Apakah Anda ingin sukses memulai bisnis? Memulai bisnis, bagi sebagian orang merupakan momok menakutkan. Cari tahu cara sukses memulai bisnis Anda di sini.

Tips Sukses Memulai Bisnis

Tentukan Dulu Bisnisnya

Pernah dengar, kalau pekerjaan paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar? Inilah mengapa banyak orang memutuskan mulai berbisnis karena dorongan passion. Dengan menekuni bisnis dari hati, Anda akan sepenuh jiwa mengerjakannya.

Anda juga dapat menghindari rasa bosan atau cepat menyerah ketika menjalankan bisnis. Selain itu, Anda pun dapat lebih inovatif karena memahami betul bidang tersebut.

Jadi, sebelum memulai bisnis, cari tahu dulu hal yang paling Anda suka. Jika Anda suka memasak, Anda dapat mempertimbangkan berbisnis kuliner.

Lakukan Riset

Memulai bisnis tanpa riset adalah kesalahan besar. Passion saja belum cukup. Anda juga perlu mengetahui kondisi pasar. 

Perhatikan juga supply dan demand-nya di pasar. Anda bisa menggunakan tiga pertanyaan ini sebagai pemandu awal.

  • Apakah ada permintaan dari pelanggan? 
  • Apakah pasarnya besar? 
  • Apakah ada kompetitor yang sudah menjalankan ide bisnis itu lebih dulu?

Riset ini disebut juga sebagai analisis peluang usaha. Ini penting agar Anda tahu kelebihan, kekurangan, peluang, dan tantangan dari sebuah peluang usaha. Salah satu cara melakukan riset adalah dengan melakukan analisis SWOT.

Jika bisnis Anda menawarkan produk, bukan jasa, Anda juga perlu mengetahui siklus hidup produk. Artinya, ini adalah jangka waktu hidup sebuah produk.

Siklus ini wajar dialami dan sudah seharusnya Anda pahami. Tujuannya agar Anda dapat melakukan antisipasi ketika masyarakat sudah bosan dan penjualan mengalami penurunan.

Perbanyak Relasi

Tahukah Anda, siapa calon pelanggan pertama dari bisnis Anda? Tentu saja orang-orang terdekat Anda. Karena itulah, sebagai pebisnis, Anda perlu memperluas relasi. Terutama relasi dengan sesama pebisnis.

Ketika memperkenalkan diri, tak perlu malu untuk memperkenalkan bisnis Anda juga. Ikutilah berbagai komunitas bisnis sehingga bisnis Anda lebih dikenal. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis. Kalau perlu, Anda dapat beriklan.

Relasi dengan sesama pebisnis dapat membuka peluang baru. Ini memudahkan Anda untuk masuk ke pasar B2B. Pasar B2B lebih dipilih oleh sebagian pebisnis karena potensi keuntungannya lebih besar. Sebab, Anda menjual produk dalam skala besar.

Rencanakan Modal Hingga Harga Jual Produk

Keuangan merupakan faktor utama dalam sebuah bisnis. Jika kehabisan modal, bisnis dapat gulung tikar! Pertama, Anda perlu menyiapkan dulu modalnya. Modal bisa Anda dapatkan dari

  • Menabung,
  • Pesangon kerja,
  • Meminjam kepada keluarga, atau
  • Meminjam ke bank.

Jika meminjam ke bank, Anda dapat memanfaatkan program KUR (Kredit Usaha Rakyat). Anda dapat menggunakan program ini untuk mendapatkan bantuan modal usaha. 

Cari tahu jumlah modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis Anda. Hitung perkiraan kapan Anda balik modal beserta harga jual produk. Harga jual produk dapat Anda tentukan melalui biaya produksi. Estimasikan juga waktu ketika Anda mencapai BEP (Break Event Point).

Strategi Pemasaran

Selanjutnya, pikirkan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda. Anda dapat memanfaatkan KOL (key opinion leader), membagikan sampel gratis, hingga beriklan. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan tergantung modal dan kreativitas.

Ingat, tanpa strategi pemasaran yang tepat, produk Anda akan sulit dikenal. Anda perlu membuat produk dikenal dulu agar mendapatkan pembelinya.

Nah, itu dia tips-tips memulai bisnis yang perlu Anda ketahui. Dari semua tips tersebut, cara mana saja yang sudah Anda terapkan? Semoga bermanfaat!