Dulu pelanggan hanya bisa menikmati metode pembayaran secara tunai. Kini, seiring perkembangan dunia digital, pelanggan bisa menikmati metode pembayaran non tunai atau online. Banyaknya pilihan metode pembayaran yang tersedia  menjadi faktor pendukung kemudahan dan kepraktisan transaksi jual beli. 

Bahkan bisa membuat pelanggan ketagihan untuk belanja sehingga secara tak langsung mendorong meningkatnya penjualan. Berikut ini berbagai macam metode pembayaran yang wajib Anda ketahui.

Beragam Metode Pembayaran

metode pembayaran
Metode pembayaran

METODE PEMBAYARAN NON TUNAI (OFFLINE) 

Berikut jenis metode pembayaran offline yang digemari pelanggan dan menawarkan berbagai kemudahan bertransaksi.

Cash On Delivery (COD)

Salah satu metode yang cukup diminati adalah Cash on Delivery (COD). COD adalah pembayaran tunai yang dilakukan pada saat barang diterima oleh pembeli. Metode pembayaran ini menjadi solusi untuk pembeli yang menginginkan keamanan dalam bertransaksi.

Selain itu, COD juga menjadi alternatif bagi pembeli yang tak memiliki rekening bank. Pembeli cukup menyerahkan uang ke kurir ekspedisi yang mengantarkan produknya. 

Baca juga: 5 Strategi untuk Mendapatkan Pelanggan B2B

Pembayaran Melalui Gerai Retail

Pembayaran via gerai retail menjadi metode pembayaran yang laris manis. Sebab, tak semua orang memiliki rekening bank maupun e-wallet. Metode ini cocok untuk menjangkau pelanggan yang belum memiliki rekening bank dan e-wallet. Metode pembayaran ini dibutuhkan ketika Anda berbelanja melalui website atau aplikasi.

Caranya, pembeli cukup datang ke gerai retail terdekat yang bekerjasama dengan tempat berbelanja. Lalu memberikan kode unik yang telah dihasilkan pada website atau aplikasi. Selanjutnya, pembeli bisa memilih ingin melakukan transaksi dengan kartu debit atau tunai.

Beberapa gerai retail yang melayani metode ini adalah

  • Indomaret,
  • Alfamart,
  • Alfamidi,
  • Alfa Express,
  • DanDan,
  • Lawson,
  • Ceriamart,
  • Pos Indonesia, dan
  • Pegadaian. 

METODE PEMBAYARAN TUNAI (ONLINE)

Berikut jenis metode pembayaran online yang memberikan pelanggan kemudahan dalam berbelanja online.

Transfer Antar Bank dan Virtual Account

Transfer antar bank menjadi metode yang paling diminati pembeli. Transfer antar bank dinilai mudah dan aman oleh para pelanggan di Indonesia. Transfer bisa dilakukan melalui ATM ataupun melalui aplikasi mobile banking (M-Banking) atau internet banking (I-Banking). 

Virtual account adalah nomor yang dihasilkan secara khusus untuk pelanggan yang biasanya hanya bertahan 24 jam. Saat pelanggan memasukkan nomor virtual account, otomatis  muncul nama pelanggan dan tagihan yang harus dibayar. Jadi akan sangat memudahkan pelanggan karena tak perlu lagi mengetik manual nomor rekening tujuan dan nominalnya. Dengan begitu resiko kesalahan transfer dapat diminimalisir. 

Dari sisi penjual, metode ini memungkinkan mereka menerima dana dari berbagai macam rekening bank. Bahkan, penjual hanya membutuhkan satu rekening saja. Penjual juga lebih mudah mendapatkan laporan konfirmasi pelanggan mana yang sudah berhasil melakukan pembayaran dengan nominal yang tepat. 

Kartu (Debit/Kredit)

Satu lagi metode yang semakin banyak digunakan adalah kartu debit dan kredit. Untuk pembayaran dengan kartu debit, transaksi akan langsung dipotong pada rekening tabungan. Sedangkan pembayaran menggunakan kartu kredit, transaksi akan terhitung sebagai hutang atau tagihan. Keunggulan kartu kredit adalah dapat digunakan untuk berbelanja di dalam maupun luar negeri.

E-Wallet (Dompet Digital) 

Contoh dompet digital yang popular di Indonesia adalah

  • Gopay,
  • DANA,
  • OVO,
  • LinkAja,
  • TCASH,
  • Jenius, dan
  • PayPal.

Dengan e-wallet pelanggan dapat bertransaksi tanpa uang tunai dan tanpa kartu. Cukup menggunakan ponsel pintar saja. 

Dompet digital atau E-Wallet merupakan layanan aplikasi elektronik dengan sistem menyimpan data instrumen pembayaran. Untuk penampung dana dan dapat digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi daring secara mudah dan aman.

QR Code 

Metode pembayaran online baru yang kian populer adalah QR Code atau Quick Response Code. Pelanggan hanya perlu menggunakan ponsel pintar untuk membidik QR code yang telah disediakan oleh penjual/toko online. Pelanggan pun tidak perlu lagi mengisi rincian transaksi. Dengan begitu, dapat menghindari terjadinya kesalahan pembeli pada saat memasukkan nomor rekening penjual. 

Bahkan untuk mendukung kemudahan pembayaran ini, sejak 2022 Bank Indonesia telah menetapkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Dengan inovasi ini QR code bisa dibayarkan dari aplikasi m-banking bank dan e-wallet Indonesia terkemuka. Setiap pebisnis cukup memiliki satu barcode untuk menerima pembayaran dari berbagai macam kanal.

Baca juga: 6 Strategi Menjangkau Calon Pembeli Potensial Bisnis Anda

Pay Later (Penyedia Pinjaman Online) 

Metode pembayaran yang tergolong baru, yakni penyedia pinjaman online atau dikenal dengan  pay later. Pay Later adalah fasilitas cicilan tanpa kartu kredit yang disediakan oleh jasa keuangan yang berbasis online. Konsep pembayaran dan cicilan Pay Later hampir mirip dengan kartu kredit. Hanya saja, Pay Later tak perlu menggunakan kartu fisik.

Pelanggan bisa memilih tenor kredit yang diinginkan sesuai dengan rekomendasi dari sistem. Biasanya mulai dari 1 bulan, 3 bulan, hingga 12 bulan.  Untuk bisa memanfaatkannya, cukup dengan mendaftar menggunakan KTP dan nomor telepon.  Setelah itu, bisa langsung mendapatkan limit pinjaman tanpa agunan. Penyedia pinjaman online di Indonesia, diantaranya

  • Indodana,
  • AkuLaku, dan
  • Kredivo.

Direct Debit 

Direct Debit adalah metode pembayaran dengan mendaftarkan kartu debit pada e-commerce sebagai sumber dana. Untuk menautkan kartu debit pada akun belanja, pelanggan bisa mendaftarkan nomor rekening dan kartu debit secara langsung sesuai petunjuk yang ada.

Setelah itu, pelanggan akan memperoleh one time password untuk melakukan one time authorization penautan akun. Pelanggan pun bisa langsung melakukan transaksi yang terintegrasi dengan bank pilihan hanya dalam satu kali klik. Beberapa contoh direct debit yaitu

  • OCTOClicks,
  • BCAKlikPay, dan
  • e-PayBRI.

Semua metode pembayaran untuk toko online di atas, menjadi satu dalam sistem payment gateway. Cukup daftar satu akun dan Anda bisa langsung membuka berbagai metode pembayaran diatas. Semakin banyak alternatif pembayaran dalam bisnis online, akan membuat pelanggan semakin merasa nyaman berbelanja. Bahkan berpotensi untuk repeat order.

Penulis: Merita Ratih

Editor: Erlinda Sukmasari