah sesuai dengan pain point  serta market orientation. Pasalnya, riset dari Sales Insight Lab menunjukkan bahwa 50% dari prospek tidak memiliki kebutuhan yang sesuai dengan produk bisnis perusahaan.

Baca juga: Apa Itu Customer Relationship Management dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis?

Manfaatnya dalam Bisnis

Memberikan Informasi Lebih Detail pada Prospek Terkait Produk

Umumnya prospek yang sudah menaruh minat pada produk, belum mengetahui kelebihan produk. Cara ini bisa jadi kesempatan Anda untuk mengenalkan produknya lebih lengkap. Mulai dari manfaat, fitur, harga, keunggulan produk, bahkan membandingkannya dengan milik kompetitor.

Anda juga bisa meyakinkan prospek merasa bahwa produk Anda bisa menjadi solusi. Usaha yang Anda lakukan untuk mengenalkan produk membuat prospek mempertimbangkan produk tersebbut. Jika produk yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhannya, prospek akan bersedia membelinya. Tentunya ini akan memberikan peluang yang besar untuk kemajuan bisnis.

Efisien Waktu dan Praktis Dilakukan 

Proses bisnis ini lebih efisien waktu dan praktis. Bandingkan jika Anda harus mendatangi prospek satu per satu untuk follow up. Belum tentu prospek memiliki waktu yang sama dengan perusahaan yang menawarkan. 

Selain itu, prospek terkadang enggan kontak langsung. Sebagian besar dari mereka justru memilih diskusi dilanjutkan melalui telepon. Hal itu lebih baik daripada bertemu secara langsung.

Meningkatkan Peluang Penjualan

Konsumen yang Anda coba hubungi bukan sembarang konsumen, tapi konsumen potensial. Mereka adalah orang yang kemungkinan besar mau mendengarkan dan akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.  Jadi, kemungkinan Anda mendapatkan konsumen lebih tinggi daripada asal promosi. Ini artinya discovery call mampu meningkatkan peluang produk terjual. 

Menciptakan Hubungan Baik dengan Pelanggan

Dalam bisnis, hubungan yang baik antara perusahaan dan prospek bisa terjaga melalui discovery call. Meskipun pada akhirnya proses jual beli tak terjadi, mereka bisa saja berubah pikiran. Mereka dapat melakukan pembelian di lain waktu.

Dari sisi penjual, mereka sudah tahu apa yang calon konsumen butuhkan dan bisa jadi evaluasi. Biasanya sales person dari perusahaan tetap akan memberikan update penawaran walaupun transaksi jual beli tak terjadi.  

Baca juga: Ingin Menjadi Eksportir? Cek Website Ini untuk Tahu Regulasinya!

Mempercepat Deal

Pada proses discovery call, penjual bisa mengenalkan lebih jauh mengenai produk yang ia miliki Lalu membandingkannya dengan produk yang dicari konsumen. Dari sisi konsumen juga bisa menceritakan apa yang mereka butuhkan dan standar mereka.

Dari sini perusahaan atau penjual bisa tahu persis apa yang konsumen inginkan. Akhirnya, proses deal menjadi lebih cepat.

Penulis: Merita Ratih

Editor: Erlinda Sukmasari