Tahukah Anda tentang istilah supplier? Dalam bisnis, supplier adalah istilah umum yang mengacu pada seseorang atau perusahaan yang menyediakan barang untuk dijual.

Inaproduct – Sesekali, pasti Anda pernah bertanya-tanya tentang dari mana para pedagang mendapatkan banyak barang untuk dijual? Kemudian, bertanya juga tentang bagaimana proses penyediaan barang sampai bisa dibeli oleh Anda? 

Sebelum barang tersebut bisa dijual kepada Anda, prosesnya sangatlah panjang. Salah satu proses awalnya adalah dari supplier ini. Sebab, mereka menyediakan bahan mentah untuk perusahaan atau orang yang memproduksi barang jadi untuk dijual kepada konsumen.

Dalam transaksi sehari-hari, Anda jarang menggunakan istilah tersebut karena memang supplier tidak berhubungan langsung dengan pembeli. Supplier lebih banyak menyediakan bahan baku dalam jumlah besar untuk pihak yang melakukan produksi.

Sementara itu, seperti diketahui, pembeli hanya membeli barang secara satuan untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, supplier tujuannya bukan untuk menjual, melainkan menyediakan bahan baku produksi.

Apa itu Supplier

Supplier adalah orang atau organisasi yang memasok produk atau jasa untuk entitas bisnis lain. Supplier disebut juga sebagai pemasok. Kemudian, memasok itu sendiri memiliki arti mengadakan persediaan atau menyuplai. 

Pada umumnya, supplier memasok persediaan bahan untuk kebutuhan produksi sebuah perusahaan. Contoh sederhananya, perusahaan es krim membutuhkan susu. Perusahaan tersebut pun mencari supplier yang bisa memasok bahan baku berupa susu untuk mereka.

Contoh lain, perusahaan yang membuat pakaian sendiri. Perusahaan tersebut membutuhkan kain dengan kualitas yang bagus. Akhirnya, dicarilah supplier yang dapat menyediakan kain-kain tersebut.

Baca juga: Sudah Tahu Peran Supplier dalam Bisnis Anda?

Tugas Supplier

Tidak hanya menyediakan barang, supplier juga harus memastikan banyak hal. Tujuannya agar bahan yang mereka sediakan kualitasnya tetap baik saat sampai ke tangan pihak yang membutuhkan

  • Memastikan ketersediaan bahan baku untuk perusahaan. Artinya, supplier harus mampu menyediakan bahan dalam jumlah besar.
  • Memastikan pengiriman bahan tepat waktu dan kondisi barang baik.
  • Menjaga kualitas barang tetap baik sebelum dikirimkan kepada pihak yang memesan.

Cara Kerja Supplier

Seperti sudah dijelaskan, supplier tidaklah berhubungan langsung dengan pembeli. Namun, cara kerja supplier adalah mereka menyediakan bahan baku untuk pihak yang melakukan produksi barang.

Oleh sebab itu, promosi-promosi yang dilakukan supplier sangatlah terbatas. Dalam artian, Anda akan jarang melihat iklan dari supplier. Sebab, target bisnis mereka adalah pihak yang akan melakukan produksi.

Jadi, supplier akan lebih banyak melakukan promosi kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan bahan mereka. Tidak hanya pada perusahaan, mereka juga bisa memasok kepada individu apabila memang membutuhkan. Seperti diketahui, harga bahan yang dibeli di supplier biasanya akan jauh lebih murah karena dibeli dalam jumlah besar.

Baca juga: Panduan Menjadi Supplier untuk Pemula

Jenis-Jenis Supplier

Ada empat jenis supplier yang perlu diketahui. Jenis-jenis ini dibagi berdasarkan pasokan yang disediakan.

Supplier Barang

Supplier jenis ini menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh pihak yang memproduksi. Misalkan, menyuplai kertas untuk memproduksi buku tulis.

Supplier Fabrikasi

Supplier ini biasanya mengolah bahan terlebih dahulu sebelum dipasok kepada pihak yang membutuhkan. Jadi, bahan diolah sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan pihak yang memproduksi. Misal, memproduksi gula pasir yang berbahan dasar dari tebu.

Supplier Non Fabrikasi

Jenis ini menyuplai barang dengan apa adanya. Maksudnya, bahan yang disuplai bukanlah bahan yang harus diolah terlebih dahulu oleh supplier. Contoh, menyediakan sesuatu dari alam, seperti kayu.

Supplier Jasa

Terakhir, ada supplier jasa yang menyediakan bahan untuk keperluan jasa nantinya. Contoh sederhananya biasanya berhubungan dengan teknologi, seperti penyedia software

Kriteria Supplier yang Dicari oleh Buyer

Dalam memilih supplier, perusahaan harus mempertimbangkan supplier berdasarkan tujuh hal.

  • Harga,
  • Waktu pengiriman,
  • Ketersediaan barang,
  • Pengemasan,
  • Garansi,
  • Kualitas barang, dan
  • Sistem komunikasi.

Supplier yang bagus adalah supplier yang mampu memastikan ketersediaan barang dapat terpenuhi. Selain itu, waktu pengirimannya juga tepat waktu sehingga tidak mengganggu proses produksi.

Baca juga: Ini Perbedaan Supplier, Manufaktur, Distributor, dan Wholesaler

Anda bisa membayangkan bagaimana kalau supplier tak bisa memastikan ketersediaan barang dan telat dalam pengiriman. Hal tersebut tentunya juga dapat merugikan perusahaan yang mengambil pasokan bahan dari supplier tersebut. 

Penulis: Cahaya Muslim
Editor: Erlinda Sukmasari