Penasaran dengan tren Ramadhan pada 2023 ini? Maksud dari tren Ramadhan adalah hal apa yang sekiranya populer pada bulan tersebut. 

Tren Ramadhan

Inaproduct – Kepopuleran tersebut dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk meraih keuntungan, tak terkecuali oleh para pebisnis. Untuk Anda yang saat ini berbisnis, sangat penting untuk selalu mengetahui tren terkini agar dapat meningkatkan penjualan.

Dengan mengangkat tren-tren yang sedang dibahas, hal tersebut dapat membuat bisnis Anda juga ikutan menjadi populer. Oleh sebab itu, Anda memerlukan pemikiran yang kreatif agar bisa menghubungkan tren dengan produk Anda.

Terlebih lagi, pada bulan Ramadhan 2023 ini, Anda harus mempersiapkan diri untuk melakukan inovasi dalam bisnis Anda. Pastikan bisnis Anda hadir untuk membantu ibadah di bulan Ramadhan menjadi lancar.

Mengingat Kembali Tren Ramadhan 2022

Sebelum melihat tren Ramadhan 2023, mari sejenak untuk mengingat kembali tren Ramadhan pada 2022 lalu. Tahun tersebut merupakan dua tahun setelah pandemi Covid-19 menyebar. Aturan-aturan selama pandemi mulai dilonggarkan. Namun, efek yang ditimbulkan oleh kejadian tersebut sudah cukup melekat sehingga tetap dilakukan pada tahun 2022.

Contohnya, pembelanjaan online yang masih cukup tinggi melalui marketplace-marketplace. Namun, setelah lama dilarang untuk keluar rumah, banyak masyarakat yang memiliki keinginan untuk membeli persediaan mereka selama Ramadhan secara offline.

Baca juga: Kesalahan yang Harus Anda Hindari dalam Business Matching

Selain itu, banyak juga yang memilih makan langsung di restoran sebelum bulan Ramadhan tiba. Akan tetapi, kegiatan yang mereka lakukan secara offline, semuanya merupakan efek dari internet yang memengaruhi keputusan konsumen.

Kebanyakan konsumen mendapatkan informasi-informasi dari internet. Misalnya, tentang produk apa yang mereka harus beli, apa yang dibutuhkan ketika Ramadhan, dan sebagainya. Konten-konten yang ada di media sosial sampai rekomendasi dari kanal berita ikut memengaruhi konsumen. Selain itu, film-film serta drama yang ditonton dari aplikasi streaming juga menjadi pengaruh yang tidak kalah besar.

Ketika melihat sebuah produk digunakan oleh pemain film, kebanyakan orang akan langsung penasaran dan segera mencari tahu tentang produk tersebut. Jadi, pada 2022 lalu, trennya adalah adaptasi dari keseimbangan antara kegiatan offline dan online. Konsumen mulai ingin banyak beraktivitas secara offline. Akan tetapi, semua rekomendasi kebanyakan mereka dapatkan juga dari online.

Tren Ramadhan 2023

Lalu, bagaimana tren Ramadhan pada tahun 2023 ini? 

Belanja Online

Budaya belanja online masih akan sangat kuat mengakar di masyarakat. Konsumen akan mencari perlengkapan ibadah serta hari raya mereka di online shop. Oleh sebab itu, hal yang harus dilakukan oleh para pebisnis adalah berusaha agar produk mereka bisa tampil di pencarian paling atas marketplace.

Selain itu, mereka juga bisa mempromosikan di tempat-tempat lain agar brand bisnisnya dikenal. Selain peralatan ibadah, konsumsi untuk sahur serta berbuka, dan pakaian juga akan menjadi barang paling dicari. 

Konten Video Kreatif di Media Sosial

Kemudian, konten-konten di media sosial juga akan menjadi santapan sehari-hari masyarakat sambil menunggu waktu berbuka. Pada umumnya, masyarakat akan senang melihat konten video yang berisi tentang kebaikan-kebaikan. Oleh sebab itu, Anda perlu belajar bagaimana cara bercerita yang baik agar pesan yang ada dalam konten tersebut menyentuh hati penonton.

Dalam konten kreatif tersebut, Anda bisa menyelipkan iklan yang menampilkan produk Anda. Prinsipnya sama seperti ketika Anda melihat sebuah produk di drama atau film yang Anda tonton.

Produk yang terdapat dalam konten video kreatif akan membuat konsumen penasaran. Mereka pun akan mencari tahu tentang produk Anda dan melakukan pembelian.

Baca juga: Live Shopping: Strategi Baru Meningkatkan Penjualan

Membuat Toko Offline dan Online

Terakhir, buatlah toko berbasis offline dan online. Masa pandemi membuat banyak orang merindukan untuk keluar rumah. Akan tetapi, orang-orang juga tidak ingin meninggalkan kenyamanan serta kemudahan dalam bertransaksi secara online.

Oleh sebab itu, Anda bisa memenuhi dua hal tersebut dengan membuat toko ini. Toko berbasis offline juga dapat meningkatkan kepercayaan yang lebih besar dari konsumen. Sebab, mereka dapat menilai sendiri kualitasnya dengan datang secara langsung ke toko. Mereka pun akan merekomendasikan tempat Anda kepada sanak saudara, teman, dan orang-orang yang dikenal.

Itulah tren Ramadhan tahun 2023 ini yang dapat meningkatkan penjualan Anda. Pada prinsipnya, dunia makin mengarah ke digital. Artinya, Anda harus belajar ilmu digital marketing untuk memahami bagaimana peran digital dalam mengembangkan bisnis Anda.

Dengan belajar ilmu digital, Anda akan mengetahui bagaimana caranya produk Anda bisa selalu ditampilkan kepada calon pembeli yang sedang mencari produk tertentu di internet.

Penulis: Cahaya Muslim

Editor: Erlinda Sukmasari