Live shopping jadi strategi baru meningkatkan penjualan. Ini menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk dan menjual lebih banyak barang.

Selain itu, strategi ini juga mempermudah pelaku usaha untuk berinteraksi dengan calon pembeli. Sekaligus memperkenalkan produk mereka secara langsung. Pengalaman seperti ini tak bisa didapatkan dengan cara berbelanja pada umumnya.

Apa Itu Live Shopping?

Inaproduct – Live shopping adalah aktivitas ketika seorang penjual melakukan siaran belanja secara langsung. Dalam live shopping,  penjual akan menjelaskan secara langsung mengenai produk yang mereka tawarkan. Sehingga, pelanggan bisa melihat secara langsung barang yang dijual. 

Berbeda dengan online shop, live shopping  memudahkan pembeli untuk melihat produk yang dijual secara detail. Selain itu, pada sesi ini penjual juga  memberikan diskon. Menariknya lagi, live shopping memungkinkan pembeli untuk berkomentar dan bertanya tentang produk yang ditawarkan.

Dari penjelasan di atas maka terdapat kegiatan marketing yang secara langsung yaitu interaksi, promosi dan transaksi. Saat ini hampir semua platform sosial media yang menyediakan fitur ini. Seperti Facebook, TikTok dan Instagram. Sementara e-commerce yang menyediakan fitur ini adalah Shoppe.

Baca juga: Cara Membuat Buku Besar untuk Laporan Keuangan Bisnis Anda

Keuntungan Live Shopping untuk Bisnis 

  • Menciptakan interaksi dua arah antara pembeli dengan penjual.
  • Dapat mengukur antusiasme konsumen terhadap produk.
  • Penjual memiliki banyak pilihan untuk menampilkan produk.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen, karena mereka bisa melihat secara langsung produk yang dijual.
  • Membantu menjangkau calon konsumen yang lebih luas.
  • Sebagai teknik marketing yang unik dan lebih natural.
  • Dapat digunakan sebagai bahan riset dan survei kepuasan pembeli.
  • Meningkatkan penjualan produk dan sekaligus meningkatkan keuntungan.

Strategi Meningkatkan Penjualan Lewat Live Shopping 

Tertarik meningkatkan penjualan dengan strategi ini? Berikut strategi untuk mendapatkan banyak penonton sehingga berpotensi meningkatkan penjualan.

Siapkan Alat Streaming 

Siapkan alat streaming, seperti:

  • Smartphone dengan kualitas kamera yang baik.
  • Tripod untuk memudahkan pengaturan kamera.
  • Mikrofon agar suara lebih jelas terdengar.
  • Ring light untuk pencahayaan tambahan. 
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Produk dan naskah atau panduan untuk membantu kelancaran live shopping.

Baca juga: Syarat Ekspor Produk, Pemula Wajib Tahu!

Kualitas Video yang Baik 

Kualitas video yang baik adalah kunci sukses strategi ini. Dengan kualitas yang baik, penonton dapat melihat warna dan bentuk  produk dengan lebih jelas. Untuk mendapatkan kualitas video akan lebih jernih, lakukan sesi siaran langsung di ruangan dengan pencahayaan yang cukup.  Selain itu, gunakan latar belakang video yang bagus juga akan menampilkan akan menampilkan kesan menarik.

Buat Publikasi

Usahakan membuat publikasi jauh-jauh hari atau minimal H-1 sebelum melakukan live shopping. Tuliskan informasi produk yang dijual, waktu live streaming, dan berbagai hal penting yang dirasa perlu untuk disampaikan. Dengan adanya publikasi, audiens yang muncul dalam siaran adalah konsumen potensial.

Berikan Diskon 

Untuk Anda yang baru menjalankan bisnis, diskon dan promosi bisa menjadi kunci untuk memperkenalkan produk. Selain itu, promosi dan diskon juga dapat menarik pengunjung ke akun Anda. Setelah menerapkan promo dan diskon, lakukan evaluasi. Supaya Anda bisa membuat strategi promosi lain yang lebih menarik untuk sesi selanjutnya. 

Bangun Interaksi

Hal yang membedakan strategi ini dan online shop adalah interaksi langsung. Jadi manfaatkan kelebihan ini, untuk memberikan pengalaman komunikasi langsung dengan calon pelanggan menggunakan cara yang menarik. Selain memberikan penjelasan lengkap, coba bangun keakraban dengan calon pelanggan melalui lelucon sederhana.

Penulis: Merita Ratih

Editor: Erlinda Sukmasari