Anda sedang mencari peluang usaha online di desa yang bisa dijalankan dengan modal minim? Ini cocok untuk Anda yang tinggal di pedesaan dan ingin mulai membuka usaha. 

Apa Itu Peluang Usaha?

Inaproduct – Mari kita memahami terlebih dahulu mengenai pengertian peluang usaha. Peluang usaha memiliki banyak definisi. Singkatnya, peluang usaha adalah kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis atau UMKM untuk meraih keuntungan.

Lakukan analisis dan pengumpulan informasi mengenai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat setempat untuk menemukan peluang. Misalnya, area pedesaan Anda belum memiliki jasa cuci baju. Anda bisa melihat situasi tersebut sebagai masalah sekaligus memanfaatkannya sebagai peluang usaha. 

Baca juga: 17 Ide Jualan Bulan Ramadan yang Menguntungkan 

Peluang usaha memiliki beberapa ciri-ciri, di antaranya adalah

  • Ide usaha yang orisinal dan hindari plagiat,
  • Sesuai dengan kebutuhan pasar di masa mendatang,
  • Memiliki tujuan untuk meraih keuntungan dan risiko yang perlu dihadapi,
  • Sebuah solusi dari permasalahan yang dialami oleh target pasar, dan
  • Mempunyai kreativitas dan inovasi.

Ciri-ciri peluang usaha di atas dapat menjadi acuan bagi Anda. Untuk menjadi pelaku usaha Anda perlu memiliki wawasan dan pemahaman yang luas. Hal ini bertujuan agar Anda tak gegabah ketika mengambil keputusan terhadap sebuah peluang.

Kini, peluang usaha bisa Anda kembangkan secara online. Artinya, tak menutup kemungkinan Anda bisa mengembangkan peluang usaha online di desa. Lokasi bukan hambatan untuk berbisnis.

15 Peluang Usaha Online di Desa

Produk Makanan Olahan

Area pedesaan memiliki sumber daya alam yang melimpah. Salah satunya adalah bahan baku makanan. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan membuat produk makanan olahan. Seperti keripik, asinan, bawang goreng, dan sebagainya.

Makanan Beku (Frozen Food)

Olahan makanan beku juga bisa menjadi ide peluang usaha online di desa. Produk makanan beku terkenal dengan praktis dan efisien. Tak ada salahnya jika Anda mengembangkan usaha makanan beku.

Baca juga: 9 Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Produk Hasil Ternak

Sama halnya dengan produk makanan olahan, pedesaan juga erat kaitannya dengan peternakan. Anda bisa mengolah sumber daya peternakan di area pedesaan terdekat. Misalnya daging ayam, sapi, telur, dan sebagainya.

Budidaya Ikan

Bisnis budidaya ikan digemari oleh berbagai kalangan dan tak pernah lekang oleh waktu. Anda bisa memanfaatkan peluang usaha online di desa dengan budidaya ikan. Misalnya, ikan lele, ikan cupang, ikan hias dan lain-lain.

Toko Souvenir

Jika desa Anda dekat atau menjadi daerah pariwisata, hal ini bisa menjadi peluang usaha. Anda bisa mengembangkan toko souvenir untuk menarik para pelancong. Anda juga bisa mempromosikan souvenir melalui toko atau media sosial online.

Bibit Tanaman dan Obat Pertanian

Suka dengan agribisnis atau tanaman? Maka, Anda bisa melihat memanfaatkannya sebagai peluang usaha. Terlebih lagi, pedesaan menunjang usaha tanaman. Anda bisa menjual bibit, pupuk, obat, atau budidaya tanaman hias.

Usaha Pakaian, Sepatu, atau Aksesoris

Pakaian, sepatu, dan aksesoris bisa menjadi ide peluang usaha online di desa. Contohnya seperti aneka baju muslim, kaos sablon unik, aksesoris etnik, dan sebagainya.

Reseller atau Dropship Produk

Berhubungan dengan ide di atas, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper produk. Misalnya reseller atau dropshipper baju online, souvenir online, dan sebagainya. Dengan menjadi reseller atau dropshipper, Anda tak perlu repot memikirkan stok barang jualan. 

Usaha Material atau Bahan Bangunan

Sumber daya alam yang melimpah di pedesaan dapat Anda manfaatkan sebagai peluang usaha. Anda bisa mengembangkan usaha material atau bahan bangunan dengan mudah.

Aneka Kue dan Cemilan

Kue dan cemilan tradisional memiliki daya tarik bagi para wisatawan. Berkaitan dengan toko souvenir, Anda bisa menjual aneka kue dan cemilan tradisional.

Jasa Tour Guide

Desa terkenal dengan memiliki banyak tempat wisata. Anda bisa menawarkan jasa tour guide bagi para wisatawan. Anda dapat menemani para pelancong berkeliling lokasi bersejarah, tempat alam dan sebagainya.

Jasa Rias Pengantin

Menggunakan jasa rias pengantin masih terbilang cukup sulit di desa. Anda dapat melihat hal ini sebagai peluang usaha. Anda dapat berlatih keterampilan merias muka melalui channel youtube atau kursus.

Jasa Sewa Tempat untuk Liburan

Jika Anda memiliki lahan atau rumah di desa, Anda dapat menyewakannya untuk para wisatawan yang sedang berlibur. 

Usaha Kerajinan Tangan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Desa memiliki sumber daya alam yang melimpah. Anda dapat dengan mudah memanfaatkan berbagai sumber daya alam di desa. Tak terkecuali memanfaatkannya menjadi kerajinan tangan.

Usaha Sewa Transportasi

Para wisatawan pastinya membutuhkan akses transportasi untuk memudahkan rencana berliburnya. Nah, Anda dapat membangun usaha sewa transportasi bagi para wisatawan. Contohnya rental motor, mobil dan sebagainya.

Penulis: Shabana Azzahra

Editor: Erlinda Sukmasari