Ini 9 inspirasi usaha rumahan untuk pemula tanpa pengalaman bisnis. Cocok untuk Anda yang sedang mencari peluang usaha bermodal minim dan mudah memulainya.

Inspirasi Usaha Rumahan untuk Pemula

Inaproduct – Perkembangan teknologi dan digital membantu kita dalam membangun bisnis atau UMKM. Terlebih lagi, Anda dapat membangun bisnis dimana saja atau bahkan di rumah Anda sendiri. 

Saat ini, ada banyak pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dengan usaha rumahan. Kini stigma membangun bisnis perlu memerlukan puluhan juta sudah hampir hilang. Sebab, pada masa ini Anda dapat memulai bisnis dengan sederhana, yaitu di rumah Anda sendiri. 

Kemudahan dalam membangun bisnis inilah yang menjadikan banyak orang Indonesia memiliki minat besar dalam berwirausaha. Ada berbagai manfaat yang Anda dapatkan ketika memiliki usaha rumahan

  • Tak perlu terjebak macet dalam perjalanan ke kantor,
  • Jam kerja yang fleksibel,
  • Mengerjakan sesuatu sesuai passion atau yang disukai, dan
  • Punya kesempatan untuk banyak belajar.

Apalagi ternyata, mayoritas orang Indonesia memiliki minat besar dalam berwirausaha. Hal ini ditunjukkan dalam Survei Kewirausahaan 2019 yang diadakan oleh Herbalife Nutrition. 

Survey yang melibatkan 9 negara Asia Pasifik yaitu

  • Hong Kong, 
  • Indonesia, 
  • Jepang, 
  • Malaysia, 
  • Filipina, 
  • Singapura,
  • Korea Selatan, dan 
  • Thailand

Hasilnya, responden Indonesia memiliki mimpi yang kuat untuk membuka bisnis sendiri. Nah, apakah Anda juga memiliki anggapan dan mimpi yang sama? Jika iya, maka berikut ini adalah 9 inspirasi usaha rumahan untuk pemula tanpa pengalaman bisnis.

Baca juga: 7 Ide Jualan Takjil Ramadhan yang Selalu Laku

Usaha Rental

Apa yang terpikirkan dalam benak Anda ketika mendengar kata rental? Apakah rental motor, mobil dan PlayStation?

Ketika barang tersebut memang berpotensi besar untuk di rentalkan. Namun, jika Anda tak memiliki barang-barang tersebut untuk di rentalkan. Anda bisa mencari barang koleksi lainnya. Misalnya seperti buku, komik, dan sebagainya.

Agen Pulsa Online

Inspirasi usaha rumahan selanjutnya adalah agen pulsa online. Agen pulsa identik dengan kios pulsa. Akan tetapi, menjadi agen pulsa bisa dilakukan secara online, tanpa perlu memiliki kios.

Usaha rumahan yang satu ini tak memerlukan banyak modal. Anda dapat mencari distributor pulsa yang berkualitas. Hal ini dikarenakan distributor pulsa menentukan kepuasan pelanggan Anda.

Katering Rumahan

Menurut survei Snapcart mengenai tren masakan rumahan, 63% responden berencana memulai bisnis makanan sendiri. Pencarian ide bisnis makanan meningkat hingga 250% di Google Trend. Artinya, memulai bisnis katering atau makanan menjadi inspirasi usaha rumahan sangat menjanjikan.

Usaha Frozen Food

Inspirasi usaha rumahan berikutnya adalah Frozen Food atau makanan beku. Untuk menjadi agen frozen food, Anda dapat menyiapkan makanan atau cemilan apa yang ingin dijual. Lalu, Anda bisa menyiapkan freezer untuk menyimpan stok barang.

Jasa Laundry

Jasa laundry merupakan inspirasi usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi, jika Anda menargetkan wilayah perumahan warga yang memiliki mobilitas tinggi. Contohnya seperti pusat perkantoran, dekat area kampus, atau perumahan.

Usaha Jual Pakaian

Tren model pakaian yang selalu berubah dan berkembang setiap waktu. Artinya, membangun usaha jual pakaian memiliki peluang usaha yang tinggi. 

Anda perlu menentukan model pakaian apa yang ingin dijual. Kemudian, cari supplier terbaik agar mendapatkan harga lebih terjangkau. Anda juga bisa mencari dropshipper atau reseller untuk bisnis Anda.

Baca juga: 20 Rekomendasi Menu Takjil Buka Puasa Terfavorit

Dropshipping dan Reseller

Menjadi dropshipper atau reseller dapat Anda coba karena minim modalnya. Anda dapat mencari tahu agen dropship dan reseller yang berkualitas. Penting bagi Anda bekerjasama dengan agen dropship dan reseller yang baik dan berkualitas. Sebab, hal tersebut menentukan kualitas produk dan layanan Anda.

Usaha Aksesoris

Kini barang-barang aksesoris sangatlah beragam. Mulai dari aksesoris wanita, pria hingga aksesoris untuk barang. Contohnya seperti casing smartphone, dekorasi rumahan, dan sebagainya.

Cari tahu tren aksesoris yang dibutuhkan untuk menunjang gaya hidup atau kegiatan sehari-hari. Misalnya, jepitan rambut yang saat ini dibutuhkan kaum hawa untuk beraktivitas. Atau kacamata yang mendukung gaya berpakaian dan sebagainya.

Jasa Cuci Sepatu

Jasa cuci bukan hanya pakaian saja. Namun, jasa cuci sepatu juga bisa. Ada banyak orang yang gemar menjadi kolektor sepatu. Apalagi, sepatu merupakan kebutuhan utama masyarakat saat ini. Nah sedikit tips bagi Anda yang ingin memulai jasa cuci sepatu. Berikut ini adalah tipsnya

  • Ketahui dan pelajari jenis sepatu,
  • Siapkan peralatan cuci sepatu, dan
  • Pelajari cara merawat berbagai jenis sepatu.

Nah, demikianlah 9 inspirasi usaha rumahan untuk pemula tanpa pengalaman bisnis. Ingatlah bahwa promosi online untuk usaha rumahan sangatlah diperlukan. 

Penulis: Shabana Azzahra

Editor: Erlinda Sukmasari