Apakah Anda kesulitan mengukur panjang suatu benda? Atau Anda ingin mengetahui berapa ukuran pakaian Anda untuk membuat baju? Pita ukur bisa menjadi jawaban untuk mengatasi masalah Anda.

Apa itu Pita Ukur?

pita ukur
Pita ukur

Inaproduct – Apakah bisnis Anda berhubungan dengan mengukur benda-benda? Apakah Anda mengukurnya dengan pita? Sesuai namanya, pita ukur adalah alat yang dipakai untuk mengukur. Biasanya, berbentuk jalur yang panjang dengan berbagai macam bahan, seperti kain dan baja. 

Pada ujung pita, terdapat semacam logam atau stainless kecil. Gunanya, untuk mengaitkan ke benda yang ingin diukur. Selain itu, memudahkan Anda juga untuk menarik pita.

Alat tersebut bermanfaat untuk mengukur berbagai hal. Pita ukur ini memiliki berbagai macam model. Tergantung, Anda menggunakannya untuk mengukur apa. Misalkan, pita ukur yang digunakan untuk mengukur baju. Pada umumnya, tekstur pitanya tidak kaku dan tanpa adanya case yang melengkapi. 

Sementara itu, ada juga yang pitanya kaku dan terdapat case atau semacam wadah yang menutupi gulungan pita. Hati-hati menggunakan alat yang ini karena pita bisa menggulung sendiri. 

Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan untuk mengunci terlebih dahulu kesesuaian ukuran Anda. Ada bagian dari pita yang berfungsi untuk mengunci pita agar tidak terpental kembali masuk ke case atau wadahnya. 

Pita ini mampu mengukur benda dengan panjang hingga 50 meter. Sebab, panjang dari pita ini sangat beragam. Mulai dari

  • 3 meter,
  • 5 meter,
  • 10 meter,
  • 30 meter, hingga
  • 50 meter.

Anda bisa membeli pita dengan panjang sesuai kebutuhan Anda. Apabila ingin sekadar mengukur panjang pakaian, Anda bisa membeli yang tidak terlalu panjang, seperti 5 atau 10 meter. Namun, apabila ingin mengukur benda-benda besar, Anda juga bisa menyesuaikan dengan menggunakan pita ukur yang lebih panjang.

Selain bagian tersebut, pita ini juga sering dilengkapi dengan case atau wadah. Bentuknya seperti rumah keong menjadi tempat menyimpan pita ukur ketika tidak digunakan. Terakhir, alat ini juga dilengkapi semacam gantungan kecil untuk menggantung alat tersebut di tempat yang mudah dijangkau. Letaknya berada di case atau wadahnya. 

Baca juga: Mengenal Bahan Linen Rami, Jenisnya, dan Keunggulannya

Fungsi Pita Ukur

Selain untuk mengukur panjang suatu benda, alat ini juga bermanfaat untuk mengukur sudut-sudut atau jarak. Dengan pengukuran yang tepat menggunakan alat ini, hasil akan jauh lebih bagus. Pita ini digunakan pada berbagai macam industri, seperti pakaian dan bangunan. Oleh sebab itu, Anda akan sering melihat tukang jahit menggantungkan pita ukur pada lehernya.

Hal tersebut digunakan untuk mengukur kain agar ukuran pakaian sesuai dengan permintaan pelanggan. Selain itu, digunakan juga pada industri bangunan. Bisa juga digunakan untuk mengukur tinggi badan. Oleh sebab itu, pita ini penting untuk dimiliki karena bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca juga: Ketahui Berbagai Ukuran Gelas Plastik dan Penggunaannya

Jenisnya

Jenis-jenis pita bisa dibagi berdasarkan bahan pitanya. Masing-masing bahan tersebut tergantung dalam penggunaan pita untuk mengukur apa.

Bahan Kain

Pita ini memiliki bahan kain. Pita berbahan ini sering digunakan oleh tukang jahit untuk mengukur pakaian. Selain itu, bisa juga dilingkarkan pada pinggang untuk mengukur lingkar pinggang.

Bahan Baja

Bahan ini memiliki case atau wadah untuk menyimpan pita. Oleh sebab itu, ketika menggunakan pita jenis ini, Anda harus memastikan mengunci pita ketika mengukur. Hal tersebut agar meteran tidak lepas sendiri sehingga bisa membahayakan Anda.

Itulah penjelasan tentang pita ini. Apakah Anda sudah memiliki pita ukur di rumah? Alat ini sangat bermanfaat untuk Anda yang sering salah ukuran ketika membeli baju di online shop. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa membeli pakaian yang nyaman sesuai ukuran tubuh Anda.

Penulis: Cahaya Muslim

Editor: Erlinda Sukmasari