Torque Wrench adalah alat yang berfungsi untuk membantu mengencangkan baut dan mur. Apakah Anda kesulitan untuk mengencangkan baut dan mur pada benda tertentu? Torque wrench bisa membantu Anda.

Mengenal Torque Wrench

Inaproduct – Pada umumnya, alat ini digunakan di industri otomotif. Baut-baut yang ada pada badan kendaraan mobil atau motor dipasang menggunakan torque wrench. Salah satu keunggulan menggunakan alat ini terletak pada kesesuaian pemasangannya. Anda bisa mengatur seberapa kuat baut harus terpasang.

Baut yang dipasang terlalu kuat bisa menyebabkan benda yang dipasang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, baut yang dipasang terlalu lemah juga bisa membuat baut itu mudah terlepas. Guna memastikan baut dan mur sudah terpasang dengan baik, Anda dapat menggunakan torque wrench ini.

Nama lain dari torque wrench adalah kunci torsi. Arti torsi sendiri merupakan pemutaran, pilinan, atau puntiran. Hal ini menjelaskan bagaimana penggunaan torque wrench. Alat tersebut digunakan dengan cara memutar-mutar alatnya sampai baut terpasang dengan baik. Ciri dari alat ini yang membedakan dengan perkakas lainnya terlihat dari bentuknya yang bulat memanjang.

Selain itu, ujung bagian atasnya berbentuk seperti pen. Kemudian, bagian bawahnya terdapat penyetel momen untuk mengatur penggunaan alat tersebut.

Baca juga: Apa itu Power Sprayer dan Cara Menggunakannya

Jenis Torque Wrench

Torque wrench memiliki beberapa tipe atau jenis dengan bentuk yang berbeda-beda. Selain itu, perbedaannya juga terdapat pada prinsip kerja alatnya.

Kunci Torsi Model Click

Jenis ini dapat diatur melalui kekencangan pada bagian tangkai kunci. Penggunaannya jauh lebih mudah karena Anda tinggal mendengar bunyi klik untuk memastikan baut sudah terpasang dengan baik.

Unipotent Type

Torque wrench jenis ini dapat digunakan pada bidang perakitan produksi. Seperti diketahui, perakitan pada umumnya harus memiliki nilai yang sama. Dalam artian, kekencangan baut, semuanya harus sesuai agar dapat merakit benda berkualitas dalam jumlah besar. Oleh sebab itu, jenis ini cocok untuk hal tersebut karena nilai torque yang sudah diatur tidak dapat diubah. 

Hydraulic Torque Wrench

Jenis ini memanfaatkan tenaga hidraulis dalam pengerjaannya. Hal ini memiliki kelebihan pada bobotnya yang lebih ringan serta ukurannya lebih kecil.

Dial Indicator

Ciri dari jenis ini sangat terlihat jelas pada bundaran berisi angka, seperti jam tangan yang berada di tengah-tengah. Pada saat proses pengencangan, jarum pada dial indicator akan bergerak menuju skala tertentu. Pada umumnya, tingkat ketelitiannya berkisar antara 0,01 mm hingga 0,001 mm.

Digital Torque Wrench

Terakhir, ada jenis torque wrench yang menggunakan sistem canggih. Oleh sebab itu, hasilnya akan jauh lebih akurat dan meminimalisir kesalahan dibanding yang manual.

Baca juga: Jenis Baut dan Materialnya

Cara Menggunakan Torque Wrench

Torque wrench adalah alat yang mudah penggunaannya. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

Menggunakan Alat Biasa Terlebih Dahulu

Pada permulaan, Anda tetap harus memasang baut dan mur dengan alat atau kunci biasa terlebih dahulu. Setelah baut dan mur terpasang, Anda bisa mengencangkannya dengan torque wrench.

Memasang Kunci Sok

Namun, sebelum diputar menggunakan torque wrench, Anda harus memasang kunci sok dahulu. Kunci soket memiliki keunggulan lebih kencang saat mengunci kepala baut dan mur.

Memutar Torque Wrench Searah Jarum Jam

Pastikan kunci soket telah terpasang pada baut dan mur. Kemudian, kedua hal tersebut harus dimasukkan ke ujung torque wrench. Setelah itu, putarlah torque wrench searah jarum jam. Anda bisa menyesuaikan cara penggunaannya dengan jenis kunci torsi yang digunakan.

Torque wrench bisa dengan mudah Anda temukan di bengkel-bengkel. Ketika Anda melakukan servis kendaraan, montir menggunakan alat ini untuk menangani komponen-komponen kendaraan Anda.

Penulis: Cahaya Muslim

Editor: Erlinda Sukmasari