Plastik laminasi adalah plastik bening yang digunakan untuk melindungi barang tertentu, seperti dokumen penting.  Pada umumnya, plastik ini digunakan untuk melapisi KTP, ijazah, dan dokumen sejenisnya.

Oleh sebab itu, plastik ini banyak digunakan oleh tukang fotocopy. Tukang fotocopy biasanya memiliki plastik laminasi dan mampu melapisi dokumen dengan rapi. Kegiatan inilah yang Anda kenal dengan sebutan laminating. 

Tujuan melakukan laminating agar dokumen penting berbentuk kertas tak mudah sobek atau terlipat. Itulah mengapa banyak anak sekolah yang melakukan laminasi ketika masa ujian untuk melaminating kartu ujian mereka.

Apa itu Plastik Laminasi?

laminasi adalah
Laminasi

Plastik yang membungkus kartu-kartu itulah yang dinamakan laminasi. Jadi, plastik laminasi merupakan plastik berbahan tipis pada kedua sisinya. Cara agar mudah memasang plastik laminasi ini adalah menggunakan mesin laminating. Oleh sebab itu, Anda harus pergi ke tukang fotocopy dahulu untuk melakukan laminasi.

Hal tersebut disebabkan mereka memiliki mesin tersebut. Anda akan kesulitan melakukan laminasi tanpa mesin ini. Jadi, Anda perlu pergi ke fotocopy untuk melakukan laminating.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Amenities dan Apa Saja Jenisnya

Plastik laminasi juga berbeda-beda ketebalannya. Laminasi tak hanya untuk melapisi dokumen-dokumen penting. Ada juga yang berfungsi sebagai antigores, pelindung buku, dan sampul undangan. Harga plastik laminasi sangatlah beragam. Ada yang harganya di angka 100, 200 sampai 200 ribuan 700 ribuan. Ada juga sampai jutaan rupiah untuk plastik laminating thermal. 

Sementara itu, untuk laminating standar yang pada umumnya, harga plastik bisa sekitar belasan sampai puluhan ribu. Oleh sebab itu, harga laminating di fotocopy untuk satuannya bisa sekitar 3 sampai 5 ribu rupiah. Untuk lebih hemat, tentunya ada pertanyaan yang terlintas di benak Anda.

Bisakah melakukan laminating sendiri di rumah? Jawabannya adalah bisa saja. Prinsipnya, laminating memanfaatkan panas agar plastik bisa melapisi benda-benda tertentu.  Jadi, Anda bisa menggunakan setrika. Akan tetapi, kesulitannya adalah merapikan plastik laminatingnya. Oleh sebab itu, tetap disarankan untuk menggunakan mesin laminating yang memadai agar hasilnya rapi.

Jenis Mesin Laminating 

Mesin laminating sendiri memiliki beberapa jenis. Setiap jenis memiliki perbedaan dalam proses bekerjanya. Namun, sama-sama untuk menempelkan plastik terhadap benda yang ingin dilaminating

Mesin Laminating Panas

Jenis mesin ini memanfaatkan panas untuk melelehkan lemnya. Biasanya, jenis yang digunakan untuk laminating ini merupakan yang mengilap atau glossy. Mesin ini bisa dibilang lebih kuat karena memanfaatkan panas itu.

Mesin Laminating Dingin

Kemudian, ada mesin laminating dingin yang tidak memanfaatkan panas dalam melapisi plastik. Oleh sebab itu, mesin ini harganya jauh lebih terjangkau daripada yang panas. Mesin ini cocok digunakan untuk melaminating benda-benda seperti dokumen-dokumen satuan yang tidak membutuhkan laminasi dalam jumlah banyak.

Mesin Laminating Panas Dingin

Terakhir, ada mesin yang bisa melakukan kedua hal sekaligus. Jenisnya laminating panas dingin. Jadi, bisa menggunakan panas atau tanpa menggunakan panas untuk melakukan laminating. Menggunakan mesin ini bisa membuat lebih efektif karena bisa melapisi bermacam-macam benda. Oleh sebab itu, mesin ini paling laku di pasaran. Mesin ini biasa yang digunakan di fotocopy-fotocopy.

Baca juga: Mengenal Macam-Macam Termometer yang Perlu Anda Ketahui

Harga mesin laminating sangatlah beragam. Harganya sekitar di atas 500 ribu sampai jutaan rupiah. Anda bisa membeli mesin laminating tergantung kebutuhan dan kemudahan dalam menggunakannya.

Itulah pengertian dari plastik laminasi dan jenis-jenis laminating yang ada. Apakah Anda sudah melakukan laminasi dokumen-dokumen penting agar tidak mudah rusak? Dengan melakukan laminating, Anda bisa membuat dokumen penting lebih awet dan terjaga.