Tahukah Anda waralaba barbershop merupakan peluang usaha UMKM sektor jasa yang potensial? Mengingat kaum adam membutuhkan jasa potong rambut, grooming, dan lainnya untuk menunjang penampilan.

Tren Bisnis Barbershop 

Inaproduct – Sejatinya, tren bisnis barbershop takkan kadaluarsa. Dari zaman dahulu, bisnis barbershop sudah ada dan terus berkembang seiring meningkatnya permintaan. 

Sebelumnya barbershop hanya melayani jasa potong rambut. Sekarang barbershop mampu melayani berbagai permintaan. Mulai dari shaving, massage kepala, hair mask, hair loss treatment, dan sebagainya. 

Jasa yang disediakan barbershop inilah yang dibutuhkan dan banyak dicari pelanggan. Sehingga bisa dikatakan waralaba barbershop memiliki prospek yang menjanjikan.

Modal yang Anda keluarkan pun terhitung relatif kecil dibandingkan dengan omzet yang didapatkan. Apalagi dengan waralaba, Anda bisa mendapatkan fasilitas oke mulai dari pelatihan hingga alat-alat tempurnya.

Daftar Waralaba Barbershop yang Laris 

Berikut ini delapan daftar waralaba barbershop yang menawarkan paket usaha dengan harga bersaing.

Best Barbershop  

Pilihan waralaba pertama ada Best Barbershop besutan Bhakti Desta Alamsyah. Barbershop ini memiliki enam gerai yang semuanya tersebar di Kota Bandung. Biaya investasi waralaba Best Barbershop sendiri mulai dari 125–175 juta rupiah.

Perbedaan Best Barbershop dengan waralaba lainnya adalah sistem pelayanannya yang menarik. Pelanggan akan diberi gratis welcome drink dan snack apabila antri lewat 30 menit.

Pelanggan juga bisa mendapatkan free haircut bila mengantri lebih dari sejam. Keunikan lain dari Best Barbershop yakni menyediakan delivery barberman khusus untuk member VIP.

Baca juga: 17 Peluang Usaha Rumahan Paling Cuan 2023

Mister T-One Barbershop

Daftar waralaba kedua yakni Mister T-One yang berlokasi di Tangerang selatan. Sistem waralaba ini ada dua yaitu bagi hasil dan royalty fee di awal. Adapun paket waralaba yang bisa Anda pilih terdiri dari basic, reguler, dan premium. Biaya investasinya mulai dari 45–120 juta rupiah dengan fasilitas berupa

  • Peralatan barbershop,
  • Training karyawan,
  • Training management,
  • Dekorasi, dan 
  • Grand Opening.

Ixobox Barbershop 

Ixobox barbershop merupakan waralaba dengan 50 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Bisnis yang eksis sejak 2015 ini terdiri dari tiga paket waralaba yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Mulai dari kios, outlet, hingga shophouse dengan nilai investasi 350–400 juta rupiah.

Sedangkan keunggulan yang ditawarkan apabila Anda memiliki Ixobox Barbershop yaitu

  • Pelayanan yang memuaskan,
  • Kemudahan pembayaran, 
  • Mendapatkan promosi di media sosial, dan
  • Boxes cutting station.

Raja Cukur Barbershop

Pilihan waralaba barbershop laris lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Raja Cukur. Raja Cukur yang memiliki 135 gerai ini merupakan pelopor barbershop di Indonesia.

Barbershop asal Semarang ini menawarkan paket sistem jual putus. Artinya mitra tak perlu membayar royalti. Untuk biaya investasinya termasuk yang paling murah dibandingkan waralaba lainnya. 

Dengan biaya sekitar 17,5 juta rupiah untuk paket hemat, Anda mendapatkan beberapa fasilitas berupa

  • Bebas training untuk satu karyawan,
  • Satu kursi hidraulis standar,
  • Satu set alat cukur atau barbershop, dan
  • Gratis konsultasi selama masa kerja sama. 

Baca juga: 11 Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar untuk Pemula Tahun 2023

Arfa Barbershop

Rekomendasi berikutnya ada Arfa Barbershop yang berdiri sejak 2007. Mempunyai 60 gerai di kota besar pulau Jawa, dengan biaya waralaba mulai dari 50 juta. Fasilitas yang Anda dapatkan termasuk komplit, antara lain

  • Empat unit kursi cukur standar internasional,
  • Branding nama gerai, 
  • Tiga barber terlatih, dan
  • Peralatan barber.

Moxie Barbershop 

Bagi Anda yang tinggal di pulau Jawa dan Lampung, bisa mempertimbangkan waralaba Moxie Barbershop. Memiliki 17 gerai, waralaba ini menawarkan paket dengan biaya menarik. Mulai dari 18 juta rupiah Anda bisa mendapatkan fasilitas barbershop standar internasional.

Serious Cut Barbershop 

Rekomendasi lainnya adalah Serious Cut Barbershop. Waralaba yang satu ini sudah meramaikan pasar layanan cukur rambut sejak 2014. Meskipun masih terhitung baru, waralaba ini mampu berkembang pesat hingga menjadi 20 gerai.

Kelebihan waralaba ini adalah biaya investasinya yang cukup terjangkau sekitar 60 juta rupiah. Dengan biaya tersebut Anda dibekali dua unit kursi barbershop, seragam kapster, dan anggaran marketing. 

Giovani Barbershop 

Terakhir, ada Giovani Barbershop yang berasal dari Medan. Biaya investasi untuk membuka gerai ini sekitar 70 juta. Adapun fasilitas yang didapatkan yakni materi promosi, perencanaan barbershop, karyawan, dan lainnya.

Sekian artikel singkat mengenai potensi bisnis waralaba barbershop yang menggiurkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis: Fathria Dian

Editor: Erlinda Sukmasari