Bisnis kredit usaha barang ternyata bisa menjadi peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sebab, metode pembelian barang dengan cicilan menjadi semakin banyak peminatnya. 

Sistem Kredit Usaha Barang

Inaproduct – Sistem kredit usaha barang hampir sama dengan pinjaman online, pay later, dan kredit tanpa agunan. Bedanya, bisnis ini menawarkan kemudahan akses untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Saat mengajukan sistem pinjaman online personal, biasanya hanya akan mendapatkan uangnya saja. Tanpa ada jaminan bisa mendapatkan produk baru rilis. Sehingga koleksi terbaru mungkin akan lebih sulit didapat. Melalui kredit barang, orang bisa membeli produk baru  atau produk mahal dengan cara mencicil. 

Tips Memulai Bisnis Kredit Usaha Barang

Siapkan Modal Belanja Awal

Modal awal ini digunakan untuk menalangi pembayaran barang dari peminjam. Anda perlu menalangi pembelian produk. Sehingga, pembayaran produk pada penjual telah lunas. Sebagai gantinya, pembeli akan membayar pada Anda dengan cara mencicil.

Besaran modalnya sendiri beragam. Akan tetapi Anda harus menyiapkan modal yang cukup besar untuk bisa melayani permintaan tersebut. Hal ini karena biasanya orang mengambil kredit barang untuk membeli produk dengan harga tinggi.

Selain itu, besaran modal juga tergantung jenis barang yang dikreditkan. Misalnya barang elektronik, otomotif, peralatan rumah, dan lain-lain.

Dengan sistem cicilan, maka semakin mahal barang yang diperlukan oleh peminjam. Semakin tinggi juga keuntungan yang bisa Anda dapat. Sehingga pasti akan balik modal. 

Buat Pembukuan Usaha dengan Cermat

Keterlambatan bayar oleh peminjam adalah hal yang lumrah dalam kredit usaha barang. Oleh karenanya Anda harus cermat mengatur keuangan usaha. Jadi meskipun peminjam mengalami permasalahan cicilan, bisnis tidak terhambat. 

Selain itu, Anda perlu membuat pembukuan usaha untuk evaluasi kinerja kredit. Mulai dari menilai barang apa yang paling menguntungkan. Hingga peminjam mana yang paling sering bermasalah dengan pembayaran.

Lakukan Promosi

Layaknya bisnis dagang, bisnis kredit barang juga memerlukan promosi agar bisa berkembang. Usaha kredit barang biasanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut. Biasanya, peminjam adalah orang-orang di sekitar Anda. Mereka memiliki berbagai kebutuhan tapi tak sanggup membayar lunas di muka.

Baca juga: Peluang Usaha Waralaba Murah di bawah 2 Juta 

Membuat Surat Perjanjian

Bisnis kredit usaha barang merupakan bisnis yang berbasis kepercayaan. Anda perlu membuat surat perjanjian sebagai bukti bahwa Anda dan peminjam telah membuat kesepakatan. 

Surat perjanjian ini dapat mencegah peminjam menunda pembayaran.  Selain itu, supaya terdapat transparansi terkait nilai barang. Dengan nominal yang harus dikembalikan oleh peminjam. 

Jadi dengan adanya surat perjanjian, risiko kredit macet atau bahkan kabur dapat diminimalisir. Dengan begitu, usaha kredit barang bisa bertahan lama.

Bekerja Sama dengan Distributor 

Peran distributor adalah mempermudah Anda memenuhi  permintaan barang ketika ada permintaan. Umumnya harga yang ditawarkan distributor kepada partnernya juga akan berbeda. Sehingga potensi keuntungan yang Anda peroleh jadi lebih tinggi.

Menyediakan Barang yang Lebih Bervariasi untuk Dikreditkan 

Anda juga perlu menyediakan variasi barang yang lebih beragam agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Anda bisa menawarkan beberapa produk spesifik terlebih dahulu sebagai permulaan.

Misalnya smartphone, kendaraan bermotor, peralatan rumah, dan sebagainya. Seiring berjalannya waktu, ketika bisnis sudah berkembang, tambah lagi variasi barangnya.

Baca juga: Peluang Bisnis Waralaba Apotek yang Menjanjikan

Tips Mendapatkan Modal Usaha

Memanfaatkan Bantuan Pemerintah

Ada banyak program bantuan pemerintah yang dapat Anda gunakan sebagai sumber modal usaha. Misalnya seperti Kredit Usaha Rakyat  (KUR) dan BLT UMKM.

Meminjam dari Bank atau Koperasi 

Cukup mudah untuk memperoleh pinjaman koperasi, yakni Anda hanya perlu jadi anggota koperasi tersebut. Sementara untuk mengajukan pinjaman ke bank Anda harus melengkapi persyaratan yang ditetapkan. Berupa dokumen seperti fotokopi KTP dan KK, NPWP, dan sebagainya.

Mencari Rekan Bisnis

Bagi Anda yang kekurangan modal untuk menjalankan usaha, mencari rekan bisnis dapat menjadi pilihan. Dengan menggabungkan dana yang Anda miliki dengan milik milik rekan bisnis Anda. Maka modal awal untuk memulai bisnis bisa tercukupi. 

Menjual atau Menggadaikan Aset Pribadi 

Ini bisa jadi cara cepat untuk mendapat dana tunai sebagai modal usaha. Hanya saja  pikirkan dengan matang barang apa saja yang sekiranya dapat dijual atau digadaikan. 

Demikian pembahasan tentang kredit usaha dagang. Daya tarik bisnis ini terletak pada opsi cicilan pada pembelian barang. Sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan barang dengan harga tinggi. 

Ditambah lagi, dapat menyasar berbagai kalangan. Baik dari kelas ekonomi bawah, menengah, hingga kelas ekonomi atas. Membuat usaha ini memiliki prospek yang bagus. Tertarik mencobanya?

Penulis: Merita Ratih

Editor: Erlinda Sukmasari