Kamu pebisnis yang serius ingin masuk pasar B2B? Inilah kesempatan emas bagi bisnismu untuk dikenal oleh 5000 buyer B2B potensial lewat Inaproduct Expo.

Inaproduct Expo 2023 Hadir di Bulan Juli

Inaproduct, platform yang membantu kamu berbisnis lebih mudah, akan menyelenggarakan Inaproduct Expo 2023. Pameran B2B skala nasional ini akan dihadiri oleh 5000 buyer potensial dari berbagai industri.

Acara ini didukung oleh Kementerian Koperasi & UKM, SMESCO, dan Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Penyelenggaraan Inaproduct Expo 2023 bertujuan untuk

  • Mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan transaksi di pasar B2B
  • Mendukung perkembangan bisnis lokal dengan mempertemukan buyer dan seller pasar B2B
  • Memberdayakan UMKM dengan memberikan akses bisnis lebih luas di pasar B2B

Inaproduct Expo 2023 adalah kesempatan emas untuk memperkenalkan bisnismu lebih luas. Selain pameran, kamu punya kesempatan untuk ikut business matching. Kamu berpotensi untuk mendapatkan kerja sama dengan

  • Distributor,
  • Retail,
  • Horeka
  • Agen, hingga
  • Eksportir.

Kesempatan ini, sayang kan untuk dilewatkan? Hubungi customer service kami untuk mendaftar bisnismu.

Mengapa Pebisnis Perlu Mengikuti Pameran?

Banyak pebisnis pemula fokus jualan saja. Padahal, kamu juga perlu memikirkan tentang branding. Misalnya cara agar

  • Brand kamu lebih dikenal
  • Produkmu lebih diingat oleh pelanggan dibanding produk kompetitor
  • Jangkauan pasarmu Anda lebih luas
  • Kamu mendapatkan leads yang potensial dan dapat membeli dalam jumlah besar

Sayangnya, keempat hal di atas sulit dilakukan. Kamu terkendala biaya, waktu, dan keahlian. Namun, ada satu solusi yang dapat kamu lakukan. Yaitu mengikuti pameran. Ini beberapa alasan kenapa kamu harus ikut pameran.

Targetnya Jelas

Visitor pameran B2B adalah buyer yang siap membeli dalam partai besar. Mereka memiliki tujuan untuk datang ke pameran yaitu menemukan produk yang cocok untuk dijual kembali. Mereka siap membantu produkmu menjangkau pasar yang lebih luas!

Umumnya, visitor pameran B2B adalah distributor, agen, retail, horeka, hingga eksportir. Mereka sudah sangat memahami selera pasar dan tahu kebutuhan end user. Melalui merekalah, produkmu akan sampai ke tangan end user.

Meningkatkan Brand Awareness

Ikut pameran bikin produk dan brand-mu dikenal oleh lebih banyak orang. Apalagi, kalau vitisitor pamerannya sesuai dengan target market. Kamu bisa meningkatkan brand awareness bisnismu, deh!

Selain itu, kamu juga bisa mengetes pasar. Kamu dapat mendengar pendapat visitor pameran tentang produkmu sebelum menjualnya lebih luas.

Memperluas Networking

Salah satu hal utama dalam berbisnis B2B adalah koneksi. Dengan ikut pameran, kamu bisa memperluas networking. Kamu jadi mengenal pemain-pemain besar di industrimu. Selain itu, kamu juga jadi mengenal kompetitor dan orang-orang yang potensial untuk menjadi mitra.

Mendapatkan Leads Potensial

Selama ini, bagaimana cara kamu mengumpulkan leads? Apakah dengan menawarkan produk secara door to door dan beriklan? Atau, melakukan cold calling? Kalau melakukannya tanpa strategi, jelas buang waktu dan tenaga.

Kamu bisa mendapatkan banyak leads potensial lewat pameran B2B. Pengunjungnya adalah orang-orang yang memang mau berbisnis. Mereka datang untuk mencari produk yang sesuai.

Manfaatkan kesempatan ini untuk menarik perhatian sebanyak mungkin calon buyer. Selalu siapkan brosur dan kartu nama untuk kamu berikan pada leads potensial. Percaya diri dan ajaklah sebanyak mungkin orang berkenalan. Kesempatanmu mendapat kontrak kerja sama jadi makin besar!

Lebih Mengenal Kompetitor

Siapa kompetitormu? Seberapa bagus produknya dibandingkan produkmu? Dalam berbisnis, penting untuk selalu mengetahui perkembangan kompetitor. Hati-hati, kamu mungkin terlalu percaya diri dengan menganggap produkmu sudah bagus!

Sayangnya, kamu akan sulit memata-matai kompetitor jika tak melihat secara langsung. Dengan ikut pameran, kamu jadi tahu siapa saja kompetitor kuat dalam kategori produk yang sama. Kamu juga jadi tahu seberapa bagus produknya dan bagaimana pendapat buyer tentangnya.

Bagaimana Memilih Pameran yang Harus Kamu Ikuti?

Ada beberapa tips dalam memilih pameran yang harus kamu ikuti yaitu

  • Sesuai dengan budget,
  • Sesuai dengan target market, dan
  • Sesuai dengan strategi pemasaranmu.

Contohnya, jika kamu ingin serius masuk ke pasar B2B, Inaproduct Expo 2023 adalah jawabannya. Pameran ini fokus pada pasar B2B. Target marketnya adalah orang-orang yang siap berbisnis dan melakukan pembelian skala besar.

Perlu kamu ketahui bahwa member Inaproduct mendapatkan diskon untuk mengikut pameran ini. Berikut ini adalah daftar harga booth di Inaproduct Expo 2023.

Paket BoothJenis BoothUkuran BoothHarga PublishHarga Member Inaproduct
Paket A (siap pakai)Standard3m x 2m Rp25.000.000Rp18.750.000
Paket B (siap pakai)Standard3m x 3mRp35.000.000Rp26.250.000
Paket C (bangun sendiri)Space only3m x 3 mRp29.000.000Rp21.750.000
Harga booth Inaproduct Expo 2023 (belum termasuk pajak 11%)

Kesalahan yang Perlu Kamu Hindari Ketika Ikut Pameran

Supaya kamu sukses ikut pameran, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Mengirim Sales atau Staf yang Kurang Pengalaman

Beberapa pebisnis menganggap remeh tugas untuk menjaga booth ketika pameran. Akhirnya, mereka mengirimkan sales atau staf yang kurang pengalaman. Padahal, orang yang mengikuti pameran haruslah memiliki pengetahuan produk yang bagus.

Merekalah yang akan berhadapan langsung dengan leads potensial. Jika mereka tak mampu menarik perhatian calon buyer, kamu akan sulit untuk closing. Karena itu, kirimkanlah orang yang memiliki product knowlegde bagus. Orang ini juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang bagus dan berpakaian yang sesuai.

Kurang Stok Sampel dan Brosur

Ingat, calon buyer perlu melihat langsung produk tersebut. Mereka ingin melihat, meraba, atau mencium aromanya. Siapkan jumlah sampel yang cukup untuk dibagikan. Jika produk kamu berukuran besar, calon buyer harus dapat melihat dan merasakannya langsung.

Cetak brosur dalam jumlah yang banyak. Biarkan calon buyer dapat membaca-baca sendiri atau melihat foto produk kamu dengan jelas.

Rajin Melakukan Follow Up

Setelah pameran selesai, segera buat database calon buyer yang kamu dapatkan. Hubungi satu per satu dan lakukan follow up. Semakin cepat kamu menghubungi mereka, semakin besar peluang kerja sama terjadi. Soalnya, ingatan mereka tentang bisnis kamu masih fresh!

Promosikan Kehadiranmu di Pameran

Informasikan kepada follower media sosial bahwa bisnismu ikut pameran. Kamu juga dapat posting di Whatsappa. Kalau perlu, kontak database konsumenmu dan informasikan bahwa kamu hadir di sebuah pameran. Biarkan banyak orang tahu agar mereka yang tertarik bisa hadir ke booth-mu.

Tarik Perhatian Pengunjung

Kamu bisa membuat kuis atau giveaway agar booth-mu menarik perhatian pengunjung. Latih kepercayaan dirimu untuk bicara depan banyak orang. Selain itu, selalu tersenyum dan sapa tiap pengunjung yang lewat. Buat agar booth-mu terlihat berbeda sehingga lebih mencolok dari booth lain di sekitarnya.

Siap untuk Ikut Inaproduct Expo 2023?

Daftarkan bisnismu untuk hadir pada 5-7 Juli 2023 di SMESCO Jakarta pukul 10.00-17.00 WIB. Kami tunggu, ya!