Sudah punya profil bisnis? Manfaat profil bisnis adalah memperkenalkan produk atau jasa Anda secara profesional pada calon pelanggan.

Apa Itu Inaproduct?

Bagaimana cara terbaik agar bisnis Anda berkembang di pasar B2B dan mendapatkan banyak pembeli? Jawabannya adalah bergabung dengan platform B2B. Salah satunya adalah Inaproduct.

Inaproduct adalah platform B2B yang akan membantu bisnis Anda menemukan pembelinya. Namun, Inaproduct berbeda dengan platform B2B lainnya. Inaproduct memberikan Anda kemudahan dalam berbisnis. 

Saat ini, Inaproduct memiliki tiga layanan. Pertama adalah platform Inaproduct sebagai platform direktori bisnis Indonesia.

Anda dapat mendaftarkan bisnis secara GRATIS dan membuat profil bisnis profesional. Profil bisnis alias company profile ini menjadi alat untuk menemukan pembeli B2B Anda. 

Layanan kedua adalah Growth Program. Melalu Growth Program, Anda dapat mengembangkan bisnis dengan mengakses kelas bisnis eksklusif. 

Layanan ketiga adalah Enabler Program. Ini merupakan program yang membantu Anda memperluas distribusi produk. Anda dapat menjadi supplier bagi retail, horeka, bahkan pasar ekspor.

Profil Bisnis Inaproduct

Inaproduct adalah direktori bisnis Indonesia. Dalam Inaproduct, Anda dapat bertemu dengan sesama pelaku usaha. Baik itu

  • Supplier,
  • Distributor,
  • Eksportir,
  • Retailer,
  • Reseller,
  • Dan lain-lain.

Berada di satu tempat yang sama membuat para pelaku usaha menjadi lebih mudah terkoneksi. Anda dapat menemukan peluang usaha baru, meningkatkan kredibilitas bisnis, hingga memasarkan bisnis lebih efektif. 

Inaproduct fokus pada pasar B2B. Artinya, jika Anda ingin meningkatkan leads dan buyer B2B, ini adalah tempat yang tepat!

Pengguna Inaproduct bukan end user. Mereka tak mencari Anda untuk membeli produk secara eceran. Inaproduct juga bukan marketplace tempat calon pembeli akan memasukkan produk Anda ke dalam keranjang.

Bagaimana Inaproduct Dapat Membantu Bisnis Anda?

Lalu, bagaimana Inaproduct dapat membantu bisnis Anda? Inaproduct menyediakan profil bisnis gratis. Profil bisnis adalah informasi mengenai bisnis Anda. Mulai dari

  • Bagaimana bisnis Anda berdiri,
  • Visi dan misi bisnis Anda, 
  • Klien yang pernah bekerja sama dengan Anda,
  • Kekuatan bisnis Anda dibanding kompetitor, 
  • Dan lain-lain.

Manfaat Profil Bisnis

Profil bisnis memiliki manfaat sebagai berikut

  • Membuat bisnis Anda lebih menonjol dibanding kompetitor,
  • Menunjukkan kapabilitas binis Anda dalam memenuhi kebutuhan konsumen,
  • Menunjukkan potensi bisnis Anda, dan
  • Membuat bisnis Anda lebih mudah ditemukan oleh pembeli B2B.

Umumnya, orang-orang mengenal Google Business Profile sebagai tempat untuk membuat profil bisnis. Melalui profil bisnis ini, Anda dapat menjelaskan

  • Lokasi,
  • Nomor telpon,
  • Jam operasional,
  • Foto bangunan atau produk,
  • Website, dan 
  • Reviu.

Informasi ini membuat bisnis Anda lebih dapat dipercaya oleh calon konsumen. Namun, selain Google Business Profile, Anda dapat memanfaatkan Inaproduct. Inaproduct memprosisikan dirinya sebagai layanan profil bisnis khusus untuk B2B. 

Inilah beberapa skenario yang mungkin terjadi ketika calon pembeli menemukan halaman bisnis Anda di Inaproduct.

  1. Seorang eksportir menemukan profil bisnis Anda di Inaproduct. Ia lalu menghubungi Anda untuk mengekspor produk-produk Anda! Produk Anda berpeluang diekspor ke Amerika.
  2. Seorang distributor mencari supplier makanan beku dan menemukan profil bisnis Anda. Ia menawarkan diri mendistribusikan produk makanan beku Anda ke toko-toko di Jabodetabek.
  3. Sebuah modern market di Jakarta sedang membutuhkan supplier jamu tradisional. Profil bisnis Anda sebagai produsen jamu ditemukan di Inaproduct. Anda dihubungi untuk memasok modern market tersebut, tanpa biaya listing!

Cara Memanfaatkan Inaproduct untuk Bisnis Anda

Klaim Profil Bisnis Anda

Tampilan profil bisnis yang telah diklaim
Tampilan profil bisnis yang telah diklaim

Sangat mungkin profil bisnis Anda sudah ada di Inaproduct. Anda dapat mengklaimnya. Jika belum ada, Anda bisa membuatnya sendiri. Pertama, daftarkan diri Anda dengan klik di sini.

Pendaftaran profil bisnis ini GRATIS. Beberapa data yang perlu Anda cantumkan antara lain

  • Nama bisnis,
  • Kategori usaha,
  • Nama pemilik,
  • Deskripsi usaha,
  • Dan lain-lain.

Inaproduct akan memproses pendaftaran Anda. Kemudian, profil bisnis Anda siap tayang dan ditemukan calon pembeli. Sebarkan profil bisnis Anda di media sosial agar lebih banyak trafik datang.

Baca juga: Wow, 95% Keputusan Pembelian Terjadi Karena Emosi!

Optimasi Halaman Bisnis Anda di Inaproduct

Sekarang, saatnya Anda mengoptimasi halaman bisnis tersebut. Tanpa melakukan optimasi, halaman bisnis Anda akan kurang berdampak. 

Isi Kategori

Saat artikel ini ditulis, ada 19 kategori produk yang dapat Anda pilih di Inaproduct. Kategori ini menggambarkan produk yang Anda miliki.

Selain itu, Inaproduct memiliki 282 subkategori. Jumlahnya akan terus bertambah, sesuai dengan produk yang Anda tampilkan pada katalog di halaman bisnis Anda.

Contohnya, produk Anda termasuk dalam kategori furnitur. Anda dapat mengelompokkannya menjadi subkategori yang lebih spesifik. Misalnya lampu ruangan, lampu komersial dan industri, atau lampu lanskap. 

Deskripsikan Bisnis Anda

Deskripsi bisnis di profil bisnis Inaproduct
Contoh deskripsi bisnis yang baik dari Rendang Uni Tutie

Ingin menjelaskan bisnis Anda secara lengkap dan semenjual mungkin? Tenang, Anda dapat menulis deskripsi bisnis hingga 5000 karakter di Inaproduct! Sebagai perbandingan, Anda hanya dapat menulis sebanyak 1500 karakter di situs Yelp. 

Inaproduct memastikan bahwa Anda memiliki cukup ruang untuk menjelaskan seberapa hebatnya bisnis Anda. Anda dapat menyebutkan ke mana saja Anda memasok produk.

Agar lebih SEO-frendly, sebaiknya Anda menulis deskripsi produk minimal banyak 300 kata. Ini akan membuat profil bisnis Anda lebih mudah terindeks mesin pencari Google. Sehingga, bisnis Anda jadi lebih mudah ditemukan!

Sertifikasi produk yang lengkap
Contoh sertifikasi produk yang lengkap dari Duta Pesisir

Sebutkan juga kapasitas produksi Anda per bulan hingga kesanggupan Anda melakukan ekspor. Termasuk sertifikasi yang menunjang produk Anda seperti Halal MUI, BPOM, dan lain-lain.

Sertifikasi produk penting jika Anda ingin menjadi supplier bagi retail, horeka, hingga ekspor. Cantumkan sertifikasi Anda selengkap mungkin. 

Tampilkan Foto dan Deskripsi Produk

Deskripsi produk di profil bisnis Inaproduct
Contoh deskripsi produk yang baik dari Ing Pawon

Untuk memaksimalkan halaman bisnis, Anda perlu memanfaatkan katalog produk Inaproduct. Masukkan foto atau video produk yang beresolusi tinggi.

Deskripsikan produk tersebut mulai dari MOQ (minimum order quantity), ukuran, cara pakai, dan lain-lain. Informasi ini akan membantu calon pembeli untuk memutuskan menghubungi bisnis Anda.

Inaproduct memiliki Ina Compro+ yaitu layanan premium untuk membuat profil bisnis Anda makin menonjol. Untuk memiliki katalog produk dan tombol CTA (call to action), Anda perlu mengaktifkan Ina Compro+ terlebih dahulu.

Hubungi customer service kami untuk mengaktifkan Ina Compro+. Lamanya proses verifikasinya tergantung kelengkapan data Anda. 

Berikan Informasi Kontak Anda

Profil bisnis dengan tombol CTA
Contoh profil bisnis dengan tombol CTA

Ketika telah memiliki akun Ina Compro+ artinya Anda dapat mengaktifkan tombol CTA. Tombol ini akan mengarahkan calon pembeli ke nomor Whatsapp Anda. Dengan demikian, tiap leads yang masuk akan langsung mengarah pada Anda. 

Dalam platform Inaproduct, Anda tak dapat bertransaksi dengan pembeli. Anda tak perlu mengeluarkan biaya komisi untuk setiap penjualan yang terjadi. Inilah salah satu kelebihan Inaproduct dibanding platform serupa lainnya di Indonesia.

Mendapatkan Leads Melalui RFQ

Tampilan RFQ di Inaproduct
Tampilan RFQ di Inaproduct

RFQ (request for quotation) adalah pengajuan permintaan penawaran dari seorang calon pembeli pada supplier. Jadi, ketika seorang calon pembeli membutuhkan suatu produk, ia akan menggunakan fitur RFQ. Inaproduct akan menyebarkan RFQ tersebut pada pelaku usaha yang menyediakan produk tersebut.

Saat bisnis Anda menerima RFQ, Anda dapat menjawabnya dengan harga produk hingga MOQ. Jika calon pembeli tersebut setuju, ia dapat langsung mengontak Anda untuk melakukan kerja sama. Anda pun mendapatkan buyer dan siap memasok produk.

Baca juga: RFQ: Fitur Tawar Menawar Versi Digital

RFQ biasanya mencakup

  • Harga produk, 
  • Kualitas produk,
  • Syarat pembayaran, dan
  • Durasi kontrak.
Tampilan RFQ yang diterima seller

Sebagai pemilik usaha, dalam RFQ Anda juga perlu menginformasikan rekam jejak bisnis Anda. Jelaskan pengalaman Anda dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Beri tahukan juga fleksibilitas Anda sebagai seorang supplier.

Beberapa manfaat RFQ antara lain

  • Membuat proses pengadaan barang menjadi lebih efektif dan efisien. Setiap produk yang dibutuhkan calon pembeli tercantum lengkap dalam lembar penawaran. 
  • RFQ meniminalisir risiko seperti stok habis, harga yang berubah, dan lain-lain.
  • RFQ memudahkan proses bisnis antara Anda dan calon pembeli. Prosesnya juga lebih hemat waktu.

Siap mengembangkan bisnis Anda lewat Inaproduct? Maksimal profil bisnis Anda sekarang!