Teknologi yang mempermudah pelanggan dalam bertransaksi online adalah Payment Gateway. Anda bisa memanfaatkan Payment Gateway untuk mengembangkan bisnis atau UMKM Anda. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya.

Pengertian Payment Gateway

Inaproduct – Payment Gateway merupakan teknologi yang menjadi jembatan atau penghubung antara pelanggan, pelaku usaha, dan bank. Dengan menggunakan teknologi ini, proses transaksi jadi lebih aman dan mudah. Ini memungkinkan Anda sebagai seller untuk menerima transaksi dari mana saja dan diproses secara real time.

Cara Kerja Payment Gateway

  • Pelanggan melakukan transaksi di aplikasi e-commerce, website, dan lain-lain. Setelah itu pelanggan akan diarahkan ke sebuah laman untuk memilih metode pembayaran
  • Penentuan metode pembayaran inilah yang menggunakan Payment Gateway. Lalu, pelanggan dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Setelah metode pembayaran sudah ditentukan, proses akan dilanjutkan ke payment processor bank. Setelah itu, bank akan mengirimkan respon berupa kode khusus ke payment processor. 
  • Kode khusus ini akan dimasukkan oleh pelanggan. Jika kode khusus terdeteksi mengalami kesalahan maka transaksi bisa digagalkan.
  • Jika kode tersebut telah berhasil dikonfirmasi, status pembayaran menjadi lunas. Informasi tersebut akan sampai ke pelaku usaha dan transaksi pun sukses dilakukan.

Baca juga: Cara Membuat Buku Besar untuk Laporan Keuangan Bisnis Anda

Manfaatnya Bagi Seller

Keamanan Toko Online Lebih Terjaga

Sistem pembayaran ini bisa mencegah adanya proses transaksi fiktif. Transaksi fiktif seringkali menjadi masalah dan merugikan seller.

Seller Tak Perlu Memiliki Banyak Rekening

Sistem ini memudahkan seller untuk memiliki satu rekening atau aplikasi pembayaran. Seller tak perlu memiliki banyak rekening untuk menyesuaikan pelanggan. Teknologi ini memungkinkan seller menerima transaksi dari pelanggan dengan berbagai jenis bank yang berbeda.

Proses Pengawasan Pembayaran Jadi Lebih Mudah

Prosesnya yang real time dan terekam sehingga mempermudah seller dalam proses pengawasan pembayaran. Seller bisa menerima transaksi tanpa harus datang ke bank. Proses ini menjadi lebih cepat, efisien dan efektif.

Baca juga: 7 Manfaat Analisis Peluang Usaha dan Cara Melakukannya

Manfaatnya Bagi Buyer

Transaksi Online Menjadi Lebih Mudah

Sistem pembyaran ini memudahkan buyer untuk melakukan transaksi. Dengan jaringan internet, buyer bisa melakukan transaksi kapan pun dan dimana pun.

Menawarkan Banyak Opsi Pembayaran

Sistem ini menawarkan banyak opsi pembayaran seperti kartu debit, kartu kredit, e-wallet dan sebagainya. Buyer bebas menentukan opsi pembayaran yang ingin dipilih. 

Transaksi Lebih Aman dan Real Time

Menggunakan sistem pembayaran ini meningkatkan kepercayaan buyer kepada seller dan minim resiko. Buyer pun juga tak perlu melakukan transaksi secara manual ke bank karena pembayaran dapat dilakukan secara real time.

Contoh Payment Gateway

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh Payment Gateway terbaik atau sering Anda temukan di mana saja, diantaranya adalah

  • Midtrans,
  • Doku,
  • Finpay,
  • Paypal,
  • Amazon Pay,
  • OVO, dan
  • Prismalink.

Penulis: Shabana Azzahra

Editor: Erlinda Sukmasari