Referral marketing justru dilakukan oleh konsumen sehingga berbeda dengan teknik pemasaran pada umumnya. Dengan sistem ini, konsumen akan mengenalkan suatu produk ke orang yang dikenalnya.

Pengertian Referral Marketing 

Inaproduct – Referral marketing adalah metode pemasaran dengan mengajak pelanggan merekomendasikan produk kepada pelanggan baru. Jadi, pada dasarnya referral marketing adalah salah satu strategi pemasaran word of mouth. 

Cara kerjanya yakni meminta pelanggan untuk menjadi pendukung sebuah merek dan bisnis. Mereka nantinya akan tergabung dalam sebuah kampanye. Llalu mendapatkan link atau kode khusus untuk dibagikan ke orang terdekatnya. Pelanggan akan menerima komisi setelah penerima referral membeli produk menggunakan link atau kode tersebut.

Tujuan program ini adalah membentuk pelanggan menjadi mitra referral. Tujuan lainnya yakni untuk mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan. Caranya melalui testimoni dan opini yang diberikan pelanggan yang bertindak sebagai mitra referral.

Biasanya, seorang pelanggan mau menjadi mitra referral karena dua faktor. Pertama, pelanggan merasa sangat puas dan mendapatkan banyak manfaat dari suatu produk. Mereka dengan suka rela memberikan informasi mengenai produk kepada orang yang dikenalnya. Kedua, pelanggan akan termotivasi mempromosikan produk karena adanya imbalan apabila melakukan referral.

Manfaat Referral Marketing 

Manfaat metode marketing ini adalah sebagai berikut

  • Meningkatkan penjualan,
  • Membangun brand awareness,
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen,
  • Menciptakan siklus promosi otomatis,
  • Mengumpulkan leads tanpa perlu hard selling, dan
  • Memperoleh reach atau jangkauan yang luas.

Baca juga: Apa Itu Affiliate Marketing? Baca Penjelasannya di sini

Cara Kerjanya

Selain berupa rekomendasi produk, metode marketing satu ini sendiri bisa berupa

  • Ajakan membeli, 
  • Membuat akun, hingga 
  • Membagikan konten.

Intinya, mendorong pelanggan untuk mengajak konsumen baru. Caranya adalah sebagai berikut.

Tetapkan Kode Referral

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menjalankan metode marketing ini  adalah menetapkan kode referral. Kode referral biasanya terdiri dari kombinasi angka dan huruf unik.

Kode referral ini ada dua jenis. Pertama berupa kode statis. Pada seluruh referensinya akan menggunakan kode yang sama. Kedua berupa kode referral yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf unik untuk setiap pelanggan selaku mitra referral.

Kode referral unik cocok untuk Anda yang ingin memberikan komisi ataupun insentif ke pelanggan. Ini akan memudahkan Anda dalam mendata referral.

Meminta Mitra Referral Membagikan Kode

Setelah menetapkan kode referral, langkah selanjutnya adalah meminta mitra referral untuk membagikan kode tersebut kepada pelanggan. Saat mengirimkan kode pada mitra referral tuliskan juga syarat dan ketentuan terkait program referral yang diadakan. Supaya mudah dipahami pelanggan sebagai mitra referral.

Baca juga: 9 Strategi Marketing Penjualan Partai Besar

Pengumpulan Kode Promo

Langkah terakhir, pemilik bisnis harus mengumpulkan dan mendata kode. Data ini akan didapatkan ketika pelanggan memasukkan kode saat checkout. Bisa juga saat pemilik bisnis melacak kode dari tautan dan juga cookie yang sudah disetujui.

Data ini nantinya bisa digunakan oleh pelaku usaha untuk menentukan besaran komisi yang akan diberikan kepada mitra referral. Referral yang paling banyak digunakan akan mendapatkan insentif atau komisi.

Akan tetapi masing-masing bisnis mempunyai aturan tersendiri untuk bisa memperoleh komisi. Beberapa ada yang menetapkan satu penggunaan referral sama dengan satu kali komisi. Ada juga yang memperoleh insentif dengan minimal terdapat lima akun yang menggunakan kode tersebut untuk melakukan belanja. 

Demikian beberapa hal penting yang harus Anda ketahui tentang referral marketing. Untuk menjalankan referral marketing, Anda bisa mulai dengan mengumumkan terkait adanya program referral kepada pelanggannya. 

Lalu, bujuk para pelanggan untuk turut serta. Intinya, selama Anda dapat mencapai good customer experience, maka referral marketing akan memberikan efek yang signifikan. Jadi UMKM tak perlu ragu untuk mencoba referral marketing ini. 

Penulis: Merita Ratih

Editor: Erlinda Sukmasari