Anda pasti paham bahwa peran supplier secara umum adalah memasok sumber daya yang berbentuk bahan mentah kepada pihak lain pada individu atau perusahaan. Namun, tahukah Anda peran supplier secara spesifik dalam bisnis Anda?

Selain kelancaran proses produksi, supplier ternyata memiliki peran yang lebih besar. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas peran supplier dalam bisnis yang wajib Anda ketahui. Silakan simak penjelasannya dibawah ini.

Apa itu supplier?

peran supplier
Peran supplier

Inaproduct – Dalam bisnis, pemasok atau supplier adalah individu  yang memasok barang atau jasa yang dibutuhkan oleh entitas bisnis lain. Oleh karena itu, supplier merupakan bagian dari rantai pasokan (supply chain) yang menyediakan produk tertentu secara massal dalam jumlah besar.

Supplier berperan penting dalam product life cycle. Product life cycle atau siklus produk merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk sampai produk tersebut siap dipasarkan. Mulai dari mencari bahan mentah yang berkualitas di pasar hingga mempercepat proses produksi. Setiap bisnis atau perusahaan perlu menjalin hubungan yang baik dengan supplier agar proses produksi berjalan lancar

Baca juga: Ini Dia Perbedaan Supplier dan Vendor yang Belum Anda Ketahui

Peran Supplier Bagi Bisnis

Inilah beberapa peran supplier yang perlu Anda ketahui.

Menyediakan Sumber Daya yang Dibutuhkan Produsen

Peran supplier yang pertama adalah menyediakan sumber daya yang dibutuhkan produsen. Supplier itu ibarat bensin. Proses produksi baru bisa berjalan setelah mendapat pasokan dari supplier.

Menggerakkan Siklus Produksi

Seperti yang sudah dijelaskan, peran supplier adalah memasok sumber daya. Sehingga otomatis siklus produksi juga bergantung pada supplier. Dengan kata lain supplier merupakan kunci ketepatan waktu produksi perusahaan. Sebagai contoh, Anda menjual produk teh. Jika supplier teh Anda terlambat mengirim pasokan, penjualan Anda kemungkinan besar ikut terhambat.

Sebagai Kunci Produk Akhir yang Berkualitas

Kalau dari bahan bakunya jelek, tentu produk akhir yang produsen hasilkan juga tak maksimal. Begitu juga sebaliknya. Misalnya, Anda tak bisa membuat sosis premium jika menggunakan daging busuk. Itu sebabnya, kualitas bahan baku dari supplier ikut menentukan hasil akhir produk Anda.

Baca juga: Panduan Menjadi Supplier untuk Pemula

Menjaga Daya Saing

Peran berikutnya adalah membantu bisnis menjaga daya saing dengan kompetitor. Para pemasok yang berkualitas akan membantu bisnis tetap di atas standar dalam hal kualitas, harga, dan kegunaan produk.

Menjaga Kepercayaan Konsumen 

Kepercayaan konsumen sangat dipengaruhi oleh kemampuan bisnis dalam menangani permintaan. Sebuah bisnis akan dianggap andal bila mampu mengirimkan pesanan tepat waktu. Dengan kata lain, supplier berperan  untuk menjaga kepercayaan konsumen suatu entitas bisnis. 

JIka supplier mengirim pasokan barang secara tepat waktu, entitas bisnis penerima pasokan dapat mengelola inventaris dengan baik. Jadi, proses produksi pun dapat berlangsung lebih optimal dan sampai ke tangan konsumen tepat waktu.

Pengelolaan Keuangan Lebih Baik

Memiliki pemasok yang baik akan membantu bisnis dalam pengelolaan keuangan. Sebagai contoh, saat bisnis kekurangan uang kas, biasanya supplier akan memberikan bantuan. Bentuk bantuan tersebut macam-macam. Bisa dalam bentuk perpanjangan jangka waktu kontrak, mengubah tanggal jatuh tempo pembayaran, bahkan berinvestasi di bisnis sebagai suntikan modal tambahan.

Nah, itulah pembahasan mengenai peran supplier bagi sebuah bisnis. Oleh karena itu, menjaga hubungan yang baik untuk mempertahankan supplier yang kinerjanya bagus adalah kunci keberhasilan dari suatu bisnis.

Penulis: Merita Ratih

Editor: Erlinda Sukmasari