Anda tak suka minum jamu karena rasanya pahit atau baunya langu? Atau, Anda sulit menemukan jamu yang autentik? Jika iya, saatnya Anda mencoba mengonsumsi Ing Pawon. Ing Pawon adalah jamu tradisional dengan cita rasa autentik yang kemasannya modern.

Jamu Tradisional dan Autentik Ing Pawon

jamu tradisional
Jamu tradisional Ing Pawon

Ing Pawon sebenarnya memiliki arti ‘di dapur’. Nama yang terdengar sederhana tersebut justru berkebalikan dengan kiprah Ing Pawon. Brand jamu dan minuman rempah ini berhasil memasuki etalase supermarket kelas atas. Bahkan, Ing Pawon juga masuk di restoran dan hotel bintang lima.

Pendirinya adalah Agnes Sukenty Niken, seorang ibu yang sangat suka minum jamu. Agnes sering membuat jamu untuk anak-anak dan suaminya. Ia merasa belum menemukan jamu dengan cita rasa yang pas di Jakarta. Kalaupun ada, jamunya terlalu kental dan pahit. Tak nikmat diminum.

Karena itulah, Agnes rajin membuat jamu sendiri untuk dikonsumsi. Namun, ia membuat stok terlalu banyak. Ia pun membagikannya secara gratis pada para orang tua murid di sekolah anaknya. Lambat laun, para orang tua murid ini menolak pemberian jamu gratis. Mereka ingin membeli saja.

Agnes pun menjual jamu-jamu tersebut. Dalam tiga bulan, jamunya terjual 1000 botol! Usaha rumaha yang awalnya tak direncanakan ini malah sukses besar. Ia pun mulai membuat label, merekrut tenaga kerja, dan menyiapkan rumah produksi.

Baca juga: Bumbu Masak Siap Pakai Sehat dan Nikmat Ala d’ Pesisir

Jamu Tradisional Ready-to-Drink

Data menunjukkan bahwa pasar minuman ready-to-drink (RTD) bernilai 89 miliar dolar pada 2021. Angka ini diprediksi terus meningkat hingga 141,85 miliar dolar pada 2029. Pasar RTD dalam negeri sendiri juga terus menggeliat naik. Ada delapan kategori besar yaitu

  • Minuman berenergi,
  • Minuman isotonik,
  • Teh siap minum,
  • Kopi siap minum,
  • Jus siap minum,
  • Susu siap minum,
  • Minuman berkarbonat, dan
  • Air minum dalam kemasan.

Meski jamu belum termasuk kategori di atas, tren jamu RTD pun mulai naik. Sido Muncul, salah satu pemain terbesar dalam industri jamu lokal mengamini hal ini. Sido Muncul telah meluncurkan produk jamu dan minumal herbal RTD.

Kehadiran Ing Pawon pun turut meramaikan pasar minuman RTD dengan produk jamu dan rempahnya. Ing Pawon memastikan bahwa produk jamunya sehat, berkhasiat, dan nikmat. Selain itu, jamu-jamunya menggunakan resep tradisional sehingga dijamin autentik.

Inovasi Jamu Bubuk, Sirup, dan Celup

Pernah dengar tisane? Tisane adalah minuman yang bukan terbuat dari daun teh. Namun, seperti layaknya teh, tisane adalah minuman seduh. Bahkan tisane juga dikemas dalam bentuk kantong celup. Ing Pawon membuat inovasi jamu instan dalam wujud celup.

Contohnya adalah Wedang Celup Campur Sari Ing Pawon. Biasanya, ketika Anda membeli wedang di pasaran, proses meminumnya agak repot. Wedang ini harus diseduh dengan penyaring agar ampasnya tak masuk ke mulut saat diminum.

Dengan kemasan celup, wedang atau tisane ini jadi lebih mudah dikonsumsi. Tisane ini juga diciptakan untuk penderita diabetes. Sebab, berbeda dengan varian lain, tisane tak mengandung gula. 

Baca juga: Imago Raw Honey: Madu Asli, Alami, dan Bernutrisi

Satu kemasan tisane berisi 10 kantong celup yang artinya untuk 10 kali minum. Begitu pula jamu bubuk dan sirupnya, bisa untuk 10 kali minum. Inilah yang membedakan Ing Pawon dengan brand jamu tradisional lainnya. Anda bisa menikmati jamu dengan cara sesukanya.

Jamu sirup dapat Anda nikmati dengan cara dilarutkan. Selain dengan air putih, jamu sirup ini dapat Anda larutkan dengan kopi dan teh. Dicampur yoghurt, Yakult, dan soda juga bisa! Rasanya tetap enak karena sudah memiliki pemanis dari gula aren.

Begitu pula jamu bubuk yang dapat Anda larutkan sesuai selera. Apalagi, Ing Pawon juga memiliki variasi jamu yang beragam. Anda tinggal pilih dan meminumnya. Ini beberapa varian jamu dari Ing Pawon yang dapat Anda coba

  • Bir pletok,
  • Wedang uwuh,
  • Jahe rempah,
  • Temulawak,
  • Kunyit asam,
  • Rosela,
  • Bunga telang,
  • Beras kencur,
  • Dan lain-lain.

Menurut Agnes, total produknya memiliki lebih dari 50 varian. Produk-produk Ing Pawon sendiri sudah memiliki sertifikasi P-IRT, BPOM, dan halal. Jika Anda membutuhkan supplier jamu tradisional dengan sentuhan modern, Ing Pawon jawabannya. Anda dapat menghubungi Ing Pawon di sini.