Mendapatkan buyer dari luar negeri menjadi tantangan yang dihadapi para pelaku bisnis ekspor. Namun kini, dengan adanya dukungan teknologi, mendapatkan buyer dari luar negeri tak sulit. Asal tahu caranya! 

Ya, ada beragam cara yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan buyer global. Penasaran apa saja? Berikut tips mencari dan mendapatkan buyer global untuk produk ekspor Anda. 

Cara Mendapatkan Buyer dari Luar Negeri

buyer dari luar negeri
Mendapatkan buyer dari luar negeri

Mendapatkan Buyer dari Luar Negeri dengan Website Berbahasa Inggris 

Seperti yang kita tahu, bahasa Inggris menjadi bahasa resmi internasional yang digunakan untuk berbagai aktivitas. Termasuk kegiatan bisnis dan niaga. Jadi Anda dapat menyediakan semua informasi yang dibutuhkan melalui website berbahasa Inggris. 

Cantumkan berbagai informasi mulai dari 

  • Harga,
  • Tipe produk,
  • Cara menggunakan produk,
  • Keunggulan produk,
  • Fitur produk, hingga
  • Cara Pembelian.

Dengan begitu calon konsumen ekspor akan lebih mudah mengetahui spesifikasi produk-produk yang akan diekspor.

Mendapatkan Konsumen Ekspor dengan Memaksimalkan Media Sosial

Media sosial memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan calon pembeli dari berbagai negara, lewat konten yang menarik. Posting konten-konten edukasi terkait produk Anda dalam bahasa Inggris.

Tujuannya adalah membuat calon konsumen ekspor tertarik dan percaya dengan produk yang Anda tawarkan. Jika pembeli merasa puas, mereka akan mempromosikan bisnis Anda di akun mereka sehingga menjadi viral.

Sama seperti website, media sosial juga dapat menjadi media yang efektif untuk memasarkan produk ekspor Anda. Anda bisa melakukan strategi Instagram atau Facebook marketing. Caranya dengan mengiklankan postingan menggunakan Adsense di Instagram atau Facebook.

Iklan ini memungkinkan Anda untuk membidik target konsumen di media sosial mulai dari 

  • Negara,
  • Usia, dan
  • Segmentasinya.

Jadi, produk Ada pun dapat menjangkau lebih banyak buyer untuk ekspor dari berbagai negara.

Mendapatkan Buyer untuk Ekspor dengan Memasarkannya di Marketplace

Anda bisa menjual produk kepada siapa saja di seluruh dunia lewat marketplace berskala internasional. Contohnya seperti

  • Amazon (Amerika Serikat),
  • eBay (Amerika Serikat),
  • Alibaba (Tiongkok), dan
  •  Rakuten (Jepang).

Setelah berhasil membuka toko, pastikan foto produk Anda menampilkan detail produk. Ingat, Anda mentarget buyer dari luar negeri jadi sebisa mungkin informasi harus jelas.

Cara membuka toko di marketplace sendiri terbilang mudah. Dalam prosesnya, beberapa marketplace mengenakan biaya pendaftaran. Namun untuk Anda yang memiliki keterbatasan dana tak perlu khawatir. Ada juga portal yang menyediakan platform secara gratis. 

Baca juga: 5 Strategi untuk Mendapatkan Pelanggan B2B

Mendapatkan Buyer untuk Ekspor dengan Gabung Komunitas Online 

Cari calon pembeli potensial Anda dengan bergabung di komunitas pecinta produk yang Anda produksi. Misalnya, jika Anda memproduksi sepatu olahraga. Maka Anda bisa bergabung di komunitas pecinta olahraga.

Ketika anggota komunitas tengah membahas produk atau meminta rekomendasi produk, Anda dapat mempromosikannya. Berikan memberikan alamat website, email atau media sosial bisnis Anda. Supaya jika tertarik, mereka bisa langsung menghubungi Anda.

Mendapatkan Pembeli dari Luar Negeri dengan Mengikuti Pameran Dagang

Cara lain untuk mencari pembeli potensial adalah  berpartisipasi dalam berbagai pameran dagang (trade show). Ada banyak pameran di luar negeri yang bisa diikuti UMKM. Anda memerlukan modal untuk melakukannya karena harus mengeluarkan biaya akomodasi. 

Baca juga: Harga Grosir: Pengertian, Contoh, Keuntungan, dan Perbedaannya dengan Eceran

Berbeda dengan 4 cara sebelumnya. Dengan cara ini Anda bisa bertemu calon pembeli secara langsung alias face to face. Sebuah event offline seperti pameran bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Dari sisi calon pembeli, mereka akan merasa lebih yakin untuk membeli produk Anda. Setelah melihat dan menyentuh produknya secara langsung. Sementara dari sisi penjual, Anda bisa meyakinkan para calon pembeli langsung secara lisan.

Jelaskan kenapa mereka harus membeli produk Anda. Kepercayaan calon pembeli terhadap suatu produk biasanya akan meningkat setelah berbicara langsung dengan penjual. Ini karena mereka bisa memperoleh informasi  secara langsung terkait produk.

Selain itu, pada event pameran dagang pastinya Anda akan bertemu dengan berbagai macam bisnis. Ini memungkinkan Anda mendapatkan koneksi di industri Anda. Tentunya ini akan sangat berguna di masa depan.

Itulah 5 tips mendapatkan buyer dari luar negeri yang bisa Anda coba. Mendapatkan buyer untuk ekspor memang menjadi tantangan dalam menjalankan bisnis ekspor. Yuk, segera terapkan tips di atas agar penjualan Anda meningkat pesat!

 

Penulis: Merita Ratih

Editor: Erlinda Sukmasari