Ada 3 tips jualan di bazaar Ramadan yang bisa Anda coba lakukan. Supaya bisa meraup keuntungan dalam jumlah besar. Berikut penjelasannya lengkapnya.

Tips Jualan di Bazaar Ramadan

Sesuaikan Produk Jualan dengan Tema Bazaar

Inaproduct – Menjual produk yang relevan dengan tema bazaar membantu Anda mendapatkan pasar yang tepat. Jadi untuk bazaar Ramadan, sesuaikan produk jualan Anda dengan tema ramadan.

Ada beberapa contoh peluang usaha yang dapat Anda jadikan pilihan pada bulan Ramadan. Mulai dari bisnis kuliner, bisnis busana muslim, hingga bisnis perlengkapan ibadah ibadah.

Selain itu, pilihlah produk yang diminati dan dibutuhkan oleh banyak orang. Caranya, lakukan riset sederhana untuk membaca perilaku pasar. Cari tahu apa yang konsumen butuhkan dan inginkan. Hal ini meningkatkan peluang keuntungan bisnis yang Anda jalankan. 

Baca juga: Cara Jualan Online di HP, Modal Kuota Auto Cuan

Tawarkan Harga Kompetitif

Tawarkan harga yang kompetitif pada bazaar Ramadan. Supaya keuntungan berlipat bisa Anda dapatkan dalam waktu singkat. Mengingat bazaar Ramadan merupakan bisnis musiman yang hanya berlangsung dalam jangka waktu pendek.

Misalnya jika kompetitor berjualan dengan harga paket kuliner seharga Rp100 ribu. Anda bisa menawarkan dengan harga yang lebih murah seharga Rp90 ribu.

Cara lain yang bisa Anda terapkan yakni tetap memasang harga Rp100 ribu. Akan tetapi berikan benefit seperti gratis ongkir kepada konsumen.

Dengan cara ini dapat dipastikan konsumen akan lebih memilih produk yang Anda tawarkan. Karena jualan Anda memiliki nilai tambah. Di dalam menentukan harga yang kompetitif tersebut, Anda perlu memperhitungkan laba yang diperoleh. Perhitungkan juga biaya produksi serta sewa tempat.

Pasalnya, untuk mengikuti bazaar Anda harus bayar sewa  booth. Belum lagi biasanya beda lokasi bazaar, beda pula harganya. Oleh karena itu, sewa kios juga harus masuk perhitungan. Hitung secara rinci. Mulai dari harga sewa kios, harga per produk, hingga potensi keuntungan.

Buat Promo Menarik

Selain menawarkan harga yang kompetitif. Jalankan strategi promosi untuk menarik pelanggan. Misalnya saja seperti berikut ini.

  • Memberikan penawaran paket bundling. Dengan menggabungkan satu jenis produk dengan jenis produk lain. Lalu menjualnya pada konsumen dengan harga yang lebih murah.
  • Memberikan kupon undian atau gratis hadiah dengan minimal pembelian tertentu.
  • Memberikan harga diskon berdasarkan jenis produk atau jumlah pembelian.
  • Menerapkan metode beli satu gratis satu.

 Anda juga dapat menjalankan strategi promosi secara online melalui Instagram, Facebook,  atau TikTok. Bisa juga dengan memasang iklan berbayar pada sosial media. Supaya produk Anda dapat dilihat oleh banyak orang.

Strategi lainnya bisa juga dengan memberikan giveaway. Tujuannya tentu saja untuk menarik minat konsumen dengan cara yang menarik.

Lakukan tiga tips di atas agar Anda bisa cepat memperoleh untung. Mengingat  momen bulan Ramadan yang begitu singkat, 30 hari saja.

Baca juga: Live Shopping: Strategi Baru Meningkatkan Penjualan

Saat ini ada banyak pilihan event bazaar Ramadan yang bisa Anda ikuti. Mulai dari bazaar Ramadan yang  diselenggarakan oleh pemerintah, yayasan, organisasi, maupun perusahaan swasta.

Tujuannya tentu saja untuk  membantu menyediakan tempat berjualan yang menguntungkan bagi UMKM. Yuk, persiapkan bisnis Anda untuk mengikuti bazaar!

Penulis: Merita Ratih

Editor: Erlinda Sukmasari