Sebagai pebisnis, Anda harus tahu tentang istilah bisnis. Ada banyak sekali istilah bisnis seperti profit, gross, net, dan lain-lain. Mempelajari istilah ini akan membantu Anda untuk lebih memahami dunia bisnis. Cari tahu lebih dalam dengan membaca artikel ini sampai habis.

Istilah Bisnis

Bisnis adalah usaha yang dilakukan individu atau kelompok untuk mendapatkan laba. Caranya adalah dengan memproduksi barang atau jasa. Bisnis memiliki beragam bentuk. Mulai dari pabrik, distributor, importir, reseller, dan lain-lain.

istilah bisnis

Bargaining

Bargaining merupakan kegiatan negosiasi yang dilakukan untuk menentukan nilai akhir suatu barang atau jasa. Dalam bisnis, seseorang perlu memiliki kemampuan tawar menawar untuk mendapatkan harga terbaik. Kemampuan seseorang melakukan tawar menawar disebut sebagai bargaining power.

Bootstrap

Bootstrap adalah kondisi ketika sebuah perusahaan berdiri tanpa bantuan dari investor. Hal ini mungkin dilakukan jika perusahaan tersebut memiliki modal yang besar.

Brand

Brand adalah seperangkat identitas yang membedakan sebuah bisnis dengan bisnis lainnya. Identitas ini dapat berupa nama, logo, simbol, dan fitur-fitur lainnya. Identitas ini membuat sebuah bisnis juga memiliki kemungkinan lebih besar untuk dipilih konsumen.

Branding

Branding merupakan kegiatan atau tindakan  untuk menciptakan sebuah brand. Setiap perusahaan tentu memiliki caranya sendiri untuk melakukan branding. Branding dilakukan agar merek dari suatu perusahaan dapat tertanam di benak masyarakat.

Baca juga: Ternyata, Lebih Mudah Mempertahankan Konsumen Lama Dibanding Mencari yang Baru!

Brand Awareness

Brand awareness merupakan kemampuan konsumen dalam mengingat atau mengenali suatu brand dengan baik. Brand awareness penting bagi perusahaan karena hal tersebut akan berdampak pada keputusan pembelian konsumen.

Profit

Sederhananya, profit atau laba adalah pendapatan bersih bisnis Anda. Jumlah profit dihitung dari total penghasilan dikurangi dengan pengeluaran. 

Gross

Gross disebut juga sebagai laba kotor. Artinya, ini adalah pendapatan bisnis Anda sebelum dikurangi dengan pahak dan biaya lain.

Net

Net atau laba bersih adalah pendapatan yang tersisa setelah pengeluaran. Ini merupakan angka tunggal dan mewakili jenis laba tertentu. Laba bersih ini ada di bagian bawah laporan keuangan.

Revenue

Revenue adalah jumlah total pendapatan dari barang atau jasa yang merupakan kegiatan operasi utama bisnis. 

Baca juga: Wow, 95% Keputusan Pembelian Terjadi Karena Emosi!

Cashflow

Disebut juga sebagai arus kas, yaitu kenaikan atau penurunan jumlah uang dalam suatu bisnis. 

B2B

B2B atau Business to Business merupakan transaksi yang terjadi antara bisnis yang satu dengan yang lainnya. Kegiatan ini diperuntukan untuk perusahaan lain, bukan untuk perorangan atau grup. Misalnya, supplier kursi kerja yang menawarkan bisnisnya kepada salah satu kantor.

B2C

B2C atau Business to Customer merupakan transaksi antara bisnis dan konsumen secara langsung. Misalnya kamu mempunyai bisnis sembako dan kamu menjualnya kepada seorang konsumen.

Outsourcing

Outsourcing merupakan bentuk kegiatan dimana perusahaan mempekerjakan orang dari luar perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu didalam perusahaan seperti mengurus administrasi kantor, manufaktur, customer service, dan yang lainnya. Hal ini biasa dilakukan perusahaan untuk memangkas biaya operasional mereka.

HPP

Harga Pokok Penjualan adalah jumlah pengeluaran dari proses produksi suatu barang atau jasa. Termasuk ke dalam harga pokok penjualan yaitu biaya gaji karyawan, bahan baku, dan lain-lain.

Stakeholder

Merupakan individu, kelompok, maupun komunitas yang memiliki hubungan atau kepentingan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dalam bisnis, stakeholder memiliki kemampuan untuk memengaruhi atau dipengaruhi.

Sekarang, Anda jadi tahu lebih banyak kan tentang istilah bisnis? Siap untuk mengembangkan bisnis Anda?