Pernah mengikuti business matching? Dalam sebuah bisnis, koneksi merupakan salah satu modal penting. Menambah koneksi berarti menambah wawasan dan peluang bisnis baru.

Dari relasi bisnis, Anda dapat belajar tren baru hingga saling bertukar pikiran yang hasilnya dapat diimplementasikan untuk mengembangkan bisnis. Semua benefit dari koneksi ini bisa Anda dapatkan melalui business matching. Ingin tahu seperti apa business matching itu dan apa saja manfaatnya bagi pelaku bisnis? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Business Matching?

business matching
Business matching

Inaproduct – Business matching adalah sebuah pertemuan bisnis yang terjadwal antara pelaku bisnis dengan calon mitra. Sistem bisnis ini juga dikenal dengan sebutan Business to business (B2B). Tujuan utama business matching adalah terciptanya koneksi antara pebisnis satu dengan pebisnis lainnya, yang memiliki pola bisnis yang mirip.

Baca juga: 3 Aplikasi Keyboard Ini Bantu Jualan Anda Jadi Lebih Mudah

Manfaat Bagi Pelaku Usaha 

Pertemuan ini memiliki beberapa manfaat bagi para pelaku bisnis, di antaranya sebagai berikut.

Memperluas Koneksi

Business matching menyatukan para pelaku usaha di satu tempat dan menyediakan ruang bagi mereka untuk mempresentasikan produk. Dengan adanya hal tersebut dapat membuka peluang untuk menambah pengalaman hingga menjalin kerja sama antarpebisnis. 

Hemat Biaya dan Waktu

Efisiensi merupakan  kunci keberhasilan sebuah bisnis. Nah, pertemuan ini dapat dilakukan di mana saja termasuk secara online lewat internet. Sehingga sangat efisien baik dari segi biaya maupun waktu.

Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Dalam menjalankan bisnis, pasti ada saatnya Anda tak memiliki pengalaman dan pemahaman untuk menyelesaikan persoalan tertentu. Inilah yang membuat  business matching digandrungi oleh para pelaku bisnis. Pebisnis bisa mendapatkan banyak inspirasi bisnis yang bisa mereka terapkan.  

Pertemuan ini juga memungkinkan pelaku bisnis untuk belajar langsung dari pakar-pakar bisnis dan para pebisnis lainnya. Setiap pebisnis pasti memiliki wawasan dan pengalaman yang berbeda-beda. Nah, Anda dapat menyerap semua itu di kegiatan ini.  Hal ini dapat memberikan banyak wawasan dan pengetahuan baru untuk memajukan usaha.

Baca juga: 3 Strategi Elevator Pitch yang Efektif untuk Menarik Investor

Prosesnya

Pertemuan ini mudah dilakukan dan memiliki tiga tahap yaitu

Perkenalan

Tahap pertama untuk menciptakan business matching yang potensial adalah dengan melakukan pertemuan. Hal ini menjadi kesempatan untuk saling memperkenalkan produknya serta saling berbagai kartu nama. Di samping itu juga sebagai ajang untuk mempelajari produk satu sama lain. 

Mengadakan Diskusi

Selama pertemuan tersebut, selanjutnya para delegasi bersama dengan mitranya akan melakukan diskusi singkat. umumnya diskusi singkat hanya dilakukan sekitar 20 menit saja. Durasi yang singkat ini bertujuan agar tercipta kondisi yang kondusif dan efisien.

Penandatanganan

Selanjutnya apabila diskusi singkat dan penjelasan diterima oleh para mitra, dilakukan penandatanganan Memorium of Understanding (MOU), sehingga sah dan terikat secara hukum. Biasanya tanda tangan tersebut dilakukan secara langsung oleh kedua belah pihak. 

Pertemuan ini jadi solusi tepat bagi Anda yang saat ini ingin mengembangkan bisnis dan butuh referensi maupun investor. Lebih dari itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkuat sinergi dan menciptakan kolaborasi yang berkelanjutan. Untuk mendukung potensi ekspor para pelaku UKM Indonesia ke mancanegara demi bangkitnya perekonomian, serta kemajuan UMKM.

Penulis: Merita Ratih

Editor: Erlinda Sukmasari