Kayu sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai macam benda, salah satunya pintu. Jumlahnya yang melimpah serta mudah untuk ditemukan menjadikan kayu pilihan utama bahan pembuatan pintu orang Indonesia. Selain menambah kesan estetika, pintu berbahan dasar kayu memiliki kualitas kedap suara yang sangat baik yang akan menahan sebagian besar suara yang membantu Anda yang ingin punya privacy di dalam kamar.

Nah, sebelum memilih jenis kayu yang tepat untuk pintu kamar, ada baiknya memahami karakteristik setiap jenis kayu agar tidak salah pilih. Di bawah ini adalah beberapa jenis-jenis kayu untuk pintu kamar yang dapat menjadi referensi bagi yang sedang menjalankan bisnis mebel.

1. Kayu Jati

Jenis-Jenis Kayu untuk Pintu Kamar, Pebisnis Mebel Harus Tahu

Source: here

Kayu jati sudah menjadi primadona bagi banyak orang dan banyak dimanfaatkan untuk pembuatan pintu karena kualitasnya yang begitu baik dan perawatannya terbilang mudah. Kayu yang banyak tumbuh di wilayah tropis di Asia Tenggara ini umumnya berwarna coklat madu keemasan  dan corak yang indah sehingga memberikan kesan yang natural. Menariknya, kayu jati ternyata bisa menghasilkan lapisan minyak yang bisa melindunginya dari rayap, serangga, dan air sehingga kayu tidak cepat lapuk.

Saat ini, harga kayu jati cukup tinggi, namun itu sebanding dengan keunggulan yang dimilikinya. Kalau Anda mencari pintu kamar dengan nilai keindahan lebih, tahan lama dan tidak ingin repot untuk mengganti pintu dalam waktu yang lama, pintu kamar dari bahan kayu jati adalah jawaban yang tepat.  Pastikan Anda memilih kayu jati yang sesuai, ya, karena saat ini banyak kayu jati palsu yang beredar di pasaran.

2. Kayu Mahoni

Jenis-Jenis Kayu untuk Pintu Kamar, Pebisnis Mebel Harus Tahu

Source: here

Selain jati ada juga kayu mahoni yang tak kalah populer digunakan untuk membuat pintu. Kayu ini dapat dikenali dari warnanya yang cenderung lebih gelap (biasanya coklat kemerahan) dan berpori-pori kecil. Untuk kualitasnya tak perlu diragukan lagi,  karena kayu mahoni dikenal memiliki kualitas yang baik yang mirip jati namun dengan harga lebih murah.

Namun penggunaan kayu mahoni perlu memperhatikan tingkat kelembaban rumah karena kayu ini dapat menghitam karena menyerap kelembapan dan dirawat dengan sedikit lebih ekstra agar terhindar dari rayap.

3. Kayu Meranti

Jenis-Jenis Kayu untuk Pintu Kamar, Pebisnis Mebel Harus Tahu

Source: here

Jika kayu jati terasa terlalu mahal, ada kayu meranti yang bisa jadi alternatif lain untuk menjadi bahan dasar pintu kamarmu. Selain harganya  yang jauh lebih terjangkau, kayu ini punya daya muai dan susut yang stabil jadi Anda tidak perlu khawatir pintumu tiba-tiba berubah bentuk dan ukuran.

Kayu Meranti punya ciri berwarna merah muda kecoklatan, merah tua, atau merah tua kecoklatan dengan pori-pori dan serat yang besar. Kayu meranti punya bobot yang cukup ringan sehingga cocok pintu kamar dengan mobilitas tinggi.

4. Kayu Kamper Samarinda

Jenis-Jenis Kayu untuk Pintu Kamar, Pebisnis Mebel Harus Tahu

Source: here

Sesuai namanya, kayu yang banyak ditemui di wilayah Kalimantan Timur ini memiliki bau kamper yang khas sehingga kayu ini tidak disukai kutu bubuk, rayap dan serangga. Kayu kamper Samarinda merupakan kayu kamper terbaik di kelasnya dengan bahannya serta mudah untuk diangkat.

Kayu ini punya ciri-ciri warna coklat kemerahan dengan serat-serat yang halus. Kalau Anda mencari pintu yang tahan lama dan anti keropos dengan harga terjangkau, pintu berbahan dasar kayu kamper boleh menjadi pertimbangan Anda.

5. Kayu Merbau

Source: here

Kayu Merbau dikenal punya struktur kayu yang keras sehingga tahan lama dan awet. Di Maluku dan Papua, kayu ini disebut juga kayu besi karena kualitasnya yang tinggi. Biasanya, kayu merbau berwarna coklat abu gelap atau coklat gelap kemerahan dan kadang disertai sentuhan warna kuning mirip dengan jati yang memberikan kesan mengkilap yang berkelas. Teksturnya cenderung kasar dan seratnya lurus melintang. Dibanding dengan kayu jati, kayu merbau lebih ekonomis dan lebih mudah ditemukan di pasaran.

6. Kayu Ulin

Jenis-Jenis Kayu untuk Pintu Kamar, Pebisnis Mebel Harus Tahu

Source: here

Kayu ulin adalah kayu yang banyak tumbuh di pulau Kalimantan dan banyak dimanfaatkan untuk membangun rumah adat karena kualitasnya yang baik. Kayu ulin juga tergolong sebagai salah satu jenis kayu yang paling kuat dan keras.

Pintu dari kayu ulin umumnya agak sedikit berat namun hal ini membuat pintu kayu ulin menjadi kokoh dan tahan banting. Jenis kayu untuk pintu kamar ini akan mampu bertahan dalam kondisi apapun termasuk kelembaban, pergantian cuaca, air, dan rayap tanpa perawatan ekstra.

7. Kayu Bengkirai/Damar Laut

Source: here

Kayu bengkirai termasuk salah satu jenis kayu yang berkualitas bagus yang harganya terjangkau. Kayu bengkirai cenderung memberikan kesan natural yang indah dengan warna coklat terang kekuningannya yang mudah untuk di cat dengan berbagai pilihan warna.

Meskipun harganya yang ekonomis, kayu ini juga punya tingkat ketahanan yang tinggi dan kualitasnya juga dianggap sebaik kayu jati lho. Kayu ini cocok bagi Anda yang mencari pintu berkualitas baik tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Namun pintu berbahan kayu bengkirai ini agak sedikit berat, ya.

8. Kayu Glugu/Kayu Kelapa

Source: here

Mungkin Anda belum familiar dengan kayu yang satu ini, namun ternyata kayu dari pohon kelapa juga bisa digunakan untuk membuat pintu kamar. Kayu kelapa biasanya padat dan berwarna coklat tua atau coklat muda.

Jika dibandingkan dengan kayu Ulin dan Bengkirai kayu kelapa jauh lebih terjangkau dari segi harga. Walau begitu, penggunaan kayu kelapa perlu dipertimbangkan jika keadaan rumah Anda berada di daerah yang agak lembab karena meskipun tahan terhadap hama kayu seperti serangga, kutu bubuk, dan rayap, kayu kelapa rentan lapuk terkena air.

9. Kayu Nangka

Source: here

Selain buahnya yang enak, ternyata kayu pohon Nangka juga dimanfaatkan untuk bahan baku pintu. Nangka selain buahnya yang enak, ternyata kayunya juga bisa jadi pilihan untuk pintu kamar Anda. Warna kayu nangka cenderung cerah kekuningan yang stabil dan bertahan untuk waktu yang lama.

Sudah tahu jenis-jenis kayu untuk pintu kamar?

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis kayu untuk pintu kamar. Dengan mengenal berbagai pilihan jenis kayu, kini Anda dapat lebih mudah memilih jenis kayu yang sesuai dengan budget, preferensi, warna atau style pintu kamar yang hendak Anda produksi. Jenis kayu apapun yang nantinya Anda pilih dibarengi dengan persiapan, pengerjaan, dan finishing yang baik dan benar akan menghasilkan pintu kamar yang awet hingga waktu yang lama.

Jangan lupa ikuti terus inaproduct.com dan dapatkan informasi lainnya terkait bisnis dan produk Indonesia!