Termometer merupakan alat pengukur suhu. Pada umumnya, digunakan untuk memeriksa suhu tubuh seseorang. Namun, tahukah Anda bahwa ada macam-macam termometer?

Macam-Macam Termometer Berdasarkan Bagian Tubuh Tempat Mengukurnya

macam-macam termometer
Macam-macam termometer

Banyak sekali jenis termometer yang bisa digunakan untuk mengetahui suhu tubuh seseorang. Sebenarnya, ada juga termometer yang mengukur suhu udara dan air. Akan tetapi, penjelasan berbagai macam termometer ini akan difokuskan pada alat yang biasa digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Termometer ini bermanfaat guna mengetahui kondisi kesehatan seseorang.

Bukan hanya untuk panas atau demam, termometer juga bisa memeriksa kondisi seseorang yang kedinginan. Termometer yang biasa dikenal luas di masyarakat adalah termometer digital. Termometer tersebut bisa diletakkan di ketiak untuk mendapatkan hasil ukur suhu yang akurat. Namun, bisa juga diukur dengan cara memasukkan ke mulut atau anus.

Baca juga: 10 Komoditas Ekspor Indonesia yang Paling Laku Beserta Negara Tujuannya

Hal yang perlu diingat, diukur melalui anus biasanya hanya dilakukan pada bayi. Alasannya karena mereka selalu aktif bergerak. Oleh sebab itu, agar hasilnya akurat, diletakkanlah pada anus. Akan tetapi, untuk bayi, apabila tidak ingin memasukkan ke anus, Anda bisa mengukur dengan termometer dot digital. Bentuknya yang seperti dot membuat bayi tidak keberatan untuk memakainya.

Selain digital dan berbentuk dot, ada beberapa macam termometer lainnya. Berikut jenis-jenis termometer yang perlu Anda ketahui berdasarkan bagian tubuhnya.

Termometer Telinga

Sesuai namanya, cara kerja termometer ini adalah memasukkan alat ke lubang telinga. Namun, pastikan untuk tidak memasukkannya terlalu dalam. Pada alat tersebut, terdapat sensor sinar inframerah.

Sinar itulah yang akan mengetahui panas di dalam telinga. 

Termometer Dahi

Termometer ini diukur dengan cara mengarahkan alatnya ke dahi atau kening Anda. Pada masa pandemi, Anda sudah sering melihat alat ini. Biasanya, digunakan untuk mengukur suhu tubuh ketika ingin masuk ke tempat-tempat publik.

Seperti diketahui, salah satu gejala Covid-19 adalah tingginya suhu tubuh seseorang. Oleh sebab itu, termometer ini digunakan agar bisa dengan mudah dan cepat mengetahui suhu orang-orang yang masuk ke tempat umum.

Termometer Lainnya

Itulah macam-macam termometer yang bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh seseorang. Selain jenis termometer di atas, masih ada banyak lagi termometer lainnya.

Tidak hanya untuk kesehatan, banyak termometer yang digunakan untuk keperluan lainnya. Misalkan, termometer apung yang terbuat dari kaca. Termometer tersebut biasa dipakai pada perusahaan susu. Skala suhu ditulis pada kertas dalam kaca termometer, suhu yang dapat diukur adalah -20 derajat fahrenheit sampai +220 derajat fahrenheit.

Ada juga termometer yang digunakan untuk mengetahui masa subur seseorang. Namanya, termometer basal. Biasanya digunakan secara oral melalui vagina atau dubur. Selain itu, banyak juga termometer yang digunakan untuk keperluan bidang industri.

Terakhir, ada termometer air raksa yang memanfaatkan air raksa sebagai cairan penerima panas. Begitu juga termometer alkohol yang memanfaatkan alkohol sebagai penerima panas. Akan tetapi, penggunaan termometer semacam itu sudah mulai dilarang karena memiliki risiko yang tinggi. Terdapat merkuri yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Baca juga: Blender Kaca VS Blender Plastik, Mana yang Memiliki Performa Lebih Baik?

Pada prinsipnya, ketika menggunakan termometer, selalu pastikan alat tersebut steril. Terlebih lagi, saat dimasukkan ke bagian tubuh, seperti telinga dan mulut. Setelah digunakan, bersihkanlah kembali termometernya. Selain itu, hindari makanan serta minuman yang bisa mengacaukan suhu tubuh sebelum mengukur suhu menggunakan termometer.

Dengan mengetahui macam-macam termometer di atas, hal tersebut akan membuat Anda mengetahui termometer mana yang efektif untuk mengukur suhu tertentu. Intinya, termometer tidak hanya untuk memeriksa suhu tubuh seseorang, tetapi juga bisa digunakan untuk mengukur suhu-suhu lainnya. Tergantung termometer apa yang digunakan.

 

Penulis: Cahaya Muslim

Editor: Erlinda Sukmasari