Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mengetahui istilah ekspor impor. Hal tersebut sangat penting untuk perkembangan bisnis Anda.

30 Istilah Ekspor Impor

Inaproduct – Seperti diketahui, kegiatan ekspor impor merupakan kegiatan bisnis yang jangkauannya sampai luar negara. Artinya, bisnis Anda bisa meningkat, baik dari segi keuntungan maupun target pasarnya.

Namun, sebelum melakukan kegiatan tersebut, ada istilah-istilah yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memperlancar ekspor impor Anda. 

Bea Ekspor Impor

Bea maksudnya adalah pajak yang dikenakan pada saat ekspor impor. Ada barang-barang tertentu yang terkena bea. Jadi, setiap barang yang masuk atau keluar negeri, itu semua ada pajaknya.

Cost and Freight (CNF)

Arti cost and freight adalah biaya pengiriman yang dibebankan kepada eksportir. Namun, biaya tersebut tidak termasuk asuransi di perjalanan.

Cost, Insurance, and Freight (CIF)

Sama dengan CNF, tetapi memiliki perbedaan pada bagian asuransi. CIF ini merupakan biaya pengiriman yang dibebankan kepada eksportir. Namun, CIF ini juga menanggung asuransi selama perjalanan.

Free On Board (FOB)

FOB adalah istilah untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab atas pengiriman barang. Apakah biaya pengiriman serta risiko yang kemungkinan terjadi ditanggung penjual ataupun pembeli. 

Delivered at Place

Maksud dari delivered at place adalah tanggung jawab penjual untuk mengirimkan barang sampai ke tempat tujuan yang telah disepakati.

Marine Open Policy

Arti marine open policy adalah jenis asuransi pengiriman barang yang menawarkan selama periode satu tahun.

Free Alongside Ship

Istilah yang digunakan untuk penyerahan barang di samping kapal pada pelabuhan tujuan. Setelah barang diserahkan oleh penjual, semua itu akan menjadi tanggung jawab pembeli.

Certificate of Origin (COO)

Disebut juga sebagai surat keterangan asal. Artinya, sebuah produk di sertifikat ini dinyatakan berasal dari daerah atau negara mana barang itu diekspor.

Embargo

Artinya adalah pelarangan lalu lintas barang antarnegara. Jadi, eksportir tidak diperbolehkan untuk mengirim barangnya ke negara tersebut. 

Packing List

Berisi dokumen yang menjelaskan banyak hal, seperti jumlah, jenis barang, dan beratnya.

Sales Contract

Berisi syarat-syarat pembayaran barang. Sales contract merupakan surat perjanjian antara penjual dengan pembeli. 

International Commercial Terms (Incoterms)

Istilah-istilah yang memuat tentang perdagangan internasional. Istilah-istilah tersebut berhubungan dengan penjual dan pembeli.

Ex Works

Artinya adalah semua biaya pengiriman ditanggung oleh pembeli itu sendiri. Jadi, penjual hanya menyiapkan barangnya untuk diambil oleh pembeli.

Undername

Maksudnya adalah peminjaman nama lisensi perusahaan. Seperti diketahui, kegiatan ekspor dan impor baru bisa dilakukan ketika memiliki izin. Namun, masih banyak UMKM yang terkendala hal ini.

Oleh sebab itu, UMKM bisa menggunakan jasa undername ini. Jadi, UMKM akan meminjam nama perusahaan lain yang sudah memiliki izin untuk melakukan kegiatan ekspor impor.

Bill of Exchange

Sebuah perintah tertulis yang berisi tentang pembiayaan dalam perdagangan internasional.

Delivered Duty Paid (DDP)

Penjual mengirimkan barang kepada pembeli sampai tempat yang telah ditentukan. Namun, barang tersebut belum dibongkar oleh penjual.

Open Account

Salah satu metode pembayaran dalam perdagangan internasional. 

Customs Clearance

Proses perizinan agar barang dapat diekspor atau diimpor.

Nota Pembetulan (Notul)

Artinya adalah nota yang berisi tentang hal-hal yang harus diperbaiki dalam proses perdagangan internasional. Contohnya, sanksi atau tentang bea.

Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB)

Dokumen yang digunakan untuk memberitahukan kegiatan ekspor.

Pemberitahuan Impor Barang (PIB)

Dokumen yang digunakan untuk memberitahukan kegiatan impor kepada pihak bea cukai.

Demurrage

Batas waktu penggunaan peti kemas untuk keperluan pengiriman barang.

Dwelling Time

Waktu yang dihitung dari mulai peti dibongkar, dinaikkan ke kapal, sampai meninggalkan pelabuhan.

Angka Pengenal Importir (API)

Untuk menunjukkan diri sebagai pihak importir.

Documents Against Payment (D/P)

Bentuk pembiayaan dalam perdagangan internasional. Biasanya, penjual akan melakukan penagihan pada pembeli dengan bentuk dokumen yang dikeluarkan melalui bank.

Term of Trade 

Perbandingan harga ekspor dan impor.

Pabean

Instansi yang mengawasi, mengurus, dan memungut bea masuk dan bea keluar.

Harga Patokan Ekspor

Ini adalah harga yang ditetapkan untuk mengetahui jumlah pajaknya.

Harga Dasar

Harga ekspor tertinggi yang tidak kena pajak.

Clean Collection

Penagihan yang dilakukan tanpa melengkapi dokumen-dokumen transaksi.

Itulah 30 istilah ekspor impor yang wajib diketahui pebisnis. Dalam proses ekspor impor, terdapat peluang usaha yang sangat banyak. Sebab, di dalamnya terdapat banyak proses, mulai dari perizinan sampai pengiriman barang. 

Penulis: Cahaya Muslim

Editor: Erlinda Sukmasari