Gelas plastik menjadi kemasan yang paling sering dipakai dalam bisnis minuman. Ukuran gelas plastik pun ada berbagai macam sesuai kebutuhannya. Ukuran yang berbeda menunjukkan perbedaan penggunaannya juga. 

Ada yang kecil sehingga lebih cocok diisi air putih saja. Ada yang sedikit lebih besar sehingga bisa diletakkan minuman yang memakai es batu, dan lain sebagainya.

Mengetahui ukuran gelas serta penggunaannya yang sesuai akan membuat minuman yang dituangkan tepat sasaran. Terlebih lagi, untuk Anda yang ingin membuka bisnis minuman kekinian. Bukan sekadar small, reguler, atau large, tapi Anda juga harus mengetahui ukuran gelas tertentu lebih cocok diisi oleh minuman seperti apa.

Manfaat Mengetahui Ukuran Gelas Plastik

ukuran gelas plastik
Gelas plastik

Inaproduct – Ketika Anda memilih ukuran gelas yang tepat, hal tersebut dapat meningkatkan daya tarik bisnis minuman Anda. Oleh sebab itu, Anda harus paham betul minuman A cocok untuk ukuran gelas yang mana saja. Anda bisa membayangkan bagaimana jadinya apabila minuman yang dituangkan itu tidak cocok dengan pengemasannya. Minuman tersebut akan terlihat tidak menyegarkan.

Contohnya, minuman yang lebih segar dinikmati dengan bongkahan es batu. Namun, karena pemilihan gelas yang salah, es batu pun menjadi sulit dimasukkan. Akhirnya, dari luar, minuman tersebut terlihat sangat padat karena gelas yang dipilih terlalu kecil. Selain itu, bisa juga karena gelas yang dipilih terlalu besar sehingga menciptakan rongga-rongga kosong pada gelas tersebut.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Amenities dan Apa Saja Jenisnya

Hal ini juga membuat pembeli berpikiran bahwa minuman yang Anda jual sangatlah sedikit. Padahal, Anda bisa menuangkan minuman beserta es batu dengan takaran yang sama di ukuran gelas yang memang tepat. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui berbagai macam ukuran gelas plastik. Untuk pertama kali, Anda bisa melihat bisnis-bisnis serupa yang telah berdiri.

Bagaimana mereka mengemas minuman dengan gelas plastik yang dipilih. Ukuran gelas berapa yang digunakan dan perbedaan harganya. Apa yang membuat minuman itu menjadi favorit bagi para pembeli? Lihatlah penilaian pembeli. Pastinya, pembeli akan membahas dari sisi berikut

  • Isi minuman yang banyak,
  • Ukuran gelas yang besar,
  • Lebih banyak air daripada es batu,
  • Perbedaan harga yang tidak terlalu jauh antara ukuran yang berbeda, dan
  • Untung-rugi membeli minuman dengan ukuran gelas tertentu.

Dari pertimbangan-pertimbangan tersebut, Anda bisa belajar bagaimana menyesuaikan keinginan pembeli melalui ukuran gelas plastik yang digunakan.

Macam-Macam Ukuran Gelas Plastik

Selain minuman kekinian, gelas plastik biasanya juga digunakan untuk hal-hal seperti agar-agar, jelly, dan es doger. Anda bisa membayangkan bagaimana apabila agar-agar diletakkan di gelas plastik paling besar berukuran 22 Oz. Tentunya, hal tersebut membuat si agar-agar menjadi tidak menarik lagi. Anda harus menumpuk agar-agar lebih banyak lagi agar terlihat menarik di ukuran gelas seperti itu.

Namun, bayangkan bagaimana agar tersebut diletakkan di gelas plastik ukuran kecil? Makanan tersebut pun akan terlihat jauh lebih menarik dan mudah disantap. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui beberapa macam ukuran gelas plasik berikut beserta dengan penggunaan minuman apa yang sesuai.

Baca juga: Ini Dia Informasi Tentang Rangkaian Amplifier dan Komponen Penyusunnya

Ukuran 10 Oz

Ukuran ini setara dengan kurang lebih sekitar 300 ml. Dengan ukuran ini, minuman yang cocok diletakkan adalah es doger. Anda bisa menjual es doger dengan harga dua sampai tiga ribuan menggunakan gelas ini.

Ukuran 12 Oz

Ukurannya setara dengan 350 ml. Anda bisa meletakkan minuman seperti es krim dalam gelas ini. Selain itu, bisa juga menggunakan gelas plastik untuk inovasi makanan berkuah, seperti bakso kojek.

Ukuran 16 Oz

Setara dengan 440 ml, Anda bisa meletakkan minuman kekinian di gelas ini. Biasanya, banyak yang menjual gelas ini dengan sebutan gelas small atau reguler. Sebab, gelas ini tidak terlalu kecil dan juga besar. Oleh sebab itu, gelas plastik ukuran ini cocok digunakan untuk minuman yang full air dengan es batu lebih sedikit. Bisa juga untuk minuman seperti juice yang kental.

Ukuran 22 Oz

Terakhir, ada ukuran 22 Oz. Ukuran ini merupakan ukuran besar. Setara dengan 650 ml, Anda bisa menjual minuman dengan istilah large. Gelas ini pun sangat cocok untuk minuman yang menggunakan banyak es batu.

Itulah berbagai macam ukuran gelas plastik dan penggunaannya. Apakah Anda sudah memilih ukuran gelas yang tepat untuk bisnis minuman Anda?

Penulis: Cahaya Muslim

Editor: Erlinda Sukmasari