Istilah musik lo-fi masih terdengar asing bagi banyak orang. Akan tetapi, tanpa disadari, Anda pasti pernah setidaknya mendengar musik jenis ini di media sosial. 

Apa itu Musik Lo-fi

Inaproduct – Jika lelah bekerja atau mengurus bisnis, ini jenis musik yang akan Anda sukai. Musik ini bisa membuat Anda lebih tenang karena instumen-instrumen yang ada di dalamnya. Musik lo-fi identik dengan suara-suara menenangkan, seperti

  • Rintik hujan,
  • Serangga,
  • Air mengalir,
  • Kicauan burung, dan
  • Suara-suara yang berhubungan dengan alam lainnya

Oleh sebab itu, musik lo-fi sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin fokus ketika belajar atau bekerja. Kata lo-fi sendiri diambil dari low fidelity. Artinya, fidelitasnya cukup rendah. Arti fidelitas itu adalah tingkat keakuratan perangkat elektronik dalam memproduksi gambar atau suara.

Baca juga: 10 Lagu Korea Terbaru Bulan Ini

Jadi, Anda akan mendengarkan musik yang memang bersuara rendah. Di sanalah letak ketiaksempurnaannya. Anda akan didengarkan dengan suara yang rendah. Akan tetapi, di sanalah perbedaannya musik lo-fi dengan yang lainnya. Anda bisa mendengarkan versi nada yang berbeda dalam musik tersebut. 

Musik ini juga bisa dibilang merupakan musik gabungan antara hiphop dan jazz. Kemudian, gabungan tersebut diiringi dengan suara-suara seperti yang telah disebutkan di atas. Jadi, musik ini bisa menghasilkan nada yang baru bagi Anda. Akan tetapi, musik lo-fi pada umumnya sering menggabungkan musik-musik terkenal yang sudah tidak asing di telinga Anda.

Di Youtube, Anda bisa mendengarkan lagu-lagu pop terpopuler favorit Anda dalam versi yang berbeda. Contoh lagu-lagunya, seperti

  • Pura-Pura Lupa – Mahen,
  • Tanya Hati – Pasto,
  • Seberapa Pantas – Sheila On 7,
  • Melukis Senja – Budi Doremi, dan
  • Lain sebagainya.

Untuk Anda yang senang mendengarkan versi lagu asli tersebut, cobalah untuk mendengarkan versi musik lo-fi. Anda akan dibawa ke dalam suasana yang berbeda dari sebelumnya.

Rekomendasi Channel Musik Lo-fi Terbaik

Anda tak perlu khawatir tentang kualitas musik lo-fi. Walaupun kualitas musik ini memang terkenal rendah, tetapi suara-suara yang muncul masih sangat nyaman di telinga Anda. Anda justru bisa menemukan ketenangan baru ketika mendengarkan musik-musik ini.

Kalau sebelumnya Anda mendengarkan dengan semangat, bisa jadi ketika mendengarkan musik lo-fi, suasana dalam musik ini menjadi berubah. Hal tersebut dapat Anda buktikan dengan menyaksikan video-video dari channel youtube berikut.

Baca juga: 10 Comfort Show Netflix untuk Tontonan Weekend

Lofi Chill Mix

Channel youtube dengan subscriber berjumlah 26,1 ribu itu banyak menampilkan lagu-lagu pop populer Indonesia dalam versi lo-fi. Videonya sangat sederhana. Dia hanya menampilkan satu buah ilustrasi dengan dilengkapi judul-judul lagu beserta penyanyi aslinya. Anda akan dibawa ke situasi yang menenangkan dengan audio yang lembut dan ilustrasi yang indah.

Musictag

Channel ini lebih banyak menampilkan konten-konten audio berupa jazz. Seperti diketahui, lo-fi merupakan gabungan musik jazz juga. Oleh sebab itu, channel ini menampilkan konten musik jazz yang membantu untuk fokus atau rileks.

Bedroom Lofi

Walaupun hanya memiliki sekitar 600 subscriber, channel ini beberapa minggu terakhir konsisten mengupload musik lo-fi dengan konsep kamar tidur. Kontennya menampilkan ilustrasi ketenangan yang terjadi di kamar tidur. Oleh sebab itu, musik-musik yang ada di channel youtube ini sangat cocok untuk Anda yang ingin rileks ketika ingin tidur.

Chill with Taiki

Youtube ini mengedepankan tokoh animasi yang bernama Taiki. Dia adalah hewan kucing berbentuk animasi yang lucu dan digambarkan sedang mendengarkan musik santai. Oleh sebab itu, siapa pun yang menyaksikan youtube ini akan ikut santai bersama Taiki.

Soothing Piano Relaxing

Sesuai namanya, youtube ini banyak memperdengarkan lantunan-lantunan piano yang merdu. Selain itu, channel Youtube ini juga berbahasa Jepang. Jadi, video-video yang ditampilkan banyak yang berupa anime.

Itulah penjelasan tentang musik lo-fi dan beberapa rekomendasi Youtube-nya. Apakah Anda sedang mencari ketenangan dalam musik? Jawabannya adalah musik lo-fi ini. Dengarkan dengan tenang dan gunakan untuk fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Penulis: Cahaya Muslim

Editor: Erlinda Sukmasari