Menurut Kemendag, Indonesia berpotensi menjadi eksportir kembang gula dan berkompetisi langsung dengan Eropa. Saat ini, negara-negara Eropa menjadi pemain utama bisnis kembang gula di dunia. Beberapa di antaranya adalah Jerman, Belgia, Belanda, dan Spanyol.

Jeman menjadi pemain terbesar bisnis kembang gula dunia. Negara tersebut menjadi pengekspor 12,7% produksi kembang gula global.

Kembang gula (confectionery) adalah produk makanan yang memiliki kandungan gula tinggi. Makanan yang termasuk dalam confectionery adalah permen, coklat, es krim, dan kue berpengawet. 

bisnis kembang gula
Bisnis Kembang Gula

Bisnis Kembang Gula di Indonesia

Tahun 2021, Indonesia menempati posisi ke-25 sebagai eksportir kembang gula dunia. Diperkirakan, hingga 2027 nanti, pasar kembang gula di Indonesia akan tumbuh sebesar 7,7%. Pada tahun ini, total pendapatan bisnis kembang gula nasional ditaksir mencapai 27,99 miliar dolar.

Beberapa produsen lokal yang turut menyumbang angka ini adalah Mayora Indah, Kino Indonesia, Yupi, dan Pusan Manis Mulia. Nama yang disebutkan terakhir adalah pabrik kembang gula yang berdiri sejak 1975.

Baca juga: Imago Raw Honey: Madu Asli, Alami, dan Bernutrisi

Confectionery seringkali dianggap sebagai makanan yang kurang layak dikonsumsi. Kandungan gulanya yang tinggi dianggap tak sehat dan rendah nutrisi. Namun, hal ini tak menghalangi popularitasnya di pasar global. Konsumsi confectionery justru terus meningkat. Beberapa faktor yang memengaruhinya adalah 

  • Peningkatan pendapatan,
  • Urbanisasi, dan
  • Gaya hidup yang sibuk.

Selain itu, permen juga seringkali menjadi pilihan makanan yang dikonsumsi perokok. Para perokok yang mencoba berhenti merokok mengalihkan keinginan mereka dengan makan permen. 

Bahkan, permen-permen dengan varian rasa kopi dianggap dapat menggantikan kopi. Permen-permen ini populer di kalangan pekerja kantoran untuk menahan kantuk di jam kerja. 

bisnis kembang gula
Kembang Gula PT Pusan Manis Mulia

Kembang Gula PT Pusan Manis Mulia

PT Pusan Manis Mulia berlokasi di Tangerang, Provinsi Banten. Produsen kembang gula ini memiliki lebih dari 1000 karyawan. Selama beberapa dekade, produk-produk Pusan Manis Mulia telah merajai toko-toko kelontong. Kehadiran produknya turut menemani masa kecil anak-anak Indonesia.

Pusan Manis Mulia memproduksi berbagai jenis kembang gula yaitu

  • Permen karet,
  • Permen keras,
  • Permen lunak,
  • Jeli,
  • Coklat,
  • Kue, dan
  • Minuman.

Bila menilik produk-produk dari PT Pusan Manis Mulia, ada satu kesamaan yang dapat kita temukan. Yaitu mayoritas produknya memiliki target konsumen anak-anak. Kebanyakan produk ini dijual di warung-warung atau kantin di sekitar sekolahan.

Baca juga: Growth Hacking: Strategi Marketing untuk Menumbuhkan Bisnis Anda

Meski demikian, PT Pusan Manis Mulia juga mulai melirik orang dewasa sebagai target market potensial. Hal ini dapat dilihat dari kemunculan produk permen kopi hingga sereal. 

Saat ini PT Pusan Manis Mulia masih memfokuskan penjualan produknya di pasar lokal. Sekitar 80% produksinya diserap oleh pasar dalam negeri. Produk ini tersebar luas di seluruh Indonesia berkat jaringan distributor. Sisanya telah diekspor ke berbagai negara baik itu Asia maupun negara-negara Pasifik. Jika Anda ingin menjadi distributor produk PT Pusan Manis Mulia, Anda dapat menghubungi kontaknya di sini.