Salah satu cara yang bisa menjaga kepuasan pelanggan adalah dengan mengadakan Loyalty Program. Sebab, mempertahankan kepuasan pelanggan merupakan hal penting untuk keberhasilan bisnis UMKM Anda. 

Mengadakan program seperti ini bukan hanya menyenangkan pelanggan Anda tetapi juga bisa memperluas peluang bisnis UMKM Anda, yaitu Anda bisa menarik pelanggan baru dan menjadikan konsumen lama tetap setia.

Apa yang Dimaksud dengan Loyalty Program?

Inaproduct – Loyalty Program merupakan program untuk menjaga loyalitas pelanggan. Program ini bertujuan untuk mendorong dan menjaga pelanggan tetap setia dengan produk Anda. 

Contoh Loyalty Program yaitu seperti membership, poin, cashback, diskon pengguna baru dan sebagainya. Nah, praktiknya bisa disesuaikan dengan strategi bisnis yang akan Anda jalankan.

Manfaat Loyalty Program

Meningkatkan Customer Retention

Customer Retention merupakan rata-rata jumlah pelanggan lama yang setia atau bertahan untuk menggunakan produk Anda. Tentunya, hal tersebut baik untuk perkembangan peluang usaha Anda. Besar kemungkinan pelanggan setia akan mempromosikan produk Anda ke orang-orang terdekat.

Hubungan dengan Pelanggan Jadi Terbangun

Hubungan bisnis Anda dengan pelanggan akan lebih terbangun. Penghargaan yang Anda berikan akan menciptakan kepuasan dan kesenangan pada pelanggan. Hal tersebut bisa memunculkan emosi positif pelanggan kepada bisnis Anda. Sehingga hubungan bisnis Anda dengan pelanggan jadi terasa lebih dekat.

Mendatangkan Customer Advocacy

Customer Advocacy adalah strategi yang melibatkan pelanggan agar mereka merekomendasikan produk Anda ke orang-orang. Nah, program ini efektif dalam mendatangkan customer advocacy. Customer Advocacy juga mendatangkan banyak manfaat untuk peluang usaha Anda seperti memperkuat bisnis dan meningkatkan penjualan.

Jenis dan Contoh Program Loyalitas Pelanggan yang Efektif

Point Collection

Point Collection bisa Anda terapkan untuk bisnis Anda. Contohnya seperti pemberian poin kepada pelanggan sesuai dengan jumlah transaksi yang mereka lakukan. Dari pengumpulan poin tersebut, pelanggan akan mendapatkan hadiah menarik atau diskon.

Paid Loyalty

Paid Loyalty adalah program ajakan kepada pelanggan untuk menjadi member dan membayar biaya langganan. Anda bisa menawarkan banyak keuntungan jika pelanggan Anda menjadi member dibandingkan pelanggan nonmember. Contohnya, selalu menjadi yang pertama tahu tentang produk yang Anda rilis.

Refer A Friend

Salah satu contoh Loyalty Program selanjutnya adalah Refer A Friend. Refer A Friend adalah memberikan hadiah kepada pelanggan setia jika mendatangkan pelanggan baru dengan menggunakan kode referal. 

Value Based Loyalty Program

Value Based Loyalty Program adalah menawarkan harga murah dibandingkan harga normal seperti promo setiap pembelian, cashback dan sebagainya. Dengan menggunakan program ini, pelanggan akan tertarik untuk menggunakan produk atau layanan bisnis Anda terus menerus.

Tips Membuat Program Loyalitas Pelanggan

Kenali dan Riset Pelanggan

Mengenali dan meriset pelanggan adalah hal paling utama sebelum membuat program. Hal ini bertujuan agar Anda memahami program seperti apa yang dibutuhkan oleh pelanggan Anda. 

Atur Budget

Mengatur budget juga tak kalah pentingnya. Pastikan untuk menentukan budget secara terencana. Hal ini untuk menghindari agar budget yang Anda keluarkan untuk Loyalty Program bisa tepat sasaran dan efektif.

Tentukan Pelanggan yang Menjadi Target

Tips selanjutnya adalah menentukan kategori pelanggan yang dijadikan target untuk Loyalty Program. Nah, kira-kira berikut ini adalah aspek-aspek yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Pelanggan yang seperti apa yang memiliki volume pembelian terbanyak atau sedikit,
  • Seberapa lama pelanggan bertahan terhadap bisnis UMKM Anda,
  • Mengetahui kecepatan pembayaran tiap pelanggan,
  • Dan sebagainya.

Penulis: Shabana Azzahra

Editor: Erlinda Sukmasari