Masking tape merupakan benda yang sangat dibutuhkan untuk merekatkan sesuatu. Walaupun nama ini terdengar asing, tetapi Anda pasti mengenal benda yang satu ini. 

Apa itu Masking Tape?

Inaproduct – Bentuknya bundar dengan lubang besar di tengahnya. Di sekeliling lingkarannya terdapat perekat yang biasa digunakan untuk menempel sesuatu. Bisa juga untuk melapisi atau menyegel. Anda membutuhkannya dalam bisnis, terutama untuk mengepak barang.

Apakah Anda mengetahui selotip? Seperti itulah bentuk masking tape. Akan tetapi, bahannya bukan terbuat dari plastik, melainkan kertas. Selain itu, ukurannya juga tidak sekecil selotip.

Dari penjelasan di atas, dapat disederhanakan bahwa arti dari masking tape adalah lakban kertas. Lakban sendiri memiliki arti selotip yang berukuran besar. Jadi, ketika ditanya apa perbedaan selotip dan masking tape ini, jawabannya terletak pada ukurannya.

Selotip merupakan perekat yang terbuat dari plastik, baik bermata satu maupun bermata dua. Pada umumnya, selotip itu berbekas ketika ditempelkan, lalu dicabut kembali. Namun, masking tape tak meninggalkan bekas ketika perekatnya dicabut.

Selain itu, masking tape jauh lebih ringan karena bahannya yang terbuat dari kertas. Alat ini juga memiliki fungsi yang lebih banyak dibanding selotip.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Tren Self Studio di sini!

Fungsi 

Tak seperti selotip pada umumnya, tape ini lebih memiliki banyak fungsi karena materialnya yang terbuat dari kertas. Oleh sebab itu, tape ini lebih tahan panas, rusak, dan sebagainya. Beberapa fungsi dari tape ini adalah sebagai berikut.

Melapisi Area Pengecatan

Ketika sedang melakukan pengecatan, tentunya Anda tak ingin hasil cat tersebut berantakan. Oleh sebab itu, alat ini berfungsi untuk melapisi area pengecatan. Tujuannya agar hasil pengecatan jauh lebih rapi.

Kebutuhan Menyegel dan Meratakan

Terdapat masking tape yang memang berfungsi untuk melapisi permukaan tak rata. Ini sangat memudahkan kegiatan konstruksi. Selain itu, bisa juga untuk menyegel benda tertentu. 

Menandai Sesuatu

Terakhir, tape ini berfungsi untuk menandai sesuatu. Entah itu untuk menandai peralatan elektronik Anda atau tembok-tembok. Misalnya, Anda ingin melakukan renovasi rumah atau mempercantik dinding Anda.

Anda pun mengukur seberapa besar ukuran yang Anda butuhkan. Nantinya, Anda bisa menempelkan tape ini sebagai penanda untuk ukuran yang sesuai. Setelah dicopot nanti, tidak ada bekas yang tersisa.

Baca juga: 9 Makanan Hits Paling Instagrammable dan Layak Coba

Jenis Masking Tape

Airbrush Tape

Jenis ini digunakan untuk menutupi area yang diwarnai oleh cat semprot. Pada umumnya, tape ini dipakai ketika melakukan pengecatan terhadap mobil dan motor.

Kertas Krep

Jenis ini memiliki ketahanan panas yang cukup baik. Oleh sebab itu, dapat digunakan pada pemanggangan roti. Selain itu, kertas krep juga memiliki sifat elastis. Hal ini membuat kertas krep cocok untuk badan kendaraan. 

Watercolor Tape

Untuk Anda yang senang melukis, alat ini sangat bermanfaat untuk dimiliki. Jenis ini dapat digunakan untuk kanvas atau kertas. Pada umumnya, digunakan ketika mengecat. Oleh sebab itu, tape ini tahan terhadap cat air atau minyak. Hal ini membuat kanvas tidak mudah kotor.

Plastik Film

Terakhir, inilah jenis masking tape yang sangat mudah diregangkan. Oleh sebab itu, cocok untuk melapisi permukaan-permukaan yang memang tidak rata. Jenis ini jauh lebih tahan panas dibanding kertas klep. 

Itulah penjelasan tentang masking tape berdasarkan jenis dan fungsinya. Anda bisa membelinya berdasarkan kebutuhan.

Harganya sendiri terbilang murah, yaitu sekitar di bawah 50 ribu. Alat ini sangat bermanfaat untuk disimpan di rumah. Sebab, bisa berguna ketika ingin memperbaiki sesuatu atau menandai hal-hal penting.

Penulis: Cahaya Muslim

Editor: Erlinda Sukmasari